Pengalaman Naik Cathay Pacific Business Class

By March 3, 2017 Miscellaneous

Bulan Februari 2017 yang lalu kami terbang dari Jakarta ke Nagoya lewat Hong Kong dan pulang dari Nagoya ke Bangkok lewat Hong Kong juga, dalam rangka Media Trip yang diadakan oleh JNTO bekerja sama dengan Cathay Pacific. Dari 4 penerbangan tersebut kami mendapatkan kesempatan berada di business class Cathay Pacific di 4 jenis pesawat yang berbeda.

Masing-masing pengalamannya sangat menyenangkan, namun karena jenis pesawatnya berbeda maka tentunya ada sedikit perbedaan dalam hal cabin & fasilitasnya. Kalau penasaran apa bedanya, silakan simak review kami berikut ini 😉

Rute penerbangan, tipe pesawat & lama penerbangan

Jakarta – Hong Kong (CX798) — Boeing 777-200 — 4 jam 45 menit

Hong Kong – Nagoya (CX 536) — Boeing 777-300ER — 3 jam 30 menit

Nagoya – Hong Kong (CX533) — A330-300 — 4 jam 45 menit

Hong Kong – Bangkok  (CX701) — A350-900 — 3 jam

Konfigurasi Tempat Duduk

Penerbangan leg pertama dari Jakarta ke Hong Kong kami menggunakan pesawat jenis Boeing 777-200 di mana konfigurasi tempat duduk di business class adalah 2-3-2 dan kursinya cuma bisa reclining tanpa bisa dibuat flat bed.Cathay Pacific Business Class Boeing 777 200Sedangkan untuk 3 penerbangan lainnya meskipun jenis pesawatnya berbeda-beda, namun konfigurasi tempat duduk di business class-nya sama, yakni 1-2-1 di mana masing-masing penumpang seolah-olah memiliki pod sendiri meskipun tidak sepenuhnya tertutup dan kursinya bisa dibuat flat bed sehingga bisa tidur dengan posisi lurus.Cathay Pacific Business Class A330

Boarding & Landing

Proses boarding di masing-masing airport baik di Jakarta, Hong Kong ataupun Nagoya sangat cepat dan lancar karena mereka memiliki jalur khusus bagi penumpang business class. Sebelum landing di Bangkok, kami diberikan ‘tiket’ khusus untuk jalur cepat imigrasi sehingga bisa menghemat waktu dibandingkan jalur biasa yang biasanya lebih panjang.

Staff di bagian ground handling sangat ramah dan juga sangat membantu. Mereka menjelaskan bahwa tempat duduk yang di tengah untuk 2 orang sudah fully-booked sehingga menawarkan apakah mau duduk berseberangan di satu baris atau depan belakang.Begitu boarding, flight attendant langsung sigap memberikan handuk hangat dan menawarkan welcome drink (PS: cobain deh Cathay Delight, warnanya hijau muda, non-alkoholik dan merupakan campuran kiwi dengan coconut cream dan daun mint. Segar banget!). Tidak lama kemudian kepala bagian business class menyapa satu-satu penumpang business class sambil memperkenalkan diri.

Makanan

Makanan di Cathay Pacific Business Class sudah kami duga, enak dan berlimpah. Kalau dibandingkan dengan kelas ekonomi, jelas lebih terasa mewah baik dari segi menu maupun penyajiannya.

Dari 4 penerbangan Cathay Pacific Business Class, makan siang atau makan malam selalu disajikan dengan 3 courses ditambah dengan free flow minuman.

Dalam penerbangan Jakarta-Hong Kong, nampan makanan diantar dan sudah diisi dengan makanan pembuka dan penutup, baru kemudian main menu akan diberikan sesuai dengan pilihan kamu.Makanan Di Business Class Cathay PacificDalam 3 penerbangan lainnya, makanan pembukanya sendiri sudah cukup besar dan hampir memenuhi satu nampan. Selesai makan makanan pembuka dan diambil piring kosongnya barulah diantar makanan utama dan terakhir dessert.Business Class Cathay PacificBeberapa makanan pembuka yang kami dapatkan di antaranya: potongan beri segar dengan sirup jahe, salad dengan poached prawn dan cold soba. Untuk makanan utama cukup beragam dari western style hingga Asian style. Thai Green Chicken Curry, Japanese Beef Curry, Braised Chicken, Braised Lamb Shoulder, dll. Untuk dessert berupa cheese cake, potongan keju, buah segar dan Haagen-Daaz ice cream.Makanan Business Class CPPorsi makanan yang disajikan di penerbangan business class ini bisa dibilang lebih dari cukup, karena sebenarnya cuma untuk refreshment, bukan full meal. Apalagi karena sebelumnya kami sudah makan juga di Cathay Pacific Business Lounge. Pokoknya, kalau naik Cathay Pacific business class tidak perlu takut kelaparan deh 😉

Tempat Duduk

Cathay Pacific Business Class dengan tipe pesawat Boeing 777-200 masih memiliki konfigurasi lama, yaitu 2-3-2. Kami waktu itu dapat seat di pinggir dekat jendela. Space untuk kaki sangat leluasa karena ada ‘lubang’ di bagian depan. Tidak bisa recline sampai flat, tapi setidaknya bisa bebas mundurin kursi tanpa mengganggu penumpang di belakang karena sudah ada fixed pod di sekeliling kursi.Business Class Boeing 777 200Untuk Cathay Pacific Business Class tipe pesawat Boeing 777-300 dan A330, konfigurasinya 1-2-1 dan lagi-lagi kami dapat seat di jendela. Space di sekelilingnya sangat luas, barang-barang bisa di simpan di pocket yang ada di samping, selain meja yang bisa dilipat juga ada meja di samping jendela. Tempat duduk bisa recline sampai lurus banget sehingga bisa posisi tidur rata.Bisa Flat Bed Di Cathay Business ClassBusiness Class tipe pesawat A350 juga fasilitasnya hampir sama dengan A330, namun karena pesawatnya model baru maka interiornya pun terasa lebih fresh. Space-nya lebih luas dan tekstur tempat duduk dan meja lebih halus. Di bagian samping, selain ada armrest yang bisa dinaikkan, ada bagian penyangga kaki yang juga bisa dinaikkan sehingga ‘bed’-nya lebih terasa lurus dan penuh.

Hiburan

Untuk pesawat tipe Boeing 777-200 layar monitor menempel di belakang kursi penumpang seperti biasa. Sedangkan untuk Boeing 777-300, A330 dan A350, layar bisa swing dan dilipat ke pinggir. Ukuran layar TV-nya sangat besar khususnya A350. Hiburan yang tersedia ada banyak film layar lebar, musik, games, film pendek, dll. Khusus untuk A350 ada 3 live TV channel di antaranya BBC World dan CNN.Hiburan Di Cathay Business Class A350Headphone yang disediakan pun sangat bagus sehingga saat digunakan tidak akan terganggu dengan suara-suara di luar. Layar TV di pesawat A350 sangat tajam resolusinya dan lumayan seru saat mau take-off atau landing bisa menonton prosesnya melalui kamera yang di pasang di beberapa titik badan pesawat.Headphone Bagus Di Cathay Business Class

Konektivitas

Khusus untuk pesawat tipe A350, sudah dilengkapi dengan wifi cukup cepat yang bisa dibeli dengan harga reasonable. Kami mencobanya dan hasilnya hampir secepat 4G jadi bisa digunakan untuk Instagram, Facebook dan Twitter tanpa masalah.

Harganya lumayan reasonable dibandingkan dengan harga wifi di carrier lain yang pernah kami lihat sebelumnya:

1 jam – $9.95

Sepanjang penerbangan – $12.95

$12.95 untuk sepanjang penerbangan merupakan deal yang bagus karena sepertinya data yang diberikan unlimited.Konektivitas Di Cathay Pacific A350Hal lain yang seharusnya bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jaringan seluler normal dan membayar biaya roaming yang dikenakan oleh provider masing-masing. Kami sudah mencobanya, namun sepertinya Telkomsel tidak ada kerjasama untuk melakukan hal ini. Kalau kamu pakai SIM card dari provider besar di US atau Eropa, sepertinya hal ini memungkinkan. Paling pertimbangannya adalah berapa besar biaya roaming yang dikenakan oleh providernya.

Toilet

Untuk pesawat tipe Boeing 777 dan A330-300, kami tidak terlalu melihat keistimewaan dari toiletnya selain amenities berkualitas tinggi dan kaca yang besar. Namun begitu masuk toilet di business class A350, kami cukup dikejutkan karena di dalamnya ada jendela. It’s very cool. Dari dalam toilet bisa lihat awan-awan terang dan langit biru di luarnya.

Dengan adanya jendela tersebut, maka toilet jadi lebih terang dan membuat toilet terlihat lebih besar dan bersih. (Note: kemungkinan toilet dengan jendela ini cuma ada di bagian depan business class cabin, karena toilet yang ada di bagian tengah tidak ada jendela tapi ada meja untuk ganti popok bayi).Review Cathay Pacific Business ClassKesimpulannya, business class cabin di semua penerbangan Cathay Pacific sangat bagus dan nyaman. Tinggal tergantung rute penerbangan saja yang menentukan jenis pesawat yang didapat. Selamat terbang dengan Cathay Pacific Business Class!

Leave a Reply