Green Canyon, Pangandaran

By September 17, 2016 Tempat Wisata Pangandaran
Green Canyon Pangandaran

Green Canyon adalah salah satu aktivitas wisata di sekitar Pangandaran yang sepertinya semua orang tahu. Dan memang tidak mengherankan sih kalau tempat ini sangat populer. Aliran sungai dari sini dan suasana di sekitarnya sangat menyenangkan.

Dibuka sekitar tahun 1990-an dan baru mulai ramai tahun 2007, Green Canyon saat ini menjadi atraksi premium di Pangandaran dengan jumlah wisatawan yang berkunjung bisa mencapai ribuan orang di setiap akhir pekan. Ketika hari libur atau musim liburan, keramaian di sini sangat padat hingga kadang-kadang perahu tidak mampu lagi mengangkut penumpang dan mereka terpaksa menolak pengunjung kalau memang sudah terlalu penuh.Green Canyon Pangandaran PerahuBerlokasi sekitar 25km sebelah barat Pangandaran di jalan yang menuju ke Batu Karas, Green Canyon ini pas sekali untuk destinasi day trip apalagi kalau sekalian digabung dengan kunjungan ke Batu Hiu.

Harga perahu di sini masih cukup reasonable meskipun kepopuleran tempat ini sudah meningkat sangat tajam. Harga sewa perahu dikenakan per perahu, bukan per orang. Ini artinya kalau kamu datang dengan jumlah kurang dari 5-6 orang (itu jumlah kapasitas maksimumnya), maka sebaiknya tunggu saja sebentar sampai ada pengunjung lain untuk sharing biaya perahunya.Green Canyon PangandaranKetika perahu berjalan meninggalkan dermaga dan mulai mengarah ke hulu sungai, pinggiran sungai makin lama makin tinggi menutupi sungai hingga lama kelamaan kita akan berada di sebuah lembah sempit yang diapit tebing-tebing tinggi.

Semakin ke arah hulu sungai akhirnya kita akan tiba di area di mana perahu tidak bisa jalan lagi dan semua penumpang harus meninggalkan perahu. Dari sini kita bisa berjalan kaki melewati bebatuan dan kemudian lompat ke dalam air sungai di sisi seberang. Pemandangannya sangat menakjubkan dan airnya pun sangat menyegarkan. Pokoknya ini salah satu tempat yang paling bagus untuk berenang. Green Canyon PangandaranTapi kamu harus ingat waktu karena tukang perahu hanya memberikan waktu 15 menit untuk berenang. Kalau mau tinggal lebih lama kamu harus bayar Rp100.000 per perahu.

Dari kantor Green Canyon kamu juga bisa tanya-tanya kalau kamu tertarik untuk body rafting. Freelance guide berkeliaran di sekitar sana dan siap menawarkan pengalaman seru ini. Paket body rafting ini  biasanya sudah termasuk transportasi pick-up ke start point, makan siang, guide dan perjalanan pulang menggunakan perahu melewati Green Canyon. Paket wisata ini jadi pilihan yang sangat populer untuk menikmati Green Canyon dengan cara yang sedikit berbeda.

Green Canyon
Jalan Raya Green Canyon, Kertayasa, Cijulang
Harga sewa perahu: Rp150.000 per perahu
Body Rafting: Rp225.000 per orang

Leave a Reply