13 Taman Nasional Favorit di Australia versi PergiDulu (bonus 2 spot spesial!)

Taman Nasional Favorit Di Australia

Di Australia ada banyak sekali taman nasional dan masing-masing punya keunikan sendiri khususnya dari sisi keindahan alam yang ditawarkan. Ada yang punya air terjun keceh, formasi batuan keren, pantai dengan pasir putih dan air biru jernih serta ada juga yang punya unsur budaya Aborigin yang kuat.

Apapun yang ditawarkan, biasanya yang disebut taman nasional di Australia itu sangat dilindungi dan dikelola dengan baik oleh pihak national park. Oleh karena itu semua taman nasional biasanya sudah ada fasilitas baik dari sisi tanda penunjuk jalan masuk, tanda arah untuk jalur hiking, hingga fasilitas umum seperti picnic area, BBQ gratis, toilet dan boardwalk.Boardwalk Di Taman NasionalNamun memang levelnya berbeda-beda. Salah satu yang sering jadi pertimbangan buat kami untuk mengunjungi taman nasional di Australia adalah aksesibilitasnya. Banyak taman nasional yang meskipun di dalamnya sudah ada fasilitas umum, namun jalan menuju ke lokasi masih belum diaspal (dirt road), bahkan ada juga beberapa yang cuma bisa diakses dengan menggunakan kendaraan 4WD.

Taman Nasional di Australia memang dikelola bukan dengan tujuan komersil, namun untuk bisa dinikmati oleh publik tanpa merusak keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu pengelola harus hati-hati dalam membangun fasilitas taman nasional supaya tidak berubah menjadi theme park dan malah menghilangkan esensi alam. Oleh karena itu juga tidak semua taman nasional di Australia dikenakan biaya masuk (entrance fee). Biasanya taman nasional yang memasang entrance fee adalah taman nasional yang lumayan populer sehingga mereka perlu membangun fasilitas yang lebih baik dan juga untuk membatasi jumlah pengunjung supaya tidak overcrowded.Kakadu NPBerikut ini kami bagikan daftar taman nasional favorit kami di Australia berdasarkan pengalaman kami pribadi. Siapa tau bisa jadi inspirasi buat liburan di luar kota-kota besar Australia.

1. Blue Mountains National Park

Lokasi: New South Wales
Entry fee: GRATIS kecuali di Glenbrook area (A$8 per kendaraan)

Blue Mountains NPDitaruh di urutan pertama karena memang kami cukup familiar dengan taman nasional ini. Blue Mountains NP ini luas sekali, belasan ribu km persegi dan bentuknya bukan cuma hutan rimba melainkan sudah blending dengan pemukiman penduduk. Bapaknya Adam tinggalnya di salah satu suburb yang termasuk dalam wilayah Blue Mountains NP, makanya kami lumayan banyak tau spot-spot cakep di taman nasional ini. Nanti di postingan lain kami akan menuliskan khusus tentang tempat-tempat menarik di Blue Mountains NP. Buat gambaran, pemandangan khas Blue Mountains NP adalah pepohonan hijau yang berpadu dengan tebing-tebing curam dan langit biru. Pokoknya bikin kita terlihat seperti butiran debu.

2. Uluru – Kata Tjuta National Park

Lokasi: Northern Territory
Entry fee: A$25 per orang untuk masa berlaku 3 hari

Uluru Kata Tjuta NPUluru (Ayers Rock) ini seringkali jadi ikon benua Australia dan memang posisinya kalau dilihat dari peta pun hampir di tengah-tengah benua Australia. Meskipun keliatannya cuma seperti sebiji batu besar, Uluru ini seru karena bisa dikelilingi dengan jalan kaki (jaraknya sekitar 10 km) dan ada beberapa spot menarik di sekelilingnya. Kata Tjuta (The Olgas) bentuknya lebih menarik karena ga cuma seperti 1 batu besar dan dalamnya pun bisa dieksplor dengan rute populer di antaranya Valley of The Winds. Salah satu kegiatan seru yang jangan sampai dilewatkan adalah nungguin sunset dan sunrise dari beberapa viewpoint yang sudah disediakan. Kayaknya cuma di sini kami rela bangun pagi buat ngejar sunrise 😉

3. Warrumbungle National Park

Lokasi: New South Wales
Entry fee: A$8 per kendaraan per hari


Warrumbungle NPKami ke sini sudah 3 kali dan semuanya dalam rangka road trip. Dari awal memang sudah suka dengan taman nasional ini karena fasilitasnya ok dan banyak kangguru keliaran. Tapi yang paling menarik dari Warrumbungle ini adalah formasi gunung yang berjejer dengan bentuk beda-beda. Sebetulnya dari jauh udah keliatan sih kalau bentuk gunung-gunung memang unik. Tapi ternyata lebih keren lagi kalau dieksplor dengan cara hiking di antara gunung-gunung itu dan bahkan naik ke puncaknya. Fasilitas trekkingnya udah ok banget, ada toilet, camping spot, tangga, boardwalk, jembatan bagus, sebagian jalur pakai paving, tanda jelas sehingga ga mungkin kesasar. Pantas jalur hikingnya mendapat julukan “One of Australia’s Best Walks”. Penasaran donk?

4. Cradle Mountain – Lake St. Clair National Park

Lokasi: Tasmania
Entry fee: A$16.50 per orang per hari

Cradle Mountain NPTiga hal yang bikin kami suka sama Cradle Mountain: wombat, boardwalk, salju. Cradle Mountain ini salah satu tempat yang paling enak kalau mau ketemu wombat liar karena memang populasi wombat di sini lumayan banyak. Jadi kadang mereka suka seliweran pas kita lagi trekking. Urusan boardwalk, mereka niat banget bikin boardwalk beberapa km dari visitor center sampai ke Dove Lake di atas, bahkan di atas gunungnya pun banyak boardwalk yang dibikin tanpa menghilangkan unsur alam. Justru boardwalk ini dibuat untuk melindungi ekosistem dari kunjungan manusia. Buat yang mau cari salju, hampir dipastikan saat winter Cradle Mountain ini bersalju.

5. Kakadu National Park

Lokasi: Northern Territory
Entry fee: A$25 per orang untuk masa berlaku 14 hari

Kakadu NP (Ubirr)Salah satu taman nasional favorit kami di Northern Territory. Biasanya ke sini kalau pas roadtrip mulai dari Darwin, digabung dengan kunjungan ke Litchfield NP dan Nitmiluk NP. Cukuplah buat jadi itin seminggu roadtrip dari Darwin. Kakadu NP ini sangat kental dengan warisan budaya bangsa Aborigin, bahkan mereka mempekerjakan orang-orang Aborigin sebagai ranger di sana karena mereka yang paling mengerti sejarah budayanya. Selain banyak rute hiking, di Kakadu NP ini ada satu spot favorit kami untuk menikmati sunset, nama tempatnya Ubirr. Hampir semua pengunjung Kakadu NP pasti numplek di Ubirr pas sunset.

6. Watarrka National Park (Kings Canyon)

Lokasi: Northern Territory
Entry fee: GRATIS

Watarrka NP (Kings Canyon)Watarrka NP ini lokasinya relatif dekat dengan Uluru (Ayers Rock). Sebetulnya masih 306 km atau 3.5 jam driving, tapi di area central outback yang luasnya ribuan km ini, Watarrka NP bisa dimasukkan ke itin kalau memang berencana mengunjungi Uluru. Highlight dari Watarrka NP ini adalah Kings Canyon, di mana kita bisa jalan mengelilingi bibir tebing sambil ngeri-ngeri sedep kalo liat ke bawah canyon yang jatuhnya tegak lurus sekitar 30 meter. Pemandangannya super mantul!

7. Nambung National Park (Pinnacles)

Lokasi: Western Australia
Entry fee: A$15 per kendaraan (isi max 12 orang) per hari

The Pinnacles (Nambung NP)Highlight dari Nambung NP adalah area yang dikenal dengan istilah “Pinnacles”. Di Pinnacles ini ada formasi batuan seperti stalagmit yang seakan tumbuh dari sebuah open area (bukan gua di mana stalagmit biasa ditemukan). Kontur tanahnya datar, agak berpasir seperti di gurun dan jarang ada tanaman. Batuan tersebut tersebar begitu saja sehingga pemandangannya terlihat unik, seperti permukaan di planet lain. Enaknya di sini sudah dibikin jalur untuk kendaraan (mobil). Jadi kalo malas jalan kaki, bisa keliling naik mobil di antara batu-batu tersebut.

8. Karijini National Park

Lokasi: Western Australia
Entry fee: A$15 per kendaraan (isi max 12 orang) per hari

Karijini NPTaman nasional yang satu ini cocok banget buat yang suka main air. Di Karijini NP ada banyak rute trekking singkat yang mengarah pada air terjun beserta kolam renang alaminya. Pemandangan tipikal di sini adalah tebing batu, celah sempit serta air yang berwarna hijau toska. Pokoknya di sini enak banget buat celup-celup, jadi jangan lupa bawa baju renang atau baju ganti karena biasanya kalo udah liat airnya pasti tergoda untuk nyebur.

9. Litchfield National Park

Lokasi: Northern Territory
Entry fee: GRATIS


Litchfield NPCuma berjarak 115 km (1.5 jam driving) dari Darwin, Litchfield NP ini juga cocok banget buat yang suka basah-basahan. Dua kali kami ke sini dan masih ada aja spot yang belum sempat kami cicipi. Dua air terjun yang paling populer di Litchfield NP adalah Florence Falls dan Wangi Falls. Dua-duanya gampang diakses oleh semua umur dan hampir semua orang pasti nyemplung di kolamnya. Pssst….di musim hujan kadang suka ada buaya nyasar ke sini akibat hanyut kebawa air, jadi pastikan baca warning baik-baik apakah sudah aman dipakai berenang atau belum. Anyway, minimal siapkan 2 hari lah kalau mau menikmati Litchfield NP ini. Ga bakal nyesel deh!


10. Nitmiluk National Park (Katherine Gorge NP)

Lokasi: Northern Territory
Entry fee: GRATIS

Nitmiluk NPDulunya katanya namanya Katherine Gorge NP, tapi sampai sekarang pun sepertinya nama tersebut masih lebih populer dibanding nama barunya. Sesuai dengan namanya, Katherine Gorge itu berupa gorge (dalam bahasa Indonesia terjemahannya adalah jurang). Tapi aslinya ga seseram istilah jurang koq. Justru cantik banget pemandangan di Katherine Gorge NP ini. Selain ada beberapa air terjun yang juga bisa dipakai celup-celup, di sini juga ada beberapa lookout cantik khususnya untuk menikmati sunset. Kalau malas hiking, di sini juga bisa naik perahu ataupun kayaking menyusuri perairan di bawahnya — dengan catatan sudah aman dari buaya 😉

11. Carnarvon Gorge National Park

Lokasi: Queensland
Entry fee: GRATIS

Carnarvon Gorge NPWaktu ke sini dulu kami agak rusuh karena cuma punya waktu sehari, padahal ada banyak spot yang bisa dieksplor. Di area Carnarvon Gorge ini pemandangannya merupakan kombinasi antara tebing batu kapur yang menjulang tinggi, warna sisi jurang yang mencolok, berbagai flora dan fauna serta Aboriginal rock art. Ada banyak sekali pilihan hiking mulai dari yang cuma 30 menit PP hingga Grade 4 track yang memakan waktu 7-8 jam. Tinggal dipilih-pilih saja sesuai selera. Kalo ada kesempatan kami pengen ke sini lagi buat eksplor lebih banyak.

12. Dorrigo National Park

Lokasi: New South Wales
Entry fee: Donasi A$2 per orang

Dorrigo NPSebetulnya masih banyak sekali tempat menarik di Dorrigo NP yang belum kami kunjungi, tapi kami keburu suka dengan taman nasional ini. Di area belakang visitor center ada Skywalk yang ujungnya ada lookout dengan pemandangan keceh banget. Kalo lagi berkabut berasa lagi di atas awan. Selain itu juga kami sempat jalan ke Crystal Falls yang ada jembatan gantungnya dan air terjunnya juga cakep. Dorrigo NP lumayan luas dan ada banyak sekali air terjun yang bisa dikunjungi di area ini. Saking banyaknya, jalanan yang melewati Dorrigo NP ini dikenal dengan nama Waterfall Way.

13. Cape Le Grand National Park

Lokasi: Western Australia
Entry fee: A$15 per kendaraan (isi max 12 orang) per hari

Cape Le Grand NPKalo sebagian besar taman nasional yang kami sebutkan di atas memiliki elemen hutan atau gunung, kali ini kami kasih satu yang dekat pantai deh. Cape Le Grand NP ini merupakan daerah pesisir pantai dengan formasi batuan besar di pinggirnya dan pasir putih yang super lembut. Kami cuma sempat mencicipi sedikit saja dari Cape Le Grand NP ini dengan mengunjungi Lucky Bay di dekat Esperance. Di pantai ini banyak kangguru yang berkeliaran bebas, bahkan saking banyaknya, kami diperingatkan oleh ranger untuk pelan-pelan banget nyetir balik ke kotanya. Betul aja, otw kembali ke kota, kami hampir nabrak kangguru yang seenaknya nyebrang-nyebrang jalan.

Bonus Spot Favorit

Tempat berikut ini sebetulnya bukan termasuk taman nasional, tapi menurut kami sangat keren dan worth it banget untuk dikunjungi.

Rottnest Island

Lokasi: Western Australia
Entry Fee: A$19 per orang (dewasa) per hari, A$7 per orang (anak-anak 4-12 tahun) per hari

Rottnest IslandAlasan paling utama kenapa harus ke Rottnest Island adalah untuk ketemu Quokka ‘the happiest animal on earth’ yang memang mukanya selalu seperti sedang tersenyum. Di sini mereka hidup bebas dari predator sehingga ada banyak di setiap penjuru pulau. Cara eksplornya pun seru, di pulau ini tidak ada kendaraan bermesin selain bis hop-on-hop-off yang sudah disiapkan khusus untuk ngangkut turis. Kalau mau lebih bebas lagi, lebih enak sewa sepeda untuk mengelilingi pulau ini sehingga bisa berenti di mana aja. Biasanya untuk ke pulau ini bisa naik ferry dari Perth ataupun Fremantle.

Devils Marbles Conservation Reserve (Karlu Karlu)

Lokasi: Northern Territory
Entry Fee: GRATIS

Devils MarblesKalau berencana road trip dari Darwin ke Uluru dengan ambil jalur lewat Alice Springs, boleh banget nih mampir ke Devils Marbles ini. Sesuai namanya, di sini ada formasi batuan bulat-bulat seperti kelereng (marbles) tapi ukurannya raksasa. Areanya tidak terlalu luas jadi tidak butuh waktu seharian buat eksplor, tapi cukup serulah buat foto-foto unik.

Sekian sharing pengalaman kami mengeksplor beberapa taman nasional yang keren di Australia. Mudah-mudahan cukup informatif dan bikin kamu jadi lebih semangat buat yang bercita-cita pengen road trip keliling Australia. Jangan cuma muter-muter di kota besarnya aja, di luar kota-kota besar di Australia ada banyak spot-spot cakep yang haus untuk dieksplor!

Jadi, taman nasional yang mana yang paling menarik dan pengen kamu kunjungi duluan? 😉

Join the discussion One Comment

Leave a Reply