Pulau Derawan – ada makanan apa?

By August 23, 2012Indonesia
Makanan di Pulau Derawan

Liburan ke pulau? makannya apa? makannya gimana? Beberapa pertanyaan itu suka saya dapat saat mengajak beberapa teman berlibur ke pulau. Setuju, yang namanya liburan menyenangkan juga harus didukung dengan makanan karena mood seseorang dapat dipengaruhi oleh keadaan perutnya.

Makanan di Pulau Derawan

Makanan di Pulau Derawan

Restoran & Rumah Makan di Pulau Derawan

Seperti Jakarta yang penuh dengan penduduk pasti mudah kan mencari makan? Begitu juga dengan di Pulau Derawan. Tapi ya sesuai dengan lokasinya, di pulau, maka makanan yang disajikan di Pulau Derawan tentu lebih banyak berbau makanan laut, khususnya ikan… Kenapa? Tanya punya tanya saat si nelayan menangkap udang, cumi, kerang atau lobster buat mereka akan lebih tinggi nilai jualnya saat dijual ke pasar dibandingan dimakan oleh mereka (info tahun 2009), kita bisa sih makan cumi tapi harus pesan dulu dan harus pas beruntung kalau si cumi lagi tertangkap oleh nelayan. Seiring berjalanannya waktu dan pengunjung yang berkunjung ke Pulau Derawan makin ramai maka udang dan cumi sekarang lebih mudah ditemui meskipun kita tetap nggak boleh berharap terlalu banyak, karena ketersediaan menu tersebut tergantung rejeki sang nelayan.

Menu catering - nyummy

Menu catering – nyummy

Rumah makan tersebar di sekeliling Pulau Derawan, tinggal pilih aja rumah makan mana yang sesuai dengan lidah dan kantong. Ada beberapa rumah makan yang juga melayani catering dan makanan yang disajikan biasanya berbagai olahan masakan laut, ayam dan berbagai sayuran. Sehat, enak, mengenyangkan dan nggak repot!

Rumah makan di Kepulauan Derawan

Rumah makan di Kepulauan Derawan

Oya, saat kita jalan-jalan ke Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki jangan lupa bungkus makanan dan minuman dari Pulau Derawan yah karena nggak ada warung satu pun disana… Nggak mau kan kalau kelaperan?

Warung di Pulau Derawan

Buat yang cepat laper atau suka ngemil jangan khawatir, banyak banget warung bertebaran di Pulau Derawan! Waktu pertama kali berkunjung ke Pulau Derawan saya sampe terkejut karena ada 1 warung yang jualannya lengkap, mirip seperti mini market di Jakarta. Jangankan jajanan, mau cari detergen atau pelembut pakaian juga ada! Hihi…

Supermarket mini di Pulau Derawan

Supermarket mini di Pulau Derawan

Additional Info

  • Kepulauan Derawan bisa dikunjungi sepanjang tahun, tapi kalau saya pribadi menghindari kunjungan mulai dari bulan Desember sampai Februari demi menghindari gelombang tinggi.
  • Berpakaianlah yang sopan selama berada di pulau yang penuh dengan penduduk.
  • Pulau Kakaban merupakan pulau yang unik, jadi tolong diikuti peraturannya yah: jangan pakai sunblock di dalam danaunya, jangan menyelam di danaunya, gunakan fins saat berenang, jangan menggunakan perahu dan dayung.
  • Kalau nggak punya peralatan untuk snorkeling atau diving, di Pulau Derawan banyak yang menyewakan.
  • Jangan lupa untuk nggak buang sampah sembarangan yah.

Nah, cara menuju ke Kepulauan Derawan, penginapan, pulau-pulau yang harus dikunjungi dan tempat makan sudah selesai dibahas. Masih yakin mau nunda-nunda keberangkatan ke Kepulauan Derawan? Yuk ah! 🙂

Cari hotel murah lewat Agoda. Best price guarantee!

Leave a Reply