Tips Pilih Hotel Sesuai Gaya Kamu

By May 2, 2016Miscellaneous
Pilih Hotel Sesuai Gaya Kamu

Kami banyak sekali mendapat pertanyaan “hotel yang recommended di xxx (isi dengan nama kota baik di Indonesia maupun di luar negeri) yang mana ya?”. Bahkan bukan cuma nama hotel, tipe akomodasi pun selalu dipertanyakan lebih bagus yang mana. Lebih baik hotel, hostel atau AirBnB? Sebenarnya semuanya itu kembali lagi kepada gaya traveling kamu. Karena beda gaya tentu beda pula pilihan akomodasinya.

Buat yang masih muda (haduh….merasa udah uzuur nih) mungkin senang kalau menginap di hostel karena selain lebih murah juga bisa ketemu pejalan lain dan dapat teman baru. Buat kami yang sudah lewat masa-masa dorm bed lebih memilih private room karena….ya lebih privat. Kalau dihadapkan pada pilihan hotel atau airbnb, pertimbangannya adalah apakah perlu fasilitas seperti memasak, cuci baju, dll. Tapi buat kamu yang mengutamakan kepraktisan, hotel bisa jadi jawaban kebutuhan liburan kamu.Hotel Neo Cirebon kamar

Dari pengalaman kami, berikut ini tips memilih akomodasi yang sesuai dengan gaya liburan:

1. Tentukan gaya traveling kamu

Gaya traveling bisa berubah sesuai situasi dan kondisi. Misal: saat mau liburan bulan madu kebanyakan ingin yang mewah atau setidaknya lebih mewah dari biasanya. Bisa juga yang biasanya backpacking saat ada urusan bisnis tentunya tidak perlu cari budget hotel.

2. Tentukan prioritas kamu dalam memilih fasilitas

Prioritas orang berbeda-beda. Untuk Adam misalnya, dia ga keberatan menginap di kamar yang tidak ada AC yang penting ada hot shower dan bukan WC jongkok. Untuk keluarga ada yang memilih kamar ber-AC supaya anak-anak lebih merasa nyaman, atau cari hotel yang punya playground atau kolam renang supaya anak-anak ada ruang gerak dan tidak cepat bosan.

3. Harga vs kualitas

Ada harga ada barang, biasanya demikian. Tapi dalam urusan mencari akomodasi ini kadang kalau jeli bisa mendapatkan yang punya value for money yang bagus. Ini yang selalu jadi pertimbangan saat kami memilih hotel. Intinya kami tidak serta merta mencari hotel yang paling murah atau yang paling mahal. Namun kami banding-bandingkan dulu apa saja yang ditawarkan oleh hotel satu dan dibandingkan dengan hotel pilihan lainnya. Misal: hotel A harganya sedikit lebih mahal tapi sudah termasuk sarapan pagi buffet. Atau hotel B lebih murah tapi lokasinya jauh dari pusat kota. Ga masalah kalau transportasi umumnya murah dan mudah.

4. Cek review dari tamu sebelumnya

Meskipun kadang ada review palsu, setidaknya semakin banyak review akan semakin banyak gambaran tentang hotel tersebut. Lagi-lagi prioritas orang berbeda-beda, tidak perlu semuanya jadi pertimbangan. Ada yang misalnya mengeluh kalau lokasinya hotel di pinggir jalan sehingga agak berisik. Namun untuk orang yang gampang tidur dan tidak mudah terganggu oleh suara-suara, itu tidak masalah.

5. Pastikan tidak ada biaya tersembunyi yang harus dibayar.

Baca dengan teliti rincian biaya sebelum membayar karena kadang jika baru tahap browsing, rate yang ditampilkan tidak sama dengan nilai akhir yang harus dibayar.Kategori favorit di Mister Aladin

Bicara soal perbedaan gaya liburan, kini ini ada sebuah layanan pemesanan hotel yang berusaha mengakomodir kebutuhan yang berbeda tersebut. Mister Aladin hadir dengan fitur ‘Choose Your Mood’ atau ‘Pilih Mood Kamu’ dan menawarkan 6 kategori: Budget, Family Getaway, Bali Villas, HIP, Lux, dan Weekend Getaway. Hotel-hotel di tiap kategori dipilih langsung oleh tim Mister Aladin berdasarkan fasilitas, harga, dan konsep hotel.


Jika pada OTA lain biasanya kita harus membandingkan satu persatu dari ribuan pilihan hotel yang ada secara umum, di MisterAladin.com kita hanya perlu masuk ke dalam kategori yang sesuai dengan gaya liburan kita untuk melihat beragam pilihan hotel yang semuanya sudah dapat memenuhi kebutuhan liburan kita. Fitur ini tentunya membantu kita dalam menghemat waktu. Contohnya, hotel-hotel yang termasuk dalam kategori Family Getaway pastinya memiliki fasilitas yang ramah keluarga, seperti taman bermain anak dengan berbagai aktivitas/permainan, layanan babysitting, hingga family room yang dapat mengakomodasi seluruh keluarga.

Salah satu kategori terpopuler di Mister Aladin adalah Budget. Kategori ini memuat pilihan hotel berkualitas dengan harga terjangkau di beragam destinasi populer di seluruh Asia. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100ribuan per malam. Bahkan, di Singapura yang terkenal mahal, kita bisa menemukan hotel nyaman mulai Rp 400ribuan di lokasi yang strategis. Wah…boleh juga tuh. Tidak perlu pakai AirBnB, dengan mood Budget ini kita bisa mendapatkan hotel dengan fasilitas lengkap dengan harga yang super hemat!Pilihan Hotel Budget di Bandung

Contoh lainnya, buat yang suka liburan ke Bali dengan budget yang tidak terlalu besar namun ingin menikmati fasilitas premium bisa ubek-ubek kategori Bali Villas. Di kategori tersebut ada range harga villa di bawah Rp 1.500.000,-, antara 1.5-3 juta, hingga yang di atas 3 juta. Harganya masih terjangkau tapi punya falilitas layaknya hotel bintang lima. Jadi kata siapa budget traveler ga bisa liburan mewah? 🙂

Berkaitan dengan tip no 5 dari kami, untungnya di Mister Aladin ini tidak ada biaya tersembunyi. Untuk urusan pembayaran, tidak usah khawatir karena tidak seperti OTA lain yang mengharuskan pemesan memiliki kartu kredit, Mister Aladin memiliki beragam metode pembayaran mulai dari bank transfer, e-banking (BCA, Mandiri, CIMB), hingga menggunakan kartu kredit dengan cicilan 0% untuk 3 dan 6 bulan. Selain praktis, pilihannya juga cukup fleksibel.

Hingga kini, Mister Aladin sudah memiliki koleksi puluhan ribu hotel yang tersebar di seluruh Indonesia, Asia, Australia, dan masih terus bertambah dengan cepat hingga ke depannya nanti. Sayangnya kami saat ini masih ada di area yang belum terjangkau oleh Mister Aladin. Tapi nanti saat kami di Australia beberapa bulan lagi mau coba booking lewat Mister Aladin ah.

Penasaran dengan Mister Aladin ini? Langsung aja deh kunjungi http://www.misteraladin.com atau follow mereka di social media: Facebook, Twitter dan Instagram.

Leave a Reply