Cara Sewa Mobil Murah untuk Road Trip di Iceland

By January 30, 2017Iceland
Sewa Mobil Di Iceland

Sebelum menjalani trip ke Iceland, kami bertanya-tanya berapa kira-kira biayanya untuk sewa mobil di Iceland. Kami dengar harganya mahal dan sewa mobil saat musim dingin bisa berbahaya (karena kondisi jalannya). Salah! Sewa mobil di Iceland bisa murah dan tidak berbahaya kalau mengikuti tips penting berikut ini. Jangan lupa baca juga postingan kami tentang Road Trip Keliling Iceland: Informasi Praktis & Itinerary dan Tips Mengejar Aurora Borealis di Iceland.

Sewa Mobil dari mana?

Memutuskan mau sewa mobil dari perusahaan sewa mobil yang mana adalah hal yang cukup rumit. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan: lokasi pickup/dropoff, berapa banyak free miles yang diberikan dan harga sewa harian.Sewa Mobil Di Bandara Keflavik Iceland

Lokasi Pickup/Dropoff

Awalnya kami berencana untuk mengambil mobil sewaan kami di pusat kota Reykjavik, bukan dari bandara yang jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota. Namun kami berubah pikiran dan memutuskan untuk mengambil mobil sewaan dan mengembalikannya di bandara. Alasannya ada 2. Yang pertama, harga sewa harian yang ditawarkan lebih murah kalau diambil dari bandara.

Yang kedua, ongkos bis dari bandara ke pusat kota sangat mahal. Kalau dihitung setara dengan 2.5 hari biaya sewa mobil. Jadinya, dengan menyewa mobil dari bandara kami masih menghemat uang bahkan meskipun di kota nantinya kami tidak butuh menggunakan mobil selama 2 hari pertama (karena kotanya cukup kecil, bisa dijelajahi dengan jalan kaki). Tip: Pertimbangkan harga bis bandara dari/ke Reykjavik sebelum memutuskan sewa mobil. Cek harga bis melalui website Flybus di sini.Ambil Mobil Di Bandara Iceland

Berapa banyak Free Miles yang diberikan?

Mobil sewaan di Iceland biasanya punya batas maksimal jarak yang bisa dijalankan dengan kendaraan tersebut sebelum kena penalti. Penaltinya cukup ketat sehingga kalau kamu memang merencanakan untuk mengendarai mobil dengan jarak cukup jauh, misalnya mengelilingi seluruh pulau, maka sebaiknya kamu jangan menyewa mobil yang tidak punya ‘unlimited miles’. Pastikan cek dulu aspek ini sebelum menyewa mobil.

Harga sewa harian

Kami melakukan banyak riset tentang perusahaan sewa mobil supaya bisa mendapatkan harga yang bagus untuk sewa mobil. Kami pikir sekitar €300 untuk 7 hari sewa mobil sudah bagus. Namun ternyata kami menemukan sebuah agen sewa mobil bernama Holiday Autos.

Sebelumnya kami belum pernah dengar nama ini, tapi harga yang ditawarkan di sini sangat murah. Intinya mereka kasih harga murah yang mengalahkan semua perusahaan sewa mobil di Iceland yang kami lihat. Mereka menawarkan untuk sewa mobil Hertz selama 7 days hanya dengan €166!! ($186/Rp2.378.000) Di luar itu, kami juga dapat unlimited miles.Unlimited Miles Sewa Mobil Di IcelandBeruntungnya lagi, waktu kami mau ambil mobil di bandara ternyata mobil yang kami booking sedang keluar semua sehingga mereka memberikan upgrade secara gratis. Pada akhirnya kami mendapat sebuah mobil ukuran sedang jenis hatchback 5 pintu yang sudah dilengkapi dengan winter tyres, seat warmers, diesel engine dan masih dalam kondisi sangat baru dengan harga sekitar €20 ($22/Rp286.000) per hari. Ditambah lagi, fuel efficiency mobil ini gila-gilaan, rata-rata cuma menghabiskan 4.8L/100km. Jadinya total kami cuma menghabiskan 16,660ISK ($131/€117/Rp1.675.000) untuk bahan bakar solar selama perjalanan keliling Iceland dengan total jarak 1400km.

Berapa harga bensin di Iceland? 186ISK/L (Rp22.000/L) untuk bensin biasa dan 169ISK (Rp20.000/L) untuk solar.

Anyway, agen rental Holiday Autos ini sangat responsif kalau misalnya kamu mau tanya-tanya dulu via email. Bahkan dalam kasus-kasus tertentu kamu bisa membatalkan bookingan sewa mobil tersebut. Tadinya kami mau ambil mobil yang harga sewanya paling murah, tapi tidak jadi begitu tahu kalau tidak ada ‘unlimited miles’. Kalau ada yang pernah pakai agen ini, kabari kami ya supaya bisa bagi pengalamannya. Cek harga sewa mobil di Holiday Autos.Jalanan Bersalju Di Iceland


Kalau Terjadi Kerusakan Pada Mobil Sewaan

Kami mendengar beberapa cerita pengalaman yang kurang menyenangkan mengenai sewa mobil di Iceland yang saat dikembalikan ternyata mobilnya mengalami kerusakan. Beberapa orang mengatakan ada ‘scam’ (penipuan) dalam operasi sewa menyewa mobil. Tapi kami tidak mengalami hal tersebut.

Salah satu ‘scam’ yang sering disebut-sebut adalah saat terkena angin kencang yang berpasir maka bisa saja cat pada mobil tergerus sehingga penyewa harus bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Sebelum menyewa sebenarnya perusahaan sewa mobil sudah menawarkan untuk membeli perlindungan terhadap kerusakan akibat pasir, namun terserah kamu mau pakai asuransi tersebut atau tidak.

Saran kami kalau tidak mau beli asuransi ‘sand damage’, jangan dekat-dekat daerah pantai saat ada angin kencang. Kami cukup beruntung karena kami ambil rute inland sehingga kami tidak mengalami angin kencang sama sekali dan tidak ada kerusakan pada cat mobil.


Kerusakan lain yang perlu diperhatikan adalah kaca mobil yang retak. Hal ini sering terjadi saat melewati jalanan yang dilapisi kerikil, di mana cukup banyak jalan utama seperti ini (tidak beraspal) di Iceland. Ada banyak mobil yang ngebut di jalanan seperti ini, dan kalau kaca mobil kita terkena cipratan kerikil kecil bisa menimbulkan keretakan kecil. Pastikan saja kita mengendarai mobil dengan pelan di jalanan berkerikil dan berharap mobil lain juga begitu.

Tip penting dari kami: pastikan lakukan pemeriksaan secara teliti dan menyeluruh sebelum mengambil mobil dan tandai seluruh kerusakan yang sudah ada sebelum kamu. Sehingga saat kamu mengembalikan mobil nantinya tidak dituduh membuat kerusakan tersebut.Jalanan Berlapis Es Di Iceland

Kondisi Jalanan di Iceland

Kondisi jalanan di seluruh pulau sangat dipengaruhi oleh cuaca. 2 situs yang harus kamu baca baik-baik adalah vegasja.vegagerdin.is/eng/ dan www.road.is. Pastikan kamu selalu update dengan kondisi jalanan karena kondisi tersebut sangat bisa berubah dalam waktu yang singkat. Bisa saja hari ini ok besoknya jalanan ditutup karena salju terlalu tebal.

Batas Kecepatan Mengemudi di Iceland

Batas kecepatan mengemudi di Iceland adalah 90 km/jam di jalanan beraspal dan 80 km/jam untuk jalanan tidak beraspal. Kami perhatikan bahwa warga lokal tidak peduli dengan batas kecepatan tersebut. Beberapa kali kami disalip dengan kecepatan sekitar 150 km/jam. Mereka mengemudikan kendaraannya dengan cepat. Sepertinya mereka memang sudah terbiasa dengan kondisi jalanan yang berlapis es dan salju.

Tapi kami pernah melihat ada yang diberhentikan oleh polisi karena melanggar batas kecepatan tersebut dan kami juga melihat ada banyak speed camera dipasang di beberapa titik khususnya di daerah barat dan barat laut pulau Iceland. Kami tidak ingat apakah ada speed camera di daerah selatan, mungkin karena kami terlalu cepat mengendarai mobilnya 😉 Yang pasti, berkendaraanlah sesuai dengan kondisi jalanan, maka kamu akan baik-baik saja.Road Trip Di IcelandSewa mobil di Iceland adalah keputusan terbaik yang kami buat dalam trip kami di Iceland. Hal tersebut memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang diperlukan untuk menjelajahi negara sebesar Iceland dan sangat dipengaruhi oleh cuaca. Good luck untuk road trip kamu di Iceland!

Join the discussion 10 Comments

  • cumilebay says:

    Oh itungan nya ngak harian yaaa, tapi ada jarak tempuh juga

  • Bijo says:

    Murah ya ongkos sewa mobilnya, kok dulu aku sewa mobil mahal banget.

    Pas winter kecepatan anginnya kenceng nggak? Dulu pas ke Iceland pas musim gugur anginnya kenceng banget, mau buka pintu mobil aja susah.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      nah itu dia…baca2 blog katanya kalo kenceng anginnya bisa sampe copot pintunya kalo ga ditahan pas buka. kemaren paling cuma 1 kali dapet angin kenceng deket gulfoss…tapi ga sampe susah buka pintu juga sih 😉

  • amelia says:

    mba pilih jenis mobilnya 4wd atau 2wd, terus pilihannya jenis economy atau langsung suv.. apa aman saja klo hanya 2wd tapi lus winter tyres terima kasih sebelumnya

  • Agnes says:

    Mba, sy baca di holidays auto waktu serah terima mobil, kartu kredit kita di charge €3000, kmrn mba kena charge ga?

    • Susan Natalia Poskitt says:

      iya betul…di-hold sampai nanti mobilnya dikembalikan untuk jaminan aja. Kadang lsg di-charge dari CC dan nanti dibalikin lsg ke CC. Kadang cuma di-lock/hold buat jaga2 dan ga lsg di-charge. Tgt perusahaannya sih.

  • Agnes says:

    Mba, mau nanya dong, kmrn mba Susan waktu sewa mobil di iceland ( holidaysautos ) , kartu kredit limitnya di hold 3000 euro untuk deposit dulu ya biarpun kita byr asuransi 30 euro ( reduce my liability hingga 0 )? kalo ngambil mobilnya malam hari, kita mesti lebih teliti ya mba waktu serah terima mobilnya? Trims

    • Susan Natalia Poskitt says:

      iya, kmrn kami ambil opsi yg di-hold jaminannya karena ga beli asuransi. Tapi kata Adam kalau beli asuransi yg reduce liability sampai 0 biasanya mereka ga akan hold uang jaminan. Biasanya saat serah terima mobil mmg harus teliti baik siang ataupun malam hari. Kemarin malahan staff ga ikutan ngecek kondisi mobil sama sekali. Dia cuma bilang, silakan cek mobil, kalau ada tanda2 kerusakan tandain aja di form-nya. Kadang ada yg ngajak ngecek kondisi mobil barengan biar bisa sama2 nandain di form mana2 aja yg mmg udah rusak sebelum kita bawa mobilnya.

Leave a Reply