1 Hari Itinerary Liburan di Cairns

1 Hari Itinerary Di Cairns

Cairns memang bukan tujuan populer buat para wisatawan Indonesia di Australia, tapi sebenernya Cairns lumayan populer di kalangan backpacker Barat. Kenapa? Karena Cairns ini cuacanya tropis dan pemandangannya pun kombinasi mantap hutan tropis lebat dan pesisir pantai panjang berpasir putih. Maklum, bule-bule Eropa suka banget matahari, dan di Cairns ini pun travelingnya bisa murah kalau sewa mobil sambil camping gratis di spot-spot cakep.

Kalau sebelumnya kami sudah pernah menuliskan tentang Rainforestation Nature Park Kuranda yang memang lokasinya tidak jauh dari Cairns. Kali ini kami mau nambahin lagi opsi atraksi wisata di sekitar Cairns. Siapa tau ada yang berminat ke Cairns, khususnya para pejuang WHV (Working Holiday Visa) yang sedang mencari sesuap berlian di Australia. (Pssttt…peluang kerja di sekitar Cairns lumayan bagus juga loh, karena ada banyak holiday resort yang ga nolak pekerja casual).Kemarin kami mengisi waktu hampir seharian untuk menjelajahi sebagian hutan hujan di dekat Cairns. Ada 2 atraksi wisata yang seru di sana, yaitu naik cable car dan naik kereta wisata melewati lebatnya hutan hujan. Kedua atraksi wisata ini dikelola oleh 2 perusahaan yang berbeda, tapi bisa digabungkan sehingga jadi 1 hari itinerary. Jadi kami naik ke Kuranda pakai cable car, dari Kuranda turunnya naik kereta. Kalau mau PP di masing-masing cable car ataupun kereta juga bisa, tapi berarti makan waktu lebih lama dan yang pasti biayanya juga double.Cable Car Di Cairns

Skyrail Rainforest Cableway

Atraksi ini berupa cable car yang menghubungkan Stasiun Smithfield di dekat Cairns dengan desa kecil Kuranda di atas bukit. Sebenarnya Kuranda sendiri bisa dikunjungi dengan menggunakan bis ataupun sewa mobil. Tapi tentunya naik cable car lebih seru karena bisa menikmati pemandangan hutan hijau dari atas dan laut biru sekaligus.

Total perjalanan sekali jalan memakan waktu sekitar 1.5 jam dengan sudah memperhitungkan waktu di 2 stop sebelum Kuranda. Jadi, sebelum tiba di tujuan akhir Kuranda, ada 2 stop di mana penumpang bisa turun/naik. Yang pertama adalah Red Peak Station. Di sana kita bisa jalan-jalan cantik di boardwalk yang melewati beberapa tumbuhan khas hutan hujan dan pemandangan luas di salah satu viewpoint-nya.Skyrail Rainforest CablewayStop ke-2 adalah Barron Falls Station. Lebih seru karena areanya lebih luas. Bisa jalan ke beberapa view point untuk melihat air terjun Barron Falls dan Barron Gorge yang besarnya luarrrrr biasa. Sayangnya kemarin waktu ke sana sedang musim dingin sehingga airnya tidak terlalu banyak. Kalau lagi musim hujan debit airnya bisa tinggi sekali. Tak heran Barron Falls ini hingga saat ini masih aktif dipakai untuk PLTA. Selain pemandangan alam, di stop ini juga ada Interpretation Centre yang secara interaktif menjelaskan seluk beluk terciptanya dan berlangsungnya ekosistem hujan hujan.Skyrail Rainforest Cableway ini bukan sekedar cable car tapi juga menawarkan experience secara menyeluruh menikmati hutan hujan yang biasanya sulit dirasakan oleh orang awam. Sepanjang perjalanan dari bawah sampai atas, bahkan dari tower ke tower memberikan pemandangan yang beragam dan tidak membosankan. Kalau mau lebih seru lagi, upgrade ke Diamond View Gondola. Dengan gondola tersebut, kita bisa menikmati pemandangan di bawah kaki kita karena lantainya bening. (PS: jangan ambil gondola ini kalau kamu takut ketinggian….hehe)Diamond View Gondola

Tips: Jangan kaget atau khawatir saat gondola melambat atau berhenti karena kadang mereka sengaja melambatkan atau kalau perlu berhenti untuk membantu penumpang yang menggunakan kursi roda. 

Kuranda Village

Jujur desa ini menarik banget. Main area-nya memang terasa turistik banget karena semua toko-toko dan restoran di sini targetnya turis. Sepanjang jalan di kiri kanan ada banyak toko souvenir, boutique, hingga tempat makan. Bangunan-bangunannya sangat rapi dan banyak yang dicat warna cerah, tembok-tembok pun tak luput dari mural bernuansa Australia dan budaya khas Aborigin.

Sebagian makanan di jalanan utama agak mahal, tapi kami sempat masuk ke area food court dan di sana kami menemukan penjual sosis asli dari Jerman yang menyajikan sosis bakar lengkap dengan sauerkraut (kol asam khas Jerman) dengan harga $7.50 (kebanyakan makanan lain di sana di atas $10).Makanan Jerman Di KurandaKemarin kami cuma waktu sekitar 1 jam di Kuranda Village karena sudah pegang tiket Kuranda Scenic Railway dari stasiun di Kuranda. Kayaknya salah kami karena agak kelamaan di 2 stop sebelumnya. Kami pikir ga terlalu banyak yang bisa diliat di Kuranda Village jadinya santai-santai. Ternyata ada banyak atraksi wisata di Kuranda Village seperti: Australian Butterfly Sanctuary, Birdworld Kuranda, Kuranda Koala Gardens, dll.Salah satu tempat menarik lainnya adalah Kuranda Rainforest Markets yang isinya banyak kios-kios makanan dari berbagai negara (penjualnya asli orang sana), seperti Turkish food, French food, bahkan ada makanan Indonesia (cuma liat papan petunjuknya, tapi ga nemu kiosnya). Menyusuri gang-gangnya sangat seru karena masing-masing kios sangat berkarakter dan bernuansa hipppie. Sayangnya karena waktu kami terbatas, jadinya kami agak ngebut di sana supaya ga telat naik keretanya.

Tips: siapkan waktu 1.5 – 2 jam kalau mau santai explore Kuranda Village. Apalagi kalau mau masuk ke salah satu / beberapa atraksi wisatanya. 


Kuranda Scenic Railway

Setelah puas keliling-keliling Kuranda Village, kami naik Kuranda Scenic Railway yang jalurnya berliku-liku melewati lebatnya hutan hujan di mana sebagian areanya termasuk dalam Barron Gorge National Park yang tercatat sebagai salah satu World Heritage List di tahun 1988. Dulunya jalur kereta ini dibuat untuk membantu supply di area-area yang sulit terjangkau. Stasiun Kuranda yang masih beroperasi hingga saat ini rupanya dibuka tahun 1915.Begitu masuk gerbong kereta Kuranda Scenic Railway ini terasa banget suasana kuno jaman dulu. Gerbongnya sangat lebar dan cuma ada 1 kursi panjang di tiap barisnya. Interiornya didominasi dengan bahan kayu dan didekorasi dengan foto-foto hitam putih tentang pembangunan jalur kereta ini. Kemarin kami ambil yang Heritage Class berupa gerbong standar. Kalau mau lebih mewah lagi bisa ambil yang Gold Class, kemungkinan tempat duduknya lebih nyaman dan ada welcome drink.


Perjalanan kereta memakan waktu hampir 2 jam dengan melewati beberapa spot menarik di antaranya Barron Falls Station, Glacier Rock & Red Bluff & Stoney Creek Falls. Bahkan dikasih waktu 10 menit untuk berhenti di Barron Falls dan turun ke viewing platform untuk melihat Barron Falls dari sisi yang berbeda dengan yang di stasiun Skyrail.Interior Kuranda Scenic RailwaySepanjang jalan ada audio yang menjelaskan mengenai sejarah dan fakta di masing-masing spot. Bahkan ada spot yang sebelumnya udah dikasih warning lewat pengeras suara “Siap-siap, bagi penikmat fotografi sebentar lagi di depan sana ada spot ca’em buat moto seluruh rangkaian kereta karena posisi rel berbelok melingkar.” — ya kurang lebih begitu lah intinya 😉 Seriusan! No joke!

Setelah 1 jam 55 menit, kereta berhenti di Stasiun Freshwater. Karena agak sulit tranportasi umumnya, sebagian besar penumpang kereta yang turun di sana sudah booking shuttle bus untuk kembali ke Stasiun Smithfield di mana mereka memarkir kendaraannya. Masih ingat kalau sebelumnya kita parkir di Smithfield untuk naik Skyrail (cable car)? Nah…untuk balik ke sana dari Freshwater ada shuttle bus, harganya $9.50 per orang. Tapi sebaiknya pesan dulu saat beli tiket karena mereka cuma jemput orang yang namanya sudah tercantum. Kayaknya kalau go-show agak repot karena Freshwater itu stasiun yang keciiilll banget. Ga ada transportasi umum di sekitarnya.

Note: kalau kamu stay di Cairns, kereta ini berhentinya di Stasiun Cairns. Jadi mungkin bisa langsung turun di Cairns saja. 

Informasi lain-lain

Kemarin ini kami tiba di Stasiun Smithfield sekitar jam 11 siang dan balik lagi ke sana sekitar jam 4 sore. Lumayan kan buat ngisi 1 hari kamu di Cairns. Kalau mau digeser-geser jamnya juga bisa koq, paling cocokin aja sama jadwal kereta karena keretanya cuma jalan 4x sehari. Jadi mending cocokin sama kereta soalnya kalo cable car sih non-stop jalannya selama masih operating hour. Cek jadwal kereta di sini.

Kalau ga mau repot, langsung aja beli paket kombinasi Skyrail dan Scenic Railway plus shuttle bus-nya. Paket bisa dipesan online baik dari website Skyrail maupun Scenic Railway di bawah ini, atau beli langsung ke salah satu loket tiketnya.Beli Tiket Skyrail

Skyrail Rainforest Cableway
Harga tiket dewasa:
$51 (one way), $77 (PP)
Harga tiket anak-anak: $25.50 (one way), $38.50 (PP)
Jam buka: setiap hari 09:00 – 17:15
www.skyrail.com.au

Kuranda Scenic Railway
Harga tiket dewasa Heritage Class: $50 (one way), $76 (PP)
Harga tiket anak-anak Heritage Class: $25 (one way), $38 (PP)
www.ksr.com.au

Leave a Reply