Rainforestation Nature Park Kuranda: Paket Wisata Lengkap dekat Cairns

Rainforestation Nature Park Kuranda

Jalan-jalan ke Cairns dan punya waktu terbatas tapi pengen ‘dapet banyak’? Mampir deh ke Rainforestation Nature Park di Kuranda. Di sana ada berbagai atraksi seru yang dipadatkan di satu lokasi. Jadinya, sekali kunjungan bisa dapat banyak pengalaman seru.

“Rainforestation Nature Park is located in Far North Queensland, and is one of the top things to do in Kuranda. Home to the Army Duck Rainforest tours on land and water, the Pamagirri Aboriginal Experience and the iconic Australian animals in the Koala & Wildlife Park.”Rainforestation Nature Park

Ada Apa di Rainforestation Nature Park?

Secara garis besar ada 3 aktivitas utama di Rainforestation ini.

1. Army Duck Rainforest Tour

Karena setting lokasinya ada di hutan hujan yang basah, maka cara terbaik untuk menjelajahi hutan di sekitarnya adalah dengan menggunakan Army Duck. Kendaraannya seperti kombinasi truk bak terbuka dengan perahu. Katanya mereka impor dari Amerika, dibuat sekitar tahun 1940-an dan bekas dipakai untuk Perang Dunia II.

Sama seperti bebek yang bisa berenang di air dan jalan di darat, Army Duck ini juga bisa dikendarai di atas tanah maupun di permukaan air. Rute yang kami lewati berupa jalanan sempit curam yang diapit oleh berbagai pepohonan khas hutan hujan, kemudian nyemplung ke danau kecil dan keliling-keliling sebentar sebelum naik lagi.Army Duck TourSepanjang perjalanan selama kurang lebih 45 menit, sang pemandu dengan semangat menjelaskan beberapa tumbuhan yang unik. Salah satu yang kami ingat banget adalah stinging plant – tanaman yang kalau dipegang daunnya bisa terasa seperti tersetrum listrik dan panas terbakar.

Bahkan si pemandu kami pernah 5 bulan ga bisa pakai tangan kiri karena ga sengaja pegang tanaman itu. Ada juga korban yang sampai meninggal. Kalau lagi beruntung, beberapa penghuni hutan kadang menampakkan diri. Binatang maksudnya, bukan makhluk halus.


2. Pamagirri Aboriginal Experience

Ngga banyak aktivitas wisata yang melibatkan budaya suku Aborigin sebagai pemeran utamanya. Di sini beberapa orang Aborigin memegang peranan penting dalam menyajikan atraksi budaya Aborigin yang memang tidak terlalu sering ditampilkan.

Selain menyaksikan tarian tradisional, pengunjung juga bisa lebih dekat mengenal sebagian budaya Aborigin melalui Dreamtime Walk. Dalam sesi tersebut kita bisa mencoba memainkan alat musik khas didgeridoo, melempar boomerang serta melihat peragaan melempar tombak menggunakan alat bantu bernama “Woomera”.Lempar Tombak Pakai Woomera

3. Koala & Wildlife Park

Sudah bisa ditebak dari namanya kalau di dalamnya ada hewan-hewan khas Australia di antaranya: koala, wallaby dan kangguru, dingo, kasuari, wombat, kookaburra, buaya serta beberapa reptil lainnya. Areanya tidak terlalu besar, tapi cukup menarik karena kita bisa berinteraksi langsung dengan wallaby dan kangguru yang berkeliaran bebas (tidak dikandangin). Jangan takut, binatang lainnya sih dikandangin. Serem kan kalau buayanya dikencarin begitu aja. Kalau mau foto bareng koala juga bisa koq, ada tempat khususnya.Koala & Wildlife ParkKetiga atraksi tersebut bisa dinikmati pakai Big Nature Package. Kalau mau ngecer juga bisa sih, tapi sudah sekalian di sini, sekalian aja ambil tiga-tiganya toh. Harganya lebih murah pula kalo ngambil satu paket.

Berapa Lama Waktu Kunjungan Optimal?

Meskipun dari luar dan sekilas tempat ini tidak terlalu besar, untuk bisa keliling-keling tempat ini secara maksimal dengan tidak terlalu terburu-buru butuh waktu setidaknya 3.5 – 4 jam. Kalau mepet banget waktunya mungkin bisa dikebut jadi minimal 2.5 jam.

Kenapa butuh waktu cukup lama? Karena 3 aktivitas wisata tersebut dijalankan dalam slot-slot waktu tertentu. Untuk tarian tradisional cuma ada 3 pertunjukan per hari. Untuk Army Duck kalo ga salah dijalankan 30 menit sekali tapi mereka punya 3 platform dan di satu platform bisa sekali jalan 2 Army Duck.Pamagirri Aboriginal DanceUntuk Koala & Wildlife Park pertama kali masuk akan ditemani oleh pemandu dan semua orang dalam kelompok tersebut diharapkan ikuti dulu penjelasan pemandu selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai, boleh masuk lagi koq kalo masih mau main-main sama kangguru atau wallaby-nya.

Gimana cara ngatur waktunya? Ga usah bingung karena begitu beli pass di konter, staffnya akan langsung ngasih jadwal yang harus kamu ikuti. Jam sekian nonton dance, jam sekian naik Army Duck dan jam sekian harus sudah ada di depan pintu Wildlife Park. Pokoknya tinggal ikutin aja, dijamin ga akan ketinggalan atraksinya.Feeding Wallabies

Cara ke Rainforestation Nature Park Kuranda

Tergantung kalian stay di mana, ada beberapa cara kalau mau ke Rainforestation:

  • Sewa mobil dari Cairns – ini adalah opsi yang paling fleksibel karena dengan punya kendaraan sendiri bisa lebih bebas ke sana kemari tanpa terikat jadwal transportasi umum. Kemarin kami sewa mobil dengan pesan online dan diambil langsung begitu mendarat di bandara Cairns. Kami pesan mobil sedan yang kecil saja, harga sewa per hari $40 dan kami sewa dari EuropCar. Ada banyak pilihan rental car agency yang bisa diambil di airport: Avis, Budget, Thrifty, dll. Tinggal banding-bandingkan saja jenis mobil dan harganya.
  • Ambil paket tur – ini opsi yang paling ga ribet. Tinggal browsing agen tur yang jualan paket ke Rainforestation ini, pesan online, langsung deh diantar jemput ke lokasi. Salah satu tur agen yang menawarkan paket ini misalnya Tropic Wings.
  • Naik bis dari Cairns – ada satu perusahaan bis (Trans North) yang punya rute Cairns – Kuranda – Cairns dan bisa berhenti di Rainforestation. Mulainya dari Cairns Central Station dengan frekuensi 5 kali sehari.
  • Shuttle bus – opsi ini cuma buat yang stay di Kuranda. Ada shuttle bus bolak-balik dari Australian Butterfly Sanctuary di Kuranda Village ke Rainforestation setiap 30 menit. Harganya $7 / $ 12 (sekali jalan/PP) untuk dewasa dan setengah harga untuk anak-anak.

Pamagirri Dreamtime Walk

Rainforestation Nature Park Kuranda
www.rainforest.com.au
Jam buka: Setiap hari 09:00 – 16:00 (kecuali hari Natal — libur)
Harga Big Nature Package: $49 (Dewasa), $24.50 (Anak-anak), $122.50 (Family — 2 dewasa + 2 anak)

Join the discussion One Comment

Leave a Reply