Pantai Barat, Pangandaran

By September 17, 2016 Tempat Wisata Pangandaran
Pantai Barat Pangandaran

Pantai Barat adalah pantai utama di Pangandaran yang sangat terkenal dengan pasirnya yang super halus dan berwarna hitam. Beberapa orang bahkan berpendapat kalau pasirnya mirip debu saking halusnya.

Pantai Barat di Pangandaran bentuknya sangat panjang. Saking panjangnya, sepertinya tidak ada orang bisa yang bisa jalan kaki dari satu ujung ke ujung lainnya. Ini artinya kebanyakan aktivitas turis berpusat di satu ujung yaitu di ujung selatan yang paling dekat dengan semenanjung yang diselimuti area hutan.Pantai Barat Pangandaran Main AirAktivitas di pantai ada banyak sekali jenisnya, mulai dari surfing, 4 wheel bikes (ATV) hingga aktivitas bebas seperti bikin sand castle atau bermain bola. Tidak perlu bayar untuk mengunjungi pantainya, oleh karena itu silakan datang dan pergi sesuka hati dan bisa sesering mungkin. Kalau lapar atau capek bisa istirahat dulu dan nanti kembali lagi main-main di pantai.

Semakin dekat ke Cagar Alam (semenanjung yang dipenuhi hutan), semakin banyak perahu yang parkir. Hal ini menguntungkan kalau kamu memang mau naik perahu ke Pantai Pasir Putih, tapi tidak bagus kalau kamu mau main di air tanpa terganggu dengan kehadiran kapal-kapal tersebut.

Di hari yang sibuk seperti akhir pekan atau hari libur, perahu secara terus menerus datang dan pergi sambil membunyikan peluit untuk membuat kamu minggir kalau kamu menghalangi jalur perahu. Sangat tidak santai kalau kamu cuma pengin main air di pantai. Oleh karena itu solusi terbaiknya adalah dengan pergi ke arah pantai yang tidak terlalu banyak perahunya. Mungkin sebaiknya pemerintah membuat area khusus untuk perahu dan area khusus untuk pengunjung yang ingin main air.Pantai Barat Pangandaran Ke Arah Pantai Pasir PutihDi depan pantai ada ratusan warung yang menjual makanan khas warungan seperti nasi goreng, ikan bakar dan es kelapa muda. Memang gak repot sih karena lokasinya dekat banget dengan pantai sehingga gampang kalau masih mau bolak-balik main air. Tapi kebanyakan warung tersebut sangat sederhana. Kalau mau cari makanan yang lebih enak, cari yang agak jauh dari pantai. Seperti biasa, pilihan ada di tangan kamu, mau pilih yang gampang atau yang enak.

Terakhir kami mau membicarakan masalah keamanan. Setiap tahun banyak orang yang meninggal akibat berenang di Pantai Barat Pangandaran. Kebanyakan yang meninggal adalah karena mereka tidak terlalu pandai berenang atau bahkan tidak bisa berenang sama sekali dan terseret arus ke tengah. Kami sangat merekomendasikan kalau kamu bukan perenang yang kuat, sebaiknya main-main airnya hanya sampai air setinggi dada saja. Reputasi pantai yang arusnya kadang sangat kuat ini tidak bisa diabaikan demi keselamatan jiwa.Pantai Barat Pangandaran Ke Arah Cagar AlamSebetulnya ada lifeguards yang berjaga-jaga di sepanjang pantai untuk mengawasi jika ada pengunjung yang bermasalah. Tapi jangan terlalu mengharapkan mereka karena bisa jadi kalau kamu sampai terseret arus secara mendadak mereka tidak sempat sampai ke tempat kamu dengan tepat waktu.

Secara keseluruhan kami suka pantai ini. Menurut kami ini salah satu pantai yang bagus di sepanjang Pulau Jawa. Kalau kamu mau menikmati suasana pantai dengan lebih tenang, datanglah di hari biasa atau berjalankan ke arah pantai yang menjauhi semenanjung.

Leave a Reply