Situ Bagendit: Lokasi sunset asyik di Garut

Situ Bagendit, Garut rakit banyak

Masih ingat cerita rakyat dari Jawa Barat mengenai Legenda Situ Bagendit? Itu loh, tentang seorang perempuan kaya namun kikir yang akhirnya dihukum dengan ditenggelamkan beserta semua hartanya. Perempuan tersebut bernama Nyai Endit dan danau yang dipercaya merupakan hasil hukuman tersebut diberi nama Situ (=Danau) Bagendit. Nah, kalau kamu main-main ke Garut, bisa mampir ke lokasi legenda rakyat Jawa Barat ini.Situ Bagendit, Garut memancing

Ada Apa di Situ Bagendit?

Dari namanya sudah jelas kalau Situ Bagendit adalah sebuah danau. Menurut bapak pengayuh rakit, dulunya Situ Bagendit lebih ramai dikunjungi oleh turis, khususnya turis asing. Namun sejak tahun 1999 katanya jumlah turis asing menurun drastis dibandingkan turis asing yang mengunjungi Situ Cangkuang. Kami menduga sejak diberlakukannya peraturan VOA (Visa On Arrival) hanya diberikan untuk 30 hari, turis jadi punya waktu yang sangat terbatas dalam menjelajahi Indonesia. Banyak tempat yang dulunya ramai dikunjungi turis asing kini sepi.Situ Bagendit, Garut rakit supirAnyway, di Situ Bagendit ini aktivitas yang paling cocok adalah menjelajahi danau, bisa dengan menyewa sepeda air (baca: bebek-bebekan) atau dengan menyewa getek (rakit panjang). Kami kemarin akhirnya tergoda untuk sewa getek karena suasananya asyik dan adem banget menjelang sunset. Rakitnya cukup panjang dan dibagian tengahnya dibangun tempat duduk dan meja serta memiliki atap supaya tidak kehujanan. Rakitnya digerakkan dengan mendorong tongkat panjang ke dasar danau. Kata bapak pengayuh rakit biasanya kalau hari biasa sih memang sepi danaunya, tapi di akhir pekan cukup ramai pengunjungnya.Situ Bagendit, Garut bebekUniknya, di tengah danau ada beberapa warung kecil yang dibangun di atas rakit. Mereka hanya buka weekend, saat pengunjungnya ramai. Jadi rakit-rakit yang kita naiki bisa berhenti dan parkir sebentar sementara kita jalan-jalan kecil di warung di tengah danau. Seru kan?

Di beberapa titik di tengah danau ada rakit kecil yang digunakan oleh para pemancing ikan. Unik juga cara memancingnya menggunakan jala raksasa yang dinaik-turunkan dengan alat yang terbuat dari bambu. Menurut bapak pengayuh rakit, sekarang ikan-ikannya tidak terlalu besar karena sudah terlalu banyak yang mengambil ikan di sana sehingga belum sempat besar sudah ditangkap.Situ Bagendit, Garut rakitOverall, meskipun di Situ Bagendit tidak terlalu banyak fasilitas dan aktivitas yang tersedia, tapi lumayan lah untuk menghabiskan sore hari santai-santai. Jadi, sekarang sudah tahu kan harus ke mana untuk menikmati sunset di Garut?

Situ Bagendit
Jalan Kyai H. Hasan Arif, Banyuresmi
Jam buka: 06:00 – 18:00
Tiket masuk Dewasa/Anak: Rp3.000/2.000
Parkir Mobil/Motor: Rp7.000/5.000
Sewa bebek-bebekan: Rp20.000
Sewa getek (rakit): Rp40.000

Join the discussion One Comment

Leave a Reply