Spadaa Koffie, Bandung: Tidak Boleh Pake Gula Hari Minggu (Serius!?!?), Tapi Yang Lainnya Bagus

By February 3, 2018 February 24th, 2018 Wisata Kuliner Bandung
Spadaa, Bandung Dari Atas

Spadaa Koffie adalah sebuah coffee shop kecil yang pemiliknya sama dengan Blue Doors. Dan sama seperti halnya Blue Doors, menurut kami tempat ini bagus.

Namun sebelum masuk ke hal yang bagus-bagus, mari kita bicara yang jelek-jeleknya dulu. Seharusnya tidak ada coffee shop yang boleh melarang pembelinya untuk pakai gula. Tapi Spadaa (dan Blue Doors) memberlakukan aturan tidak boleh pakai gula setiap hari Minggu. Itu merupakan hal paling sombong yang dilakukan oleh para penikmat kopi dan kami sangat tidak suka. Yang kedua, telur yang disajikan tidak pakai garam sama sekali. Itu aja sih kritik kami sejauh ini. Spadaa, Bandung Makanan MinumanKami memesan Mushroom Sliders, Big Breakfast, Magic dan fresh juice.

Mushrooms Sliders-nya ternyata bukan dalam bentuk ‘slider’ pada umumnya. (Note: slider itu biasanya berbentuk seperti mini burger). Yang ini adalah tumis jamur yang disajikan di atas roti panggang ditambah setumpuk scrambled eggs. Ga tau kenapa mereka menamakan makanan ini ‘sliders’. Selain urusan nama, sebetulnya makanan tersebut enak banget. Jamurnya dibumbui dengan pas, rotinya pakai roti paling enak di Bandung (beneran, sourdough-nya enak banget!) dan telurnya lembut serta ringan (walaupun tawar). Spadaa, Bandung Pohon BesarBig Brekkie di sini halal. Jadi meskipun tulisannya pakai ‘bacon’, itu maksudnya beef bacon. Poached egg-nya dimasak dengan sempurna, jamurnya enak, rotinya enak, ditambah sentuhan rasa Indonesia dengan adanya sambal matah di dalam potongan tomat. Pokoknya semuanya enak. Spadaa, Bandung MakananKopinya sudah bisa diduga — sangat enak. Bisa disejajarkan dengan cafe-cafe terbaik di Bandung. Jus-nya dibuat sesuai pesanan sehingga terasa banget segarnya. Meskipun cuma ada 4 kombinasi, namun karena kemarin ada satu bahan yang kosong akhirnya kami request improvisasi kombinasi jus sendiri dan mereka ok aja. Spadaa, Bandung MinumanFitout di sini lumayan jauh berbeda dengan kebanyakan coffee shop lainnya di Bandung. Bentuknya berupa halaman yang dikelilingi oleh 4 area duduk. Ada bench di sebelah jendela, 2 meja di teras kecil dan area indoor yang lumayan luas. Paling enak adalah area yang di atas (roof). Di sini banyak sudut-sudut yang cakep alias instagrammable.

Kalau yang mau ngopi sambil kerja, di sini wifinya cukup kencang, 12mbps down dan 4mbps up. Ada beberapa colokan listrik juga kalo perlu charging. Spadaa, Bandung DalamKami suka banget tempat ini. Cuma kami berharap mereka bisa mengurangi coffee snobbery mereka karena tidak cocok dengan customer yang minum kopinya pengen pakai gula.

Spadaa Koffie
Jalan Ternate 5, Bandung
Instagram: @spadaakoffie
Jam buka: 07:00 – 23:00 (makanan sampai 21:00)
Mushroom Sliders: Rp47.000
Big Breakfast: Rp70.000
Magic: Rp30.000
Fresh Juice: Rp42.000
* Tidak ada pajak!

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply