Jembatan Mangrove, Batu Karas – Tempat Romantis buat Pacaran

By September 17, 2016Tempat Wisata Pangandaran
Jembatan Mangrove Pangandaran

Jembatan Mangrove yang juga dikenal dengan nama Jembatan Cinta adalah sebuah boardwalk terbuat dari kayu yang dibangun di atas daerah mangrove di sepanjang Sungai Cijulang, sungai yang sama yang mengalir melewati Green Canyon.

Boardwalk ini sangat keren dan merupakan spot yang cocok untuk berfoto baik selfie, foto grup ataupun sekedar nongkrong dengan pacar. Namun hati-hati juga karena di sana ada tanda yang bertuliskan “Dilarang berbuat asusila”.Jembatan Mangrove Pangandaran PeraturanBoardwalk yang ada saat ini memiliki panjang 150 meter dan ujungnya berhenti di sebuah saung. Dari saung tersebut kamu bisa naik perahu. Dengar-dengar sih ada rencana untuk memanjangkan boardwalk tersebut sampai ke laut. Namun pendanaannya hanya mengalir setaun sekali dan sementara ini hanya cukup untuk membangun sebagian kecil dulu. Mungkin nanti kalau kamu ke sana panjangnya sudah lebih daripada saat kami kunjungi kemarin.Jembatan Mangrove PangandaranSebelum sampai di area boardwalk, kamu akan berjalan melewati sedikit area hutan mangrove dengan beberapa warung penjual makanan/minuman di kiri kanannya. Saat weekend Jembatan Mangrove ini cukup ramai, namun di hari biasa seringkali kosong dan cuma ada beberapa pekerja lokal.

Cara Menuju Jembatan Mangrove Batu Karas

Untuk mencapai Jembatan Mangrove tidaklah susah.

  • Dari jalan utama yang menuju ke Batu Karas, jangan belok kanan ketika kamu sampai di pantai.
  • Belok kiri dan jalan terus melewati Villa Monyet and Bale Karang di pinggir pantai.
  • Jalanannya agak jelek tapi masih bisa dilewati oleh kendaraan.
  • Setelah kurang lebih 2 km, kamu akan melihat papan petunjuk ke Jembatan Mangrove.
  • Ikuti terus di jalan ini sampai tidak ada jalan lagi untuk mobil.
  • Dari sini, kalau kamu naik motor masih bisa lanjut lewat sebuah jalur kecil. Kalau kamu naik mobil harus parkir di sini kemudian jalan kaki 800 meter atau naik ojek Rp10.000 per orang sekali jalan.

Jembatan Mangrove Pangandaran BoardwalkJembatan Mangrove sangat mudah dikunjungi kalau kamu memang menginap di Batu Karas. Kalau kamu menginap di Pangandaran dan mau main-main ke Batu Karas, sekalian saja mengunjungi Jembatan Mangrove, Green Canyon dan salah satu curug (air terjun) yang ada di daerah ini.

Jembatan Mangrove
Sungai Cijulang, Sanghiangkalang, Batu Karas
Tiket: Rp5.000
Parkir: Rp3.000
Ojek (opsional): Rp10.000 sekali jalan

 

Leave a Reply