Santai Sumur Tiga, Pulau Weh – hammock, sunset dan nice food

By September 18, 2012February 13th, 2013Indonesia

Penginapan ini salah satu alasan saya langsung mengiyakan ajakan teman saya untuk pergi ke Pulau Weh, Banda Aceh. Gimana coba bisa menolak setelah lihat foto seperti ini? Saya pengen banget merasakan langsung pengalaman menginap di Santai Sumur Tiga yang terletak di daerah Sumur Tiga, Pulau Weh.

Santai Sumur Tiga

Santai Sumur Tiga

Lokasi

Penginapan Santai Sumur Tiga sudah pasti terletak di daerah Sumur Tiga yang memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang menggoda untuk dipakai berenang. Pulau Weh ini sendiri cukup besar dan jarak tempuh dari pelabuhan menuju Sumur Tiga sekitar 40 menit, kita bisa menggunakan angkutan umum yang ada di pelabuhan untuk menuju penginapan ini. Kadang orang menyebut penginapan Santai Sumur Tiga ini dengan ‘Freddies’.

Makan di Santai Sumur Tiga

Pulau Weh dengan segala pesonanya telah menyihir Freddies, laki-laki dari Afrika Selatan untuk menghabiskan masa tuanya disini. Nah, Freddies ini kebetulan suka memasak jadi nggak usah khawatir kalau menginap disini urusan makanan gampang. Santai Sumur Tiga memiliki restoran yang juga dibuka untuk umum dan menyediakan makanan seperti pasta dan nasi goreng.


Makanan enak di Freddies

Makanan enak di Freddies

Jika kita menginap disini, sarapannya akan dilakukan di ruang makan (yang juga merupakan ruang utama tempat dimana Freddies tinggal). Ruang makannya nyaman sekali dan memiliki kesan ‘hangat’. Setiap pagi Freddies menyiapkan menu sarapan untuk tamu-tamunya, yang seru adalah sarapannya buffet loh dan menunya seperti lagi menginap di hotel.. Hihi… red bean, telur dadar, roti, fried tomatoes, fried sausages, keju, cereal dan banyak lagi. Enak!

Kamar di Santai Sumur Tiga

Kamar yang nyaman di Santai Sumur Tiga

Kamar yang nyaman di Santai Sumur Tiga

Kontur pulau yang berupa perbukitan mengakibatkan banyak anak tangga untuk menuju satu titik ke titik lain (kamar makan – kamar tidur, kamar tidur-pantai), tapi enaknya semua kamar menghadap ke pantai! Ada beberapa jenis kamar di Santai Sumur Tiga, kamar yang saya tempati adalah Family Room yang bisa diisi maksimal 3 orang. Kamarnya berdinding kayu dan kamarnya sederhana tanpa AC tapi nyaman. Kasur yang luas, dispenser dengan air dingin dan panas, kopi dan teh serta kamar mandi yang bersih.. Oh, kamarnya juga memiliki balkon yang dilengkapi hammock. Yang paling juara adalah karena nggak pakai AC jadi kalau malam kita bisa buka pintu balkon dan tidur dengan ditemani suara ombak dan begitu bangun pemandangannya cantik sekali!

Balkon dan pemandangan dari kamar

Balkon dan pemandangan dari kamar

Pulau Weh

Pulau Weh (biasa juga disebut Pulau Sabang) ini merupakan bagian dari Provinsi DI Aceh dan sesuai dengan keadaan di Banda Aceh, hukum syariat Islam pun diberlakukan disini seperti: tidak boleh sekamar bersama orang yang belum menjadi pasangan (suami/istri), berpakaian yang sopan dan tidak minum minuman keras untuk yang muslim.

Pulau Weh memiliki banyak wilayah menarik, seperti: Iboih dan Gapang yang bagus untuk menyelam, Sumur Tiga yang enak buat bersantai dan tugu KM 0 (ingat lagu dari Sabang sampai Merauke?), saya sendiri belum sempat eksplor semua itu. Kalau kalian memiliki kesempatan main ke Pulau Weh (Pulau Sabang) tolong eksplor pulaunya yah dan jangan lupa untuk menginap di Santai Sumur Tiga 🙂 Nggak bakal nyesel deh!

Kalau kamu mau menginap di Pulau Weh, silahkan cek harga penginapan dulu.

Rentang Harga:
Rp. 250.000 – Rp. 400.000

Skor Pergi Dulu:
7/10. Suasana menyenangkan, makanan enak, private beach, free-flow teh dan kopi. Kekurangannya hanya akan capai karena naik-turun tangga.

Kontak:
Telephone: (+62) 813 6025 5001
E-mail: santaisumurtiga@yahoo.com.au

Join the discussion One Comment

Leave a Reply