Pengalaman Makan Gong Gong di Bintan: Penasaran Seperti Apa?

Gonggong Khas Bintan

Salah satu kuliner lokal di Bintan adalah gong gong, sejenis siput laut yang banyak ditemukan di perairan Bintan, Batam dan Singapura. Gong gong ini bentuknya seperti siput besar, gendut dan bisa dimakan. Dimasaknya sederhana saja tanpa bumbu atau saus, tapi dimakannya dengan cocolan sambal. Waktu kamu pesan seporsi gong gong, tergantung ukuran porsinya, kamu akan dapat antara 4 sampai 20 ekor siput dan dari sini kamu tinggal rebutan dengan teman-teman kamu untuk lihat siapa yang dapat paling banyak.

Kamu tinggal comot saja seekor gong gong yang sudah dimasak, ambil tusuk gigi, congkel capit yang sedikit nongol keluar dari dalam rumah siput kemudian berusaha tarik keluar semua bagian tubuhnya dari cangkang. Cocol sambal & masukkan ke mulut. Enak!Gonggong Dengan Sambal CocolKami mencoba gong gong di pasar malam Rimba Jaya di Tanjung Pinang dan kami takut. Takut banget. Kami tidak biasa makan hewan sejenis siput dengan cangkangnya seperti itu. Tapi ketakutan tersebutkan dikalahkan oleh rasa penasaran, seperti apa sih rasanya? Jadilah waktu itu kami memberanikan diri duduk di depan sepiring gong gong dan setumpuk tusuk gigi.

Adam yang pertama kali mencoba gong gong.

Kami semua menertawakan ekspresi takut yang ada di wajahnya. Tapi Adam dengan segera melampaui kengerian psikologisnya, mengumpulkan keberanian untuk memasukkan gong gong ke dalam mulutnya. Dan dia mulai mengunyahnya. Dengan cepat. Ternyata dia lumayan menikmati rasanya!Makan Gonggong Pakai Tusuk GigiSekarang giliran Susan. Tangannya mulai berkeringat. Dan dia hampir menyerah. Ketegangan yang menggantung di udara sangat terasa kuat. Apakah dia akan bisa menghadapi tantangan ini? Dia pun segera menahan napas sejenak, memasukkan gong gong ke dalam mulutnya kemudian menelan bulat-bulat. Tidak pakai dikunyah dulu! Sebetulnya bukan begitu sih cara makan siput, tapi setiap orang punya cara masing-masing. Dan lagi-lagi, rasanya enak.

Meskipun kami bukan ahli siput, namun kami bisa memastikan kalau rasanya memang enak. Dan karena kami sudah pernah mencobanya, kamu juga harus!

Kamu bisa pesan gong gong di banyak tempat di Bintan. Beberapa tempat yang kami amati punya menu gong gong antara lain Kelong Seafood Restaurant di Nirwana Gardens, Telok Bakau Bay View Restaurant di Pantai Trikora dan pasar malam Rimba Jaya di Tanjung Pinang. Seporsi gong gong harganya mulai dari Rp45.000 hingga Rp150.000 tergantung lokasi tempat makannya dan seberapa besar porsi yang kamu pesan.Rimba Jaya BintanKalau sudah pesan gong gong di restoran seafood seperti itu, sekalian juga coba pesan makanan laut lainnya. Kami sangat menikmati kesegaran dari menu seafood yang ada di Bintan mulai dari ikan, udang hingga kepiting.

Tapi yang pasti, kalau kamu sedang ada di Bintan dan pengen makan seafood, jangan lupa coba gong gong!

Leave a Reply