Lihat Sakura di Chiang Mai, Thailand

Lihat Thai Sakura Di Chiang Mai

Aktivitas melihat sakura mekar memang terkenal di Jepang. Tapi rupanya di Thailand juga ada sakura dan ada musim-musim tertentu di mana mekarnya sakura bikin pemandangan jadi super cantik. Sebenarnya ga susah lokasinya, cuma waktunya itu yang agak susah karena mekarnya ga lama dan ga selalu sama tiap tahunnya. Tertarik buat menikmati mekarnya bunga sakura di Thailand? Simak infonya berikut ini:

Sakura di Thailand = Sakura di Jepang?

Buat yang udah pernah ke Jepang mungkin bisa menemukan perbedaan jenis sakura di Thailand dan di Jepang. Toh memang yang namanya sakura juga ada banyak jenisnya. Katanya sih yang di Thailand ini jenisnya Himalayan cherry trees. Kami belum pernah lihat sakura yang di Jepang jadi ga bisa bandingin langsung. Yang pasti sakura di Thailand juga cantik. Warnanya pink, kontras dengan langit biru saat cerah.


Di mana bisa lihat Sakura di Thailand?

Saat tahu ada sakura Thailand, kami sempat browsing dan menemukan ada beberapa lokasi yang bagus untuk menikmati mekarnya sakura. Ada 2 lokasi di Thailand Utara yang lumayan terkenal dengan lokasi mekarnya bunga sakura. Yang pertama adalah Doi Inthanon National Park. Areanya sangat luas (ratusan kilometer persegi) dan katanya saat musim mekar sakura bisa terlihat di banyak spot di taman nasional tersebut. Jaraknya sekitar 60 km kota Chiang Mai.Yang kedua adalah sebuah desa kecil bernama Baan Khun Chang Kian, sekitar 30 km dari pusat kota Chiang Mai. Di desa tersebut ada yang namanya Agricultural Research Center yang sepertinya merupakan pusat penelitian untuk tanaman kopi. Namun di sekeliling perkebunan kopi tersebut banyak pohon cherry dan saat musim dingin banyak sakura bermekaran.Tidak jauh dari Agricultural Research Center tersebut ada kampung yang dihuni oleh Hmong tribe. Kampungnya cukup kecil tapi rapih. Selain rumah-rumah biasa di sana juga ada warung-warung kopi dan di sekeliling kampungnya juga ada banyak pohon sakura. Intinya di sekitar kampung Khun Chang Kian ada banyak pohon sakura, tapi kebanyakan orang berkunjung ke Research Center saja. Di sana ada jalur jalan kaki, tempat parkir, toilet sampai coffee shop pun lengkap tersedia.Agricultural Research Center Di Baan Khun Chang Kian

Cara Menuju Lokasi Sakura di Thailand

Untuk menuju Doi Inthanon National Park bisa langsung di-google saja karena areanya sangat luas dan ada banyak entry point-nya. Kami akan jelaskan cara menuju ke Baan Khun Chang Kian karena kadang tidak muncul kalau di-google (penulisan/pelafalan berbeda-beda).Doi Pui View PointBeberapa pilihan transportasi menuju Baan Khun Chang Kian:

  • naik taksi dari kota (mahal, supirnya belum tentu mau karena jalannya sulit)
  • charter song thaew bareng-bareng (bisa dari kota, bisa juga dari Doi Suthep)
  • ikut tur (biasanya kalau memang lagi musim mekar bunga sakura banyak tur yang menawarkan paket ini, tanya saja ke guesthouse/tur agen di sekitar kota)
  • sewa motor sendiri (recommended, lebih fleksibel, murah dan bebas)

Jalanan Menuju Baan Khun Chang KianCara menuju Baan Khun Chang Kian dengan kendaraan sendiri:

  • ambil ke arah Chiang Mai Zoo di Huay Kaew Road
  • naik terus dari Huay Kaew Road ke arah Doi Suthep
  • dari Doi Suthep lanjut terus ke arah Bubhing Palace (Winter Palace)
  • sampai Bubhing Palace masih lanjut terus ke atas
  • sampai ketemu pertigaan, ke kiri ke arah Doi Pui-Suthep National Park (Hill Tribe Museum), ambil yang kanan (belokan lumayan tajam)
  • dari sini jalanan sempit, berliku-liku dan menanjak
  • bunyikan klakson setiap lihat tanda karena belokan sangat tajam dan mendadak
  • tidak lama dari pertigaan tadi akan menemukan Doi Pui View Point (ada tempat parkir luas dan warung-warung) — istirahat dulu sambil menikmati pemandangan.
  • lanjut lagi ke jalanan menanjak
  • akan melewati area camping, lanjut terus
  • kalau memang sedang pas musimnya, tidak lama sesudah perkemahan akan terlihat pohon-pohon dengan bunga sakura pink bermekaran di kiri kanan jalan
  • lewati entrance pertama ke Research Center karena di sana cuma ada tangga untuk pejalan kaki dan tidak ada tempat parkir
  • masuk lewat entrance kedua yang ada jalanan menurun untuk mobil dan motor ke area Research Center. Masuknya GRATIS dan parkirnya juga GRATIS!

Cantiknya Pemandangan Mekarnya Sakura Di ThailandKapan musim mekar Sakura di Thailand?

Bunga sakura mekar di musim dingin Thailand, yaitu sekitar bulan Desember – Februari. Kedengarannya cukup panjang waktunya, tapi sebenarnya bukan 3 bulan penuh mekarnya, melainkan di periode tersebut. Dan biasanya full bloom-nya cuma sekitar 2 minggu. Jadi kalau memang mau lihat yang paling bagus harus pas full bloom. Tapi sebelum dan sesudah juga masih bisa lihat (ga mungkin toh cuma 2 minggu sesudah itu hilang total bunganya ;)).Waktu kami ke sana kemarin tanggal 23 Januari dan sepertinya kami agak terlambat karena beberapa sudah rontok. Kemungkinan full bloom-nya pertengahan Januari (telat seminggu). Kami baca dari komen ada yang bilang lebih baik datang bulan Januari karena waktu Desember belum pada mekar. Ada juga teman yang bilang tahun sebelumnya mekarnya akhir Januari.Jadi kesimpulannya sepertinya kalau mau aman ya sekitar bulan Januari. Meskipun tanggal pastinya masih harus nebak-nebak dan mengandalkan keberuntungan. Hampir sama dengan kebun bunga matahari di Mae Hong Son dan Festival Bunga Matahari di Lopburi yang tanggalnya ga bisa dipastikan jauh-jauh hari.Sakura Di ThailandSo, good luck dan semoga bisa menikmati mekarnya bunga sakura di Thailand! Cek Panduan Wisata ke Chiang Mai untuk info akomodasi dan tempat wisata lainnya.

Join the discussion 6 Comments

Leave a Reply