[Review] Apollo Euro Deluxe: Campervan Mewah bisa muat 6 orang

Apollo Euro Deluxe

Buat yang udah sering ngikutin perjalanan road trip kami di Australia (& New Zealand) pasti udah sering liat kalo kami suka gonta-ganti campervan. Awalnya di tahun 2012 kami sewa campervan yang paling budget, terus lama-lama cobain yang agak naik level dikit, cobain yang ada toiletnya, cobain yang ada dapur, sampe akhirnya bulan Juni 2020 kemarin kami iseng cobain yang gede dan sebenernya agak berlebihan buat kami berdua.

Berlebihan karena sebenernya campervan itu bisa untuk 6 orang dewasa sedangkan kami cuma berdua aja. Tapi kami penasaran pengen ngerasain gimana sih rasanya pakai campervan yang mewah. Dan kebetulan harganya pun lagi murah banget karena waktu itu baru aja lifting restriction setelah lockdown ketat selama beberapa bulan. Penasaran kan sama detail campervan yang satu ini? Yuk kita bahas dari berbagai sisi.Coba Campervan Mewah

Nama perusahaan: Apollo

Jenis campervan: Euro Deluxe (kalo di website, jenis ini masuk ke kategori ‘motorhomes’)

Fasilitas di dalam Apollo Euro Deluxe bisa dibaca di foto di bawah ini (banyak banget soalnya):Fasilitas Di Apollo Euro Deluxe

Setelah coba beberapa jenis campervan, tentunya kami bisa membanding-bandingkan setiap jenis campervan, mana yang enak, mana yang kurang enak, dll. Berdasarkan pengalaman kami sendiri, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Apollo Euro Deluxe.Kondisi Awal Apollo Euro Deluxe Saat Sewa

Kelebihan:

  • Space-nya luas banget (ga usah desek-desekan di dalem karena banyak ruang — ini karena cuma diisi sama kami berdua ya. Kalo diisi full 6 orang mungkin agak rame tapi harusnya masih nyaman karena memang kapasitasnya buat 6 orang).
  • Kulkasnya besar — bisa muat banyak makanan jadinya ga perlu sering-sering grocery shopping
  • Fasilitas masak lebih lengkap — microwave, oven (bisa pake gas, ga perlu listrik) dan peralatan masaknya pun lebih banyak
  • Toilet dan shower ada partisi — jadinya kalo cuma mau ke toilet doang ga perlu nginjek lantai yang basah sehabis dipakai mandi
  • Tanki air besar sehingga ga perlu deg-degan habis air. Bisa nyaman dipake buat cuci piring, mandi dan flushing toilet.
  • Ada 3 pilihan tempat tidur — kami sempat coba 2 tempat tidurnya. Yang di belakang enak karena cukup luas dan ga perlu dibongkar-bongkar tiap hari. Yang di atas jendolan enak kalo lagi dingin karena space-nya agak sempit sehingga lebih hangat. Yang di tengah kami belum coba karena repot mesti bongkar meja makan, buat kami mending dipake buat kerja buka laptop dan makan.
  • Cocok buat keluarga ataupun rame-rame bareng teman (bisa sharing cost) tanpa perlu ada yang tidur di tenda.

Dapur Di Apollo Euro DeluxeKekurangan:

  • Ukurannya besar, jadi mesti hati-hati banget pas nyetir, baik dari sisi tinggi maupun lebar. Berasa nyetir truk. Mesti hati-hati kalau parkir, jangan sampai nyenggol batang pohon ataupun atap. Kalau lewat jembatan perhatikan berapa batas maksimum tinggi kendaraan, jangan sampe nyangkut. Kiri kanan pun mesti rajin cek spion.
  • Karena ukurannya besar dan isinya banyak, otomatis kendaraan jadi berat dan tentunya bensin lebih boros. Fuel consumption kurang lebih: 15L/100 km.
  • Lagi-lagi karena ukurannya besar, repot kalo dibawa ke jalur-jalur yang unsealed / dirt road dan kecepatannya juga ga bisa terlalu tinggi. Oleh karena itu buat kami agak terbatas destinasinya.

Lounge Di Bagian Tengah CampervanBerapa harga sewanya?

Harga sewa yang kami dapat: AUD$ 57.85/hari. (ini harga Covid ya. Biasanya campervan sebesar ini harga sewanya di atas AUD$100 per hari bahkan bisa sampai $200/hari tergantung season). Ini kami sewanya selama 14 hari. Kemungkinan ada faktor sewa lebih lama dapat diskon dibanding cuma beberapa hari, tapi ga tentu juga sih.

Harga sewa campervan biasanya fluktuatif banget tergantung waktu sewa, durasi sewa, jenis campervan dan apakah lagi ada deal/special offer atau tidak. Makanya seringkali kalo kami ditanya tentang harga sewa, pas dikasih tau terus mereka cek harganya eh koq beda. Ya udah pasti beda karena tiap hari beda-beda harganya, mesti rajin-rajin cek kayak lagi hunting tiket pesawat gitu loh.View Dari Bed Di Bagian Depan Atas

Kesimpulannya, recommended ga?

Ini lagi-lagi tergantung yang mau sewa. Buat kami pribadi, Apollo Euro Deluxe ini nyaman banget, tapi terlalu besar karena kami cuma berdua. Kalo untuk berempat atau berenam mungkin lebih asik karena bisa rame-rame semobil. Oh ya, reminder aja, meskipun campervan ini keliatannya gede dan bisa muat lebih dari 6 orang, peraturan di Australia adalah saat kendaraan berjalan, semua penumpang harus duduk menggunakan seatbelt. Jadi, maksimal jumlah penumpang sama dengan jumlah seatbelt yang tersedia (yaitu 6!). Jangan sampe pas mobil jalan ada anak-anak yang lagi goler-goler di kasur belakang atau bahkan di atas jendolan. Ini bukan di Indonesia yang bisa gelar kasur di belakang mobil biar anak-anak anteng. Hehehe…..


Jadi, kesimpulannya: Recommended karena nyaman, tapi siap-siap patungan ongkos bensin ya.Pemandangan Dari Jendela Belakang

Kalo masih belum kebayang seperti apa dalam campervannya, bisa tonton review selengkapnya di channel youtube PergiDulu berikut ini (versi Bahasa Inggris):

Sebetulnya kami sudah sempat bikin review dari beberapa campervan yang pernah kami sewa sebelumnya, tapi kebanyakan dalam bentuk Youtube dan dalam bahasa Inggris. Silakan kalau mau sekalian cek juga jenis campervan yang lain:

Selamat pilih-pilih campervan buat road trip yang akan datang!

Leave a Reply