Singapore Zoo: Salah Satu Kebun Binatang Terbaik

Singapore Zoo

Pertama kali ke Singapore Zoo ini tahun 2004 waktu pertama kalinya ke Singapore. Maklum, tempat ini memang jadi salah satu atraksi wisata paling populer di Singapore. Tidak heran Singapore Zoo dikunjungi oleh lebih dari 1.7 juta orang setiap tahunnya!

Meskipun sudah eksis lebih dari 40 tahun, Singapore Zoo masih sangat terawat dan tidak terlihat kuno. Koleksi binatangnya yang mencapai lebih dari 300 spesies juga masih terlihat terawat dengan baik. Jalur jalan kakinya juga sangat bersahabat sehingga cocok bagi pengunjung segala usia.Jalur Jalan Kaki Cukup Nyaman


Ada Apa di Singapore Zoo?

Seperti kebun binatang pada umumnya, di Singapore Zoo ini ada banyak sekali enclosure untuk binatang yang ukurannya besar-besar. Oleh karena itu tidak heran kalau keliling seluruh area kebun binatang ini bakal bikin kaki lumayan gempor. Haha…. Tapi biasanya kalau sudah ke sini suka penasaran kalau tidak semuanya dikunjungi. Apalagi banyak binatang unik yang jarang atau bahkan belum pernah dilihat di kebun binatang di Indonesia.Beruang Kutub Di Singapore ZooBeberapa binatang yang cukup unik yang jarang dilihat di antaranya: polar bear, wolverine, giant tortoise. Binatang favorit Adam di Singapore Zoo ini adalah Hamadryas Baboon. Bukan karena lucu sih, justru karena aneh banget. Pantatnya seperti ada tumor besar berwarna merah dan mereka aktif sekali. Kandangnya pun besar banget dan isinya kemungkinan lebih dari 100 ekor. Karakternya yang cukup agresif kadang sering berantem dengan sesamanya. Jadinya seperti nonton pertunjukan sih ūüėČBaboon Di Singapore ZooKalau cape jalan kaki, di Singapore Zoo ini bisa naik tram yang keliling-keliling rute utama. Tapi kalau cuma naik tram akan terlewat banyak karena ada banyak enclosure yang tidak bisa terjangkau oleh jalur tram. Jadi kombinasikan saja dengan tram karena sistemnya hop-on-hop-off.Tram Di Singapore ZooJalan-jalan di Singapore Zoo bukan cuma ngeliatin binatang yang ada di dalam kandang, tapi mereka juga ada 4 pertunjukan, yaitu: Rainforest Fights Back, Elephants at Work & Play, Splash Safari dan Animal Friends Show. Masing-masing show diadakan 2 kali dalam sehari dan durasinya sekitar 15-2o menit.Pertunjukan Di Singapore ZooAgak tricky kalau mau ngejar semua pertunjukan karena lokasinya beda-beda dan kadang agak mepet waktunya satu sama lain, jadi harus pake lari-lari dari satu lokasi ke lokasi lain. Kadang kalau sampai overcapacity venue-nya¬†bisa ditutup.¬†Kami sih kemarin cuma sempat nonton Splash Safari. Acaranya lumayan seru karena MC-nya semangat banget dan interaktif. Jadi pengunjung juga bisa ikut serta seru-seruan sama binatang di panggung. Anak-anak seneng banget ikutan dan nonton pertunjukan ini.Ekshibit Binatang Cukup Dekat

Info dan Tips Singapore Zoo

  • Tidak perlu booking tiket secara online atau beli dulu jauh-jauh hari karena bisa datang langsung dan beli di konter.
  • Harga tiket resmi ada di website. Kadang kalau hotel ada yang menawarkan harga lebih murah dan sudah termasuk transport, beli saja dari mereka.
  • Pastikan pakai alas kaki yang nyaman kalau mau jalan kaki di walking trail-nya.
  • Bawa botol minum, ada refill air di keran air minum yang tersedia
  • Siapkan waktu minimal¬†3 jam (di dalam) kalau mau puas ngubek-ngubek Singapore Zoo.

Binatang Di Singapore ZooTransportasi ke Singapore Zoo

Untuk ke Singapore Zoo ini caranya sama dengan menuju Night Safari dan River Safari, yaitu:

  • kalau naik MRT jalur North South Line (merah), berhenti di Ang Mo Kio (NS16) kemudian ganti dengan bis no. 138.
  • kalau naik MRT jalur North South Line (merah), berhenti di Choa Chu Kang (NS4) kemudian ganti dengan bis no. 927.
  • khusus hari Minggu dan hari libur, ada bis no. 926 yang bisa dinaiki dari stasiun MRT Marsiling (NS8) atau Woodlands (NS9).

Singapore Zoo
80 Mandai Lake Road, Singapore
www.zoo.com.sg
Jam buka: setiap hari 0830 – 1800
Harga tiket masuk: $33.00 (dewasa), $22.00 (anak-anak umur 3-12 tahun)
Harga tram: $5.00 (dewasa), $3.00 (anak-anak umur 3-12 tahun)

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply