Beli Susu Murni di KPSBU Lembang

Kpsbu Lembang

Masih inget dulu waktu masih kecil suka dibawa naik motor sama almarhum bapak ke deket Jalan Kesatriaan, Bandung. Rupanya setiap sore di sana ada yang jual susu murni yang masih pake gentong susu stainless steel. Entah asalnya dari mana tapi setiap sore mereka bawa beberapa gentong susu sapi segar untuk dijual di pinggir jalan. Kami biasanya beli setengah liter atau 1 liter kemudian begitu sampai di rumah susunya dimasak dulu dan ditambah gula pasir sebelum diminum hangat-hangat.

Karena banyak peternak sapi di daerah Lembang, maka di sana juga banyak yang jual susu sapi segar. Kalau mau langsung ke pusatnya, di Lembang ada yang namanya KPSBU alias Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara. Di sana biasanya melayani pembelian susu sapi baik untuk perorangan maupun untuk agen yang biasa membeli dalam partai besar.Konter Pengambilan Susu KpsbuWaktu kami ke sana juga sempat lihat ada yang beli dalam kemasan plastik besar yang kemungkinan akan diolah lagi menjadi produk lainnya. Di KPSBU sendiri produknya bukan cuma susu murni tapi juga ada es yoghurt, tahu susu, dan yoghurt cair. Oh ya, susu murni di sini maksudnya susu yang belum dipasteurisasi. Kata bapak di konter, direkomendasikan untuk dipasteurisasi dulu sebelum dikonsumsi. Kalau malas, bisa beli susu yang sudah dipasteurisasi, dijual dalam kemasan cup kecil 150ml.

Sistem pembeliannya lumayan terorganisasi. Pembeli pesan dulu produk yang mau dibeli di konter. Setelah bayar akan dapat tanda terima yang kemudian diberikan kepada staff bagian produksi di sebelahnya. Di sana mereka menyiapkan pesanan kita dan menyerahkannya kepada kita.Toko Oleh Oleh Kpsbu LembangKonter penjualan susu KPSBU ini adanya di bagian paling belakang gedung. Di bagian depannya ada toko oleh-oleh yang menjual produk akhir dari susu yang mereka olah. Ada kerupuk susu dan beberapa produk lainnya. Tapi tidak sebanyak di Serba Susu Lembang sih variasinya. Di bagian depan toko oleh-oleh tersebut ada meja kursi untuk duduk karena ada beberapa pedagang makanan juga yang berjualan di sana.

KPSBU Lembang
Jalan Seskoau, Lembang (seberang Serba Susu Lembang)
Jam buka KPSBU: Senin – Jumat 06.00 – 18.00, Sabtu/Minggu/hari libur 06.00-19.00
Jam buka toko oleh-oleh KPSBU: setiap hari 07.00-21.00
Harga: Susu murni 1L Rp6.000; susu pasteurisasi 150ml Rp3.000; yoghurt 1L Rp21.000; tahu susu isi 10 Rp15.000

Leave a Reply