3 Wisata Alam (plus Selfie Spot) yang lagi Hits di Jogja

By December 16, 2017Indonesia
Bukit Mojo Gumelem Spot

Belakangan ini tempat wisata yang populer biasanya harus memenuhi syarat sebagai ‘instagrammable places’. Seiring dengan digandrunginya tempat-tempat yang cakep untuk difoto, hal ini membuka peluang bagi pihak-pihak yang kreatif untuk menciptakan tempat seperti itu. Wabah ‘photoable spot’ ini rupanya meyebar juga di Jogja, khususnya di area Dlingo, Bantul. Di sana ada banyak bukit dan lembah yang kalau dipermak sedikit akan mudah aksesnya bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam sambil berfoto.

Dalam kunjungan kami ke Yogyakarta bulan Agustus 2017 lalu, kami pun penasaran dengan spot-spot wisata alam (plus selfie spot) yang lagi hits tersebut. Awalnya kami terlalu ambisius pengin mampir ke hampir semua spot yang ada, karena ternyata di daerah Dlingo tersebut ada banyak spot yang cukup berdekatan. Namun karena pengaruh cahaya matahari yang cuma bagus untuk foto kalau belum terlalu tinggi, akhirnya kami cuma berhasil mengunjungi 3 spot dalam 1 pagi. Berikut ini kami bagikan infonya berikut cara menuju ke masing-masing spot.Puncak Becici Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung

Kalau dilihat di peta, Bukit Panguk Kediwung ini spot paling ujung yang ada di area lembah Dlingo ini. Rencananya kami sengaja ke spot paling ujung dulu, kemudian baliknya nanti mampir satu-satu ke tempat lain. Tapi menurut kami, agak mirip viewnya, jadinya kami skip saja. Masuk area parkir Bukit Panguk Kediwung, motor akan ditagih Rp2.000 dan tiket masuk Rp2.500/orang. Dari sana jalan sedikit sudah sampai ke bibir tebing yang punya pemandangan cukup luas.Bukit Panguk KediwungDi bibir tebing sudah dibangun beberapa platform berbahan bambu yang pastinya bagus buat foto. Waktu itu kami tiba di sana pas beberapa menit sebelum matahari terbit. Jadinya sempat dapat foto matahari bulat warna jingga nongol dari balik bukit dan awan di seberang lembah.

Untuk berfoto di platform, bayar lagi Rp3.000/spot/orang dan dikasih waktu 3 menit. Ya maksudnya sih supaya giliran sama yang lain. Tapi kalau tidak sedang ramai sih kayaknya ga terlalu strict. Di pinggiran platform ada ibu-ibu yang mengawasi dan menagih uang foto, bagus juga sih, biar ga berantem rebutan spot. Katanya sih kalau weekend bisa panjang antriannya. Untungnya waktu kemarin kami di sana cuma ada 1-2 orang yang mau foto, jadinya lumayan santai foto-fotonya.Sunrise Bukit Panguk KediwungCara menuju Bukit Panguk Kediwung: Dari Yogyakarta kota, ambil jalan menuju Imogiri. Bisa lewat Jalan Imogiri Barat atau Jalan Imogiri Timur. Dari sana ambil Jalan Imogiri-Dlingo, kemudian belok kanan di Perempatan Kebun Buah Mangunan. Terus ikuti jalan itu melewati Jurang Tembelan Kanigoro di sebelah kanan jalan. Kalau sudah dekat nanti ada petunjuk jalannya koq.

Bukit Mojo Gumelem

Dari Bukit Panguk Kediwung, kami geser sedikit ke Bukit Mojo Gumelem. Dilihat dari peta ada jalan pintas dari spot Bukit Panguk Kediwung ke Bukit Mojo Gumelem, tapi kata warga lokal jalanannya jelek, jadi lebih baik balik lagi lewat jalanan utama kemudian belok kiri ke jalanan kecil (ada papan petunjuknya).Gerbang Bukit Mojo GumelemSampai Bukit Mojo Gumelem, eh koq sepi? Ga ada pengunjung sama sekali. Rupanya katanya spot ini bagusnya saat sunset. Makanya tidak banyak yang ke sana pagi-pagi. Howalah….ya udah gak apa-apa deh. Mumpung udah sampe sana, kami masuk aja buat liat-liat. Parkir motor Rp2.000 dan tiket masuk Rp2.500/orang.Bukit Mojo GumelemTernyata di dalamnya ada banyak sekali platform untuk foto dengan berbagai bentuk. Ada yang bentuk kapal, sarang burung, bunga, sepeda, dll. Sama seperti di Bukit Panguk Kediwung, di sini juga ada ibu-ibu yang kemungkinan tugasnya bersih-bersih sekaligus nagih uang foto. Ga semua platform harus bayar, berdasarkan tulisan di papan sih untuk sarang burung dan bunga tiketnya Rp3.000/orang, sisanya gratis. Karena waktu itu ga ada pengunjung lain, kami santai aja ambil fotonya. Tapi kata ibu-ibu itu kalau lagi rame sih dikasih batas waktu biar bisa giliran.Spot Foto Di Bukit Mojo GumelemCara menuju Bukit Mojo Gumelem:┬áSama dengan cara menuju ke Bukit Panguk Kediwung, namun tidak lama setelah melewati Jurang Tembelan Kanigoro di sebelah kanan jalan, belok lagi ke jalanan kecil di sebelah kanan (ada papan petunjuk). Pokoknya kalau sampai di Bukit Panguk Kediwung berarti sudah kelewat belokannya.

Puncak Becici (Becici Peak)

Karena lokasinya masih di area yang sama, kami pikir view dari beberapa spot di Dlingo agak mirip. Oleh karena itu kami langsung saja pindah ke daerah hutan pinus Asri. Dalam perjalanan ke Puncak Becici rupanya di sepanjang jalan ada banyak area hutan pinus yang semuanya menawarkan wisata foto-foto. Bahkan kami dipanggil-panggil supaya berhenti dan parkir di salah satu spot hutan pinus. Tapi kami sudah membulatkan tekad mau ke area hutan pinus yang paling atas.Gerbang Puncak BeciciMasuk Puncak Becici Peak tiket masuknya Rp2.500/orang dan parkir motor Rp2.000. Dari tempat parkir pengunjung masih harus nanjak lagi melewati deretan pohon-pohon pinus. Di sana sudah bagus untuk foto-foto. Tapi kalau jalan terus sampai atas, di sana ada beberapa platform tinggi dengan pemandangan lembah yang terhampar luas. Tidak ada petugas yang mengawasi namun ada kotak donasi di masing-masing platform.Puncak BeciciCara menuju Puncak Becici: Dari Yogyakarta kota, ambil Jalan Imogiri Barat atauJalan Imogiri Timur – Jalan Pleret – Jalan Segoroyoso – Jalan Pleret-Pathuk – Belok kanan di perempatan Jalan Imogiri-Dlingo dengan Jalan Pleret-Pathuk, ikuti jalan hingga ketemu pintu masuk Becici Peak di sebelah kanan.

Kalau sudah dari area Dlingo mau ke Puncak Becici, tinggal balik ke Perempatan Kebun Buah Mangunan kemudian masuk Jalan Hutan Pinus Nganjir melewati area hutan pinus hingga ketemu pintu masuk Puncak Becici di sebelah kiri.Hutan Pinus Puncak BeciciDari ketiga spot tersebut, kami pikir Puncak Becici lebih banyak spot fotonya karena ada pemandangan lembah plus hutan pinus. Tapi ketiga spot tersebut pemandangannya cantik banget koq. Kalau kamu, spot mana yang paling kamu suka pemandangannya?

 

Leave a Reply