Tempat Makan Murah di Luar Resort di Bintan

Tempat Makan Murah Di Bintan

Bagi orang-orang yang belum pernah ke Bintan, mungkin ada bayangan kalau Bintan itu serba mewah & mahal. Dan memang betul kalau Bintan menawarkan makanan terbaiknya melalui setting resort-resort mewahnya. Namun sangat memungkinkan untuk makan murah kalau tahu di mana tempatnya.

Jadi waktu kemarin ini kami ke Bintan, kami berusaha untuk menemukan tempat-tempat makan yang murah di luar area resort. Dan meskipun tentunya kamu tidak akan selalu makan di luar resort setiap hari, bolehlah dicatat tempat-tempat berikut ini. Siapa tahu dibutuhkan kalau kamu sedang cari makanan yang lebih sederhana dan murah.

1. Pujasera

Tempat pertama yang tercatat sebagai tempat makan murah di Bintan adalah Pujasera. Buat yang belum tahu, Pujasera itu merupakan singkatan dari PUsat JAjanan SERba Ada, atau dengan kata lain food court. Sebenarnya Pujasera ini memang nama generik. Tapi yang dimaksud Pujasera di sini adalah food court yang kebanyakan pelanggannya merupakan staff yang kerja di Bintan Resorts.Nasi Padang Di PujaseraDi Pujasera ini ada banyak pilihan masakan Indonesia dengan harga lokal, termasuk salah satu nasi padang terenak yang pernah kami makan. Untuk sepiring nasi padang dengan setumpuk lauk pauk masih bisa didapat dengan harga kurang dari Rp50.000.

Selain kantin-kantin makanan, di komplek terbuka Pujasera ini juga ada penjual sayur dan buah segar serta beberapa toko yang jual cemilan seperti keripik, biskuit dan beberapa barang lainnya seperti halnya yang dijual di minimarket. Tempat ini bisa untuk makan siang ataupun makan malam. Dan paling penting,  Pujasera ini bisa diakses dengan menggunakan shuttle bus GRATIS dari resort kamu.Pujasera Bintan Resorts


2. Bintan Selatan

Kalau kamu berencana menuju ke Bintan bagian selatan, atau tepatnya Tanjung Pinang, di sana ada banyak opsi tempat makan yang murah dan enak. Beberapa pasar malam yang sangat populer dan karena ¬†makanannya enak-enak — Rimba Jaya (banyak seafood) dan Akau Potong Lembu (banyak chinese food).

Mie Ayam Bintan Indah MallKami juga sempat coba Mie Ayam di Bintan Indah Mall yang sempat direkomendasikan oleh follower dan ternyata memang enak dan jadi salah satu makanan paling memuaskan di Tanjung Pinang. Sepertinya mie ayam tersebut sudah ada sejak dahulu sehingga sangat terkenal dan antrinya lumayan lama. Tapi karena dibuat dengan passion dan bahan-bahan segar (pangsitnya dibuat di tempat), pas lagi hujan pula, jadinya puas banget makannya. Wajib ke sini kalau ke Tanjung Pinang!

Pilihan tempat makan lainnya adalah area di pinggir laut, dekat Melayu Square. Di sana kami duduk-duduk santai, minum es cendol dan makan pisang goreng keju. Tempatnya enak buat menikmati sunset sambil jajan.Melayu Square

3. Teluk Bakau Bay View Seafood Restaurant

Restoran seafood yang recommended ini berlokasi tepat di sebelah Bintan Spa Villa di daerah pantai Trikora. Kami makan di restoran ini karena kebetulan kami menginap di Bintan Spa Villa, jadi penasaran mau coba menu seafood lokalnya yang ternyata ga mengecewakan sama sekali.

Menu di sini terdiri dari berbagai pilihan makanan laut seperti kepiting, udang, ikan, cumi, kerang serta beberapa menu sayuran seperti capcay, kailan dan kangkung. Kami memesan banyak sekali makanan karena untuk dimakan bersama (5 orang). Semuanya rasanya enak dan harganya juga sangat ramah di kantong (secara biasanya seafood mahal).

Remis yang kami pesan datang dalam porsi yang sangat besar dan harganya cuma Rp30.000 saja. Sementara udang goreng tepung seporsi yang lumayan besar dihargai Rp90.000. Pokoknya restoran seafood ini recommended banget kalau kamu lagi berada di daerah Pantai Trikora dan cari tempat makan seafood yang murah.Telok Bakau Bay View Seafood Restaurant


4. Foodgram (Plaza Lagoi)

Plaza Lagoi sebenarnya baru dibuka beberapa tahun lalu, tapi sekarang sudah sangat populer sebagai tempat untuk makan siang ataupun makan malam karena di sini ada berbagai pilihan tempat makan mulai dari cafe sampai food court. Food court yang dinamakan Foodstargram ini adalah tempat paling cocok kalau mau cari makanan lokal otentik di luar resort (tapi masih ada di dalam wilayah Bintan Resorts).

Model food court di sini agak mirip dengan food court ala traditional hawker, tapi dibuat lebih modern sehingga kelihatan lebih bersih dan menyenangkan suasananya. Kami sempat mengamati pilihan makanan yang tersedia di sini meskipun tidak sempat mencicipi. Ada soto, sop, bakso, ayam goreng, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Intinya, di sini ada banyak sekali jenis makanan yang dijual sehingga kamu tidak akan kekurangan pilihan.

Hal lain yang perlu dicatat adalah Foodstargram ini bentuknya food court, jadi harganya juga cukup murah. Kalau mau ke sini tinggal naik shuttle bus GRATIS yang lewat resort kamu dan turun di Plaza Lagoi. Foodstargram buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.Foodstargram

5. Waroeng Cek Bakar’s

Waroeng Cek Bakar’s punya tag line Masakan Khas Melayu, tapi karena beberapa masakan Melayu mirip dengan masakan Indonesia, pasti masih cocok lah lidahnya kalau makan di sini. Kami coba makan siang di sini dan ternyata memang tidak mengecewakan.Makanan Di Cek BakarUntuk makanan, kami pesan ikan bakar (Rp30.000), ayam goreng kalasan (Rp28.000), sate ayam (Rp50.000) dan tumis baby kailan (Rp25.000). Sedangkan minumannya kami pesan es cendol dan es kopyor (Rp25.000). Sesuai dugaan, taste makanan di sini sangat enak, terutama cendolnya yang menyegarkan.

Selain makanan yang kami sebutkan tadi, di sini juga ada cemilan seperti kentang goreng (Rp40.000), curry puff (Rp10.000) hingga makanan berat lainnya seperti kwetiaw seafood (Rp38.000) dan laksa (Rp35.000). Worth it buat dikunjungi kalo lagi cari makan murah di Bintan. Lokasinya ada di belakang Plaza Lagoi ke arah pantai. Untuk ke sini bisa naik shuttle bus dari resort.Waroeng Cek Bakar Bintan

6. Nasi Padang Lamak Basamo

Kalo kamu lagi ngidam nasi padang yang otentik di Bintan, harus cobain Nasi Padang Lamak Basamo. Awalnya mereka buka konter di Pujasera, tapi karena sukses berat, akhirnya mereka buka satu outlet lagi di belakang Plaza Lagoi. Makanannya sih sama, cuma settingannya saja yang berbeda. Yang di Plaza Lagoi berupa ruko, lebih bersih dan rapih, serta lebih dekat ke pantai dan aktivitas lainnya.Warung Nasi Padang Lamak Basamo Plaza Lagoi BintanKami pesan seporsi nasi padang lengkap dengan potongan rendang yang lumayan besar, ayam goreng, sayur nangka dan disajikan lengkap dengan printilan nasi padang pada umumnya. Dinilai dari rendang dan rasa secara keseluruhan, ini adalah salah satu restoran Padang terenak yang ada di luar Padang.

Harganya hampir sama dengan kebanyakan restoran Padang di seluruh Indonesia. Bayarnya setelah selesai makan, dihitung secara cepat oleh staff dan tidak ada daftar harganya. Sangat recommended!Nasi Padang Lamak Basamo

7. Warung Yeah!

Saking sukanya sama tempat ini kami sampai nongkrong di sini dua kali selama kunjungan kami di Bintan. Kalau kamu familiar dengan Warunk Upnormal, kamu pasti akan segera mengenali kemiripan konsep Warunk Upnormal dengan Warung Yeah ini. Pada dasarnya Warung Yeah ini adalah tempat makan casual yang menawarkan makanan Indonesia sederhana dalam setting tempat yang modern dan ber-AC.

Kami mencoba sego tahu (Rp28.000), tahu telor (Rp28.000 — ini enak bangett!!), chicken wing (Rp28.000) dan Indomie rendang (Rp27.000). Kami suka banget semua makanan di sini karena makanannya memiliki cita rasa Indonesia tapi simple dan murah.Makanan Di Warung Yeah BintanHarga di sini sangat murah, mulai dari Rp13.000 untuk Indomie paling standar hingga Rp30.000 untuk menu masakan ayam.

Warung Yeah ada di depan pantai di Lagoi Bay. Kalau kamu berdiri di depan tulisan raksasa “Lagoi Bay” dan menghadap ke laut, tinggal tengok ke kanan, Warung Yeah ada di sana.Warung Yeah Plaza Lagoi

8. Plaza Lagoi

Selain food court (Foodstargram), di Plaza Lagoi sendiri juga ada berbagai pilihan tempat makan lainnya. Kami sempat melihat setidaknya ada 3 cafe dan harganya juga cukup reasonable untuk kualitas yang ditawarkan. Selain makanan enak, di Plaza Lagoi juga banyak hiburan sehingga bisa sekalian ke sini untuk makan siang atau makan malam. Plaza Lagoi bisa diakses dengan menggunakan shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak Bintan Resorts.Plaza Lagoi Bintan

9. Danau Cafe

Tidak jauh dari Plaza Lagoi di belakang Grand Lagoi Hotel ada Danau Cafe yang lokasinya memang di pinggir Lake Lagoi. Kami makan siang di sana dan makanannya berupa masakan Indonesia yang sederhana tapi cukup memuaskan. Kami coba bihun goreng, nasi goreng seafood, omelet — semuanya enak.

Karena di danaunya bisa mancing ikan (alatnya sewa ke mereka), kamu bisa minta mereka untuk masakin hasil tangkapan kamu. Harga bihun goreng Rp25.000 sedangkan sepaket nasi goreng seafood + minuman dihargai Rp40.000. Lumayan murah lah.Makanan Di Danau CafeDari penjelasan di atas terlihat jelas kalau Bintan adalah tempat yang punya banyak pilihan tempat makan, baik di dalam resort maupun di luar resort. Kalau kamu lagi pengen coba makan makanan lokal (dan MURAH!) di Bintan, bisa pilih dari daftar tempat makan yang kami sebutkan tadi supaya bisa menambah seru pengalaman liburan kamu di Bintan.

Leave a Reply