3 Opsi Tempat Makan Murah di Bandara Changi, Singapura

Makan Murah Di Bandara Changi

Bandara biasanya sangat dikenal akan mahalnya harga makanan ataupun minuman. Harganya makanan ataupun minuman di bandara mahal karena harga sewa space di bandara mahal. Kenapa bisa begitu? Karena lokasi di dalam bandara merupakan lokasi prime dengan target market yang tinggi. Orang-orang yang berada di dalam bandara biasanya orang-orang dengan kepentingan bisnis serta orang-orang yang sedang berlibur dan siap untuk menggunakan uangnya. Dan biasanya meskipun harganya mahal, kalo udah kepepet mau ga mau customer bayar.

Singapura punya image yang berbeda-beda. Kalau bilang makan di hawker centre, harga-harga di sana terbilang cukup murah. Tapi kalau mau cari makanan ataupun kopi berkualitas di cafe/coffeeshop dan apalagi di restoran, harganya bisa lebih mahal dari cafe di Australia. Kalau begitu, apakah berarti kalo mau makan di bandara Changi di Singapura akan harus bayar mahal juga? Eits…jangan langsung main asumsi. Ternyata harga makanan dan minuman di beberapa spot di Bandara Changi justru jauh lebih murah dibandingkan bandara Ngurah Rai di Bali (khususnya di area departure terminal internasional).

Beberapa waktu yang lalu kami sempat transit lama di Bandara Changi, sekitar 7 jam sebelum harus ke gate. Karena males ke luar bandara, akhirnya kami menghabiskan waktu ngubek-ngubek bandara ke beberapa terminal dan sempat makan di 3 tempat. Menurut kami ketiga tempat tersebut bisa dibilang harganya sangat terjangkau dan murah untuk ukuran harga di bandara. Memang tidak semua tempat makan di Bandara Changi itu murah, oleh karena itu kalo memang harga jadi pertimbangan, harus pintar-pintar cari spot makannya.

Berikut ini kami share 3 pilihan tempat makan murah di Bandara Changi Singapura:


1. Staff Canteen

Lokasi: Terminal 2, land-side

Sudah banyak info yang beredar kalau staff canteen adalah ‘tempat rahasia’ di mana kita bisa menikmati makanan murah di Bandara Changi Singapore. Tidak ada yang rahasia soal tempat ini karena tempat ini memang terbuka untuk umum. Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Sebetulnya lokasinya ada lebih dari satu (kemungkinan ada di tiap terminal), cuma kali ini kami sempat mampir ke Staff Canteen yang ada di gedung parkir Terminal 2.Lift Ke Staff Canteen Changi

Cara menuju ke Staff Canteen Terminal 2 Bandara Changi:

  • patokannya dari depan McDonald’s di dalam gedung arrival Terminal 2.
  • dari sana belok kiri ke arah pintu keluar yang menuju ke gedung parkir
  • di dalam gedung parkir, jalan sedikit ke arah kiri sampai menemukan lift (nomor 7). Di kanan sebetulnya juga ada sederetan lift tapi kalau naik yang itu cuma bisa sampai lantai 3 sedangkan staff canteen ada di lantai 3M.
  • pakai lift nomor 7 untuk naik ke lantai 3M
  • ada tulisan “Staff Canteen by Kopitiam”

Staff Canteen Changi Terminal 2Di sana kamu akan melihat deretan mesin dengan tulisan top-up kiosk. Tidak usah panik. Kalau tidak punya kartu masih bisa bayar pakai uang tunai koq. Tadinya kami mau beli kartu (2 SGD) untuk diisi, tapi kata orang di sebelah tidak perlu beli kartu, bayar cash saja. Baiklah.Makan Di Staff Canteen ChangiApakah betul makanan dan minumannya murah? Kami sempat makan ‘noodle with chicken meatball’ (HALAL) dan secangkir kopi susu ala Hainan. Harga mie baso ayam S$5.00 sedangkan secangkir kopi Hainan cuma S$0.90 saja. Untuk makanan bisa dapat S$3.00 ataupun S$4.00 untuk sepiring nasi dengan sayuran. Dibilang murah ya lumayan murah, tapi balik lagi tergantung menunya. Ada juga koq yang sekitar S$7-9.

2. Food Emporium

Lokasi: Terminal 4, land-side

Karena terminalnya masih baru, food courtnya juga masih terasa baru. Bersih, cerah, design-nya modern dan lumayan banyak pilihan makanan. Untuk ke Food Emporium, dari area departure ke arah kanan sampai ketemu eskalator yang arahnya miring. Begitu naik eskalator di ujungnya akan terlihat tulisan Food Emporium.Food Emporium Terminal 4 ChangiDi sini kami makan nasi dengan daging BBQ (S$5.50), kopi susu ala Hainan (S$1.30) dan ice honey lemon (S$2.00). Bayarnya langsung di konter masing-masing. Masih tergolong sangat murah dibandingkan harga di bandara-bandara lainnya.BBQ Rice Di Food Emporium Changi

3. Food Gallery

Lokasi: Terminal 1, air-side

Spot yang terakhir ini adanya di bagian dalam Terminal 1, setelah melewati imigrasi. Food court-nya memang terlihat agak jadul dan tidak terlalu besar. Tapi masih lumayan lah ada beberapa pilihan makanan berat dengan harga yang terjangkau. Bayarnya langsung ke konter masing-masing.Food Gallery Di Terminal 1 ChangiKami makan dari konter Kedai Kiliney Kopi: es teh tarik, kopi susu panas dan kaya toast serta butter kaya toast. Totalnya S$9.40 untuk 2 orang. Lumayan mengenyangkan lah!Kiliney Di Terminal 1 ChangiSelamat kulineran di dalam Bandara Changi Singapura! Kalau bingung mau makan apa, bisa intip 11 Kuliner Khas yang wajib dicoba di Singapura ini.

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply