Kepulauan Seribu: Menginap & makan dimana?

By July 12, 2012September 29th, 2014Indonesia

Cara ke Kepulauan Seribu, pulau-pulau wajib kunjung dan ngapain aja di Kepulauan Seribu sudah kita bahas, sekarang saatnya menginap dimana dan makan apa saat ke Kepulauan Seribu?

Makanan di Kepulauan Seribu

Makanan di Kepulauan Seribu


Penginapan di Pulau Kelapa, Pulau Harapan dan Pulau Tidung

Kedua pulau ini buat saya cukup padat penduduknya, jadi dipastikan kalo mau menginap disini kita akan menginap di rumah salah satu penduduk (atau bisa disebut homestay). Kalau lagi ada tamu, sang punya rumah biasanya akan mengungsi ke rumah saudaranya yang lain, jadi seluruh rumah itu akan jadi milik kita. Karena seluruh rumah bisa kita pakai maka bisa deh muat 10-20 orang tergantung besarnya rumah 😀

Kasur di homestay @ Pulau Tidung

Kasur di homestay @ Pulau Tidung

Kalau saya sih kurang nyaman menginap di rumah warga seperti ini, untungnya di Pulau Tidung saya menemukan penginapan yang cukup baik. Sebenernya ini bukanlah penginapan, melainkan rumah kontrakan yang awalnya memang untuk dikontrakkan, tapi seiring dengan berjalannya waktu dan makin ramainya tamu yang datang rumah kontrakan ini berubah fungsi menjadi penginapan. Terdiri dari 6 rumah kecil yang masing-masing rumahnya bisa muat 4-5 orang. Isi rumahnya adalah 1 buah kamar, tempat gantung baju dan kamar mandi + TV. Di dalam kamar bisa muat 2 orang dan di depan TV ada kasur digelar bisa muat 2-3 orang. Kamarnya bersih dan ber-AC. Saya selalu menginap disini jika main ke Pulau Tidung dan yang punya juga baik.

Kamar mandi yang basic di Pulau Tidung

Kamar mandi yang basic di Pulau Tidung

Penginapan di Pulau Pramuka

Nah, kalau pulau yang ini banyak banget penginapan berbentuk homestay (ingat, hanya bentuknya saja yang rumah.. tapi kalau tidak ada tamu yang tidak ditempatin). Selain homestay ada juga penginapan beneran: Wisma De’Lima dan Wisma Dermaga. Wisma De’Lima ini jumlah kamarnya nggak banyak dan sering penuh, saya belom pernah dapet kesempatan nginep disini, tapi untungnya Wisma Dermaga nggak kalah asik!

Kamar di Wisma Dermaga @ Pulau Pramuka

Kamar di Wisma Dermaga @ Pulau Pramuka

Wisma Dermaga ini punya 11 kamar yang masing-masing kamar bisa muat 4-5 orang (dengan extra bed) dan 1 kamar besar yang bisa muat sampai 12 orang. Kamarnya bersih dan adem dilengkapi dengan TV dan yang paling juara adalah teras belakangnya yang nyaman. Selalu sukses bikin saya nggak pengen pulang.

Wisma Dermaga @ Pulau Pramuka

Wisma Dermaga @ Pulau Pramuka

Makan-makan

Di ketiga pulau itu memliki warung-warung makan buat kita isi perut, tapi kebanyakan para pengurus homestay/penginapan akan menawarkan untuk catering. Saya sendiri jarang makan di warung saat kesana, karena waktu liburan yang cukup mepet jadinya daripada buang waktu untuk keliling cari makanan, mending makan yang sudah disiapkan tukang catering untuk kita. Apalagi abis selesai island hopping, nah abis itu capeknya baru berasa dan males untuk keluar lagi nyari-nyari makan.. hehe.. Ikan bakar, ikan goreng, cumi goreng tepung, ayam goreng, capcay dsd biasanya jadi menu hidangannya.  Nah, kalau makan malam sudah selesai dan masih pengen ngobrol-ngobrol baru deh jajan kopi/susu coklat hangat ke warung sekitar.

Cantik-cantik yang di depan Nusa Resto

Cantik-cantik yang di depan Nusa Resto

Di dekat Pulau Pramuka ada restoran terapung namanya Nusa Resto, nah ini boleh banget dijadiin option lain untuk makan. Untuk makan siang dan malam tempatnya nyaman dan pilihan menunya bikin ngiler…  mau sekedar bersantai saat sore juga asik banget! Bisa minum teh, kopi atau makan eskrim 😀 Emang sih harganya lebih mahal dibandingkan warung-warung yang ada di Pulau Pramuka, tapi terbayar lunas dengan suasananya!

Nusa Resto Kepulauan Seribu

Nusa Resto Kepulauan Seribu

Find a hotel on Agoda. Best price guarantee!

Vindhya Sabnani is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow her on twitter @vindhyasabnani and read her blog at http://ibupenyu.wordpress.com/

Leave a Reply