Transportasi di Chiang Mai

Tuk-tuk in Chiang Mai

Transportasi dari Bandara Chiang Mai ke Kota

Setelah sampai di bandara Chiang Mai, kamu akan menemukan beberapa konter tiket taxi. Ongkos standar dari bandara Chiang Mai ke Old City 160B, 180B kalau mau ke daerah Nimman. Tinggal beli tiket dari konter taxi dan tunggu di depan terminal kedatangan. Taxi adalah cara yang paling aman, nyaman dan cepat untuk menuju ke kota dari bandara

Untuk yang traveling hemat sekali, bisa juga jalan kaki ke luar bandara dan cari songthaew — ongkos sekitar 50B per orang ke Old City.

Transportasi dalam kota Chiang Mai dan sekitarnya

Jika kamu menginap di area Old City dan tidak berencana untuk mengeksplor lebih jauh selama kamu di Chiang Mai, sebenarnya kamu tidak perlu naik angkutan umum selain taksi dari/ke bandara. Jika kamu berencana menjelajahi Chiang Mai lebih jauh, ada 3 pilihan yang tersedia: songthaew (van berwarna merah), tuk-tuk (seperti bentor) dan sewa transport sendiri (sepeda, sepeda motor atau mobil).


Songthaew agak mirip angkot di Indonesia, bedanya mereka tidak punya rute tetap. Artinya kamu bisa menyetop songthaew di mana saja dan minta mereka mengantar kamu ke tujuan yang kamu mau. Kalau songthaew tersebut memang menuju ke arah sana, mereka akan mengiyakan. Namun kalau tidak sejalan, mereka akan menolak. Karena ini kombinasi antara angkot dan taksi, jangan marah kalau mereka mengantar penumpang lain dulu saat mengantar kamu. Jadi siapkan waktu lebih kalau mau naek songthaew, apalagi kalau menuju bandara, jangan terlalu mepet waktunya. Kisaran tarif songthaew (bisa ditawar):

  • Dalam Old City – 20B/orang
  • Old City – Nimman – 25B/orang
  • Old City – Airport – 50B/orang

Songthaew Chiang MaiTuk-tuk adalah moda transportasi yang menyenangkan untuk dicoba di Thailand, tapi biasanya tarifnya lebih mahal daripada songthaew. Biasanya mereka tidak mau jalan kalau tarifnya lebih rendah dari 80 Baht dan mereka seringkali minta tarif lebih tinggi dari yang seharusnya, tergantung lokasi yang kamu tuju. Untuk tujuan di dalam Old City, seharusnya tarif tuk-tuk tidak lebih dari 100 Baht (untuk 1 tuk-tuk, bukan per orang). Namun kadang jika bepergian dalam kelompok kecil, naik tuk-tuk bisa lebih murah dibanding songthaew yang bayar ongkosnya per orang.

Sepeda mudah sekali disewa dari banyak sekali penyewaan sepeda di Old City ataupun di area Nimman. Tarif sewa kurang lebih 100 Baht per hari.

Sepeda motor juga bisa disewa dari berbagai lokasi di seluruh penjuru kota. Tempat sewa motor favorit kami saat ini adalah Bikky yang tarifnya 250B per hari. Mereka juga punya tarif bulanan yang jauh lebih murah, bisa 3000B untuk 1 bulan. Untuk syarat penyewaan mereka biasanya menawarkan 2 pilihan: menahan paspor asli kamu sampai motor dikembalikan, atau menyimpan deposit uang sejumlah 3000B. Secara hukum, untuk mengendarai motor dibutuhkan SIM, setidaknya punya SIM Indonesia, tidak perlu SIM internasional. Tapi biasanya polisi jarang memeriksa dan jarang cari masalah dengan turis-turis — asal kamu tidak melanggar rambu-rambu atau aturan lalu lintas yang berlaku 😉

Transportasi menuju dan keluar Chiang Mai

Kebanyakan orang biasanya memilih untuk tiba di Chiang Mai dengan menggunakan pesawat karena cepat, mudah dan yang paling penting, bisa sangat murah kalau sedang ada tiket promo.

Transportasi dari Bangkok ke Chiang Mai gampang. Tiket pesawat domestik dari Bangkok kadang bisa lebih murah dibandingkan tiket bis atau kereta malam. Namun bis di Thailand juga sangat nyaman. Dari Bangkok berangkat dari terminal Mo Chit harganya sekitar 500B. Kereta juga bisa jadi pilihan lain, namun biasanya lebih mahal dibanding bis. Harga tiket kereta dari dan ke Bangkok biasanya sekitar 900B.

Dari Chiang Mai juga bisa naik bis ke beberapa jurusan kota-kota lain yang ada di Thailand. Bis-bis di Chiang Mai berangkat dari Arcade Bus Terminal yang ada di ujung timur Kaew Nawarat Road (lihat peta). Kisaran harga tiket bis di antaranya:

  • Pai – berangkat secara reguler, harga mulai 300B (untuk ke Pai juga ada shuttle bis untuk turis yang bisa di-booking dari berbagai travel agent di Old City).
  • Chiang Rai – berangkat setiap 15 menit, harga mulai 132 B.
  • Bangkok – berangkat secara reguler, harga mulai 500B.
  • Chiang Kong (Laos) – berangkat secara reguler di pagi hari (semakin siang semakin jarang), harga mulai 270B.

Leave a Reply