Tips Mudik Aman yang Wajib Kamu Tahu

Tips Mudik Aman

Tidak bisa dipungkiri kalau salah satu event travel terbesar di Indonesia adalah pada saat mudik Lebaran, di mana sebagian besar warga Indonesia melakukan aktivitas traveling. Ada yang memang murni mudik untuk pulang kampung dan ketemu dengan sanak saudaranya. Ada juga yang jalan-jalan untuk menghabiskan libur Lebarannya. Apapun alasannya, yang pasti arus lalu lintas hampir dipastikan padat di banyak ruas jalan. Kami berdua walaupun tidak merayakan lebaran namun ikutan mudik ke kampungnya Adam di Australia. Setelah lewat jalan darat dari Darwin ke Melbourne alias road trip sejauh ribuan kilometer, akhirnya sekarang kami sudah sampai di kampungnya Adam yakni di Blackheath, sebuah suburb di daerah pegunungan Blue Mountains, NSW, sekitar 100 km dari Sydney. Untuk yang mudik menggunakan kendaraan, berikut ini kami mau bagikan beberapa tips mudik aman yang wajib kamu tahu. Supaya acara mudiknya lancar dan ceria kami siapkan 10 Jurus Anti!

1. Anti Bobol

Yang namanya mudik ya berarti meninggalkan rumah yang sekarang dihuni untuk sementara waktu. Sebelum ditinggalkan, pastikan semua pintu dan jendela terkunci dan tertutup rapat supaya tidak kebobolan maling. Berlaku juga buat yang tinggal di kamar kos. Kemudian jangan lupa matikan aliran gas dan listrik yang tidak diperlukan (AC, kulkas, TV, dll) supaya bisa tidak kebobolan tagihan listrik. Yang terakhir, bisa lapor Pak RT, kasih tahu tetangga ataupun satpam kalau kamu akan mudik selama beberapa hari supaya ada yang membantu mengawasi rumah selama kosong.

2. Anti macet

Tips mudik berikutnya berhubungan dengan lalu lintas. Walaupun sudah biasanya kalau lalu lintas selama mudik itu macet di mana-mana, kita bisa meminimalisasinya jika tahu jalur mana yang macet dan apakah ada jalur alternatifnya. Beberapa aplikasi di handphone yang bisa membantu di antaranya Google Maps dan Waze yang bisa menunjukkan situasi lalin di titik-titik tertentu. Meskipun tidak sepenuhnya akurat, setidaknya ada gambaran jalur mana yang sebaiknya diambil sebelum akhirnya terjebak macet sama sekali.

3. Anti low bat

Buat yang sangat bergantung pada gadget seperti kami, isi baterai sangatlah penting. Jangan sampai sedang terkena macet berjam-jam kemudian baterai habis sehingga tidak bisa update status macet di sosmed. Saat ini kami punya masing-masing sebuah power bank yang dipastikan terisi penuh sebelum memulai perjalanan. Selain itu di mobil juga dipastikan punya adaptor yang bisa menghubungkan baterai mobil dengan charger gadget. Lumayan banget kalau sedang terjebak di mobil bisa sambil charging dan tidak akan kehabisan baterai. Note: Jangan charge gadget saat mesin mobil mati (tapi kunci masuk di posisi 1) karena bisa-bisa baterai mobilnya juga ikut habis dan mobil tidak bisa menyala.


4. Anti Lapar

Saya orangnya suka bete kalau sedang kelaparan sedangkan Adam suka sekali ngemil coklat ataupun biskuit yang manis-manis. Oleh karena itu waktu road trip kemarin selain beli persediaan cemilan selama di jalan, kami juga taruh makanan-makanan tersebut di tempat yang mudah dijangkau saat mobil sedang jalan. Maklum, kalau mobil sedang jalan tidak boleh ada seorang penumpang pun yang lepas dari seat belt-nya (harusnya aturan ini juga berlaku di Indonesia karena sangat berbahaya jika mobil ngerem mendadak dan penumpang sedang tidak pakai seat belt). Persediaan makanan di mobil sangat membantu jika sedang terjebak macet panjang di daerah yang tidak ada rest area ataupun rumah makan. Bisa bahaya tuh bagi yang punya sakit maag kalau perut sampai kosong terlalu lama.

Sedia cemilan saat perjalanan mudik panjang

Sedia cemilan saat perjalanan mudik panjang

5. Anti mogok

Tentunya menyebalkan kalau sudah semangat mudik eh tahunya di dalam perjalanan mobilnya mogok. Untuk itu sebaiknya sebelum memulai perjalanan mobilnya diajak jalan-jalan dulu ke bengkel untuk check-up secara menyeluruh, terutama bagi yang harus berkendara jauh.

Beberapa hal penting yang wajib dicek sebelum mudik:

  • Oli dan suku cadang
  • Rem
  • Ban & kaki-kaki
  • Air (untuk radiator dan wiper)
  • Kelengkapan mobil seperti kunci, segitiga pengaman, kotak P3K

6. Anti sakit

Untuk urusan sakit, selain kotak P3K juga wajib bawa obat-obat pribadi. Jika suka kena mabuk darat pastikan ada tablet anti mabuk dan berbagai penangkal lainnya sesuai dengan selera masing-masing. Misalnya, ada yang suka pakai balsem, minyak kayu putih, dll. Paracetamol juga cukup berguna untuk menghilangkan sakit kepala yang kemungkinan timbul akibat stres menghadapi kemacetan.


7. Anti Mati Gaya

Mati Gaya ini musuh yang sangat berbahaya bagi mereka yang mudik menggunakan kendaraan. Pengemudi yang mati gaya akan merasa bosan dan kehilangan konsentrasi sedangkan penumpang yang mati gaya akan merasa bosan dan tidur sehingga pengemudi tidak ada teman ngobrol yang mengakibatkan si pengemudi bosan dan kehilangan konsentrasi juga. Intinya, walaupun tidak menyetir, pastikan yang menyetir tidak merasa bosan dan ngantuk. Kalau sudah kehabisan bahan pembicaraan, bisa putar radio ataupun putar koleksi lagu-lagu favorit kalian melalui tape mobil. Karena Adam punya selera musik yang non-pop, biasanya sulit cari channel radio yang lagu-lagunya pas buat dia. Makanya dia lebih sering pasang koleksi lagu pribadi yang ada di handphone-nya dengan cara menghubungkan dengan kabel USB.

Ngopi dan rehat dulu kalau capek

Ngopi dan rehat dulu kalau capek

8. Anti lelah

Sebelum memulai perjalanan road trip ribuan kilometer dari Darwin ke Melbourne, Adam sudah wanti-wanti kalau saya harus bersedia gantian menyetir waktu dia capek. Ujung-ujungnya saya cuma sempat menyetir 1 kali selama 1.5 jam di jalanan lurus terpanjang di Australia (146.6 km). Triknya adalah dengan beberapa kali berhenti saat kaki sudah lelah menginjak gas dan rem (serta kopling kalau mobilnya manual) dan jalan-jalan kecil meluruskan kaki selama beberapa menit. Sambil berhenti bisa juga sambil rehat minum kopi dulu untuk menyegarkan mata dan pikiran.

9. Anti resiko kecelakaan

Kecelakaan saat mudik? Amit-amit deh. *ketuk kayu 3x* Siapa pun pasti tidak mau mengalami kecelakaan dalam perjalanan. Namun tidak ada salahnya untuk melindungi diri dari kecelakaan dengan membeli asuransi kecelakaan seperti Asuransi Bebas Aksi yang ditawarkan oleh iFWD Liberate dari FWD Life Indonesia.
Keunggulan-keunggulan Bebas Aksi dari iFWD Liberate ini di antaranya mengcover hampir semua jenis kecelakaan (kecuali yg melanggar hukum dan mencelakakan diri sendiri), premi mulai dari Rp 50.000,- saja dan transaksi online yang cepat diproses dalam hitungan menit. Saat ini sedang ada promo lebaran, jika kamu beli asuransi Bebas Aksi selama periode 15-31 Juli, Gratis Voucher Belanja @ Rp 250,000 untuk 50 orang pertama. Informasi selengkapnya bisa didapat di website ini.

Patuhi aturan lalu lintas yang berlaku

Patuhi aturan lalu lintas yang berlaku

10. Anti Langgar Lalin

Semua orang pasti ingin selamat sampai ke tujuan mudiknya, oleh karena itu tips mudik aman yang terakhir sangat membutuhkan kerjasama dari seluruh pengguna jalan. Patuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Jangan karena melihat jalanan kosong maka menerobos lampu merah atau malah ambil jalur yang melawan arus. Lebih baik berhati-hati daripada mendapatkan hal yang tidak diinginkan. Kembali ke pepatah Jawa, alon-alon asal kelakon!

Selamat menikmati mudik, hati-hati di jalan dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan selama perjalanan mudik! 🙂

 

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply