Liburan di Maldives: FAQ

By July 30, 2015Maldives
Liburan di Maldives

Setelah perjalanan kami ke Maldives di bulan December 2014 yang lalu kami sempat menuliskan pengalaman kami dan cara liburan hemat di Maldives. Dari posting tersebut kami mendapatkan banyak sekali pertanyaan. Jadi sepertinya kami harus menulis lagi postingan yang lebih detail yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Berikut ini adalah Maldives FAQ (Frequently Asked Questions), alias pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan, beserta jawabannya.


Maldives itu di mana?

The Maldives adalah kumpulan dari ratusan pulau di sebelah selatan Sri Lanka tidak jauh dari pesisir selatan India. Jaraknya kurang lebih 5 jam penerbangan dari Singapura atau Kuala Lumpur.

Apakah Orang Indonesia butuh Visa untuk ke Maldives?

Tidak. Semua negara bebas visa ke Maldives. Pastikan saja kamu punya tiket PP atau tiket keluar dari Maldives.

Apakah Orang Maldives termasuk di konter imigrasi di bandara bisa bicara bahasa Inggris?

Ya. Kalau Anda bisa bicara sedikit bahasa Inggris, pasti tidak ada masalah dengan bahasa di Maldives karena kebanyakan orang di resort dan di bandara bisa bicara bahasa Inggris. Kalau Anda tidak bisa bicara bahasa Inggris sama sekali, tidak apa apa. Pakai Google Translate di smartphone Anda saja. 🙂


Kapan waktu/bulan terbaik untuk mengunjungi Maldives?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Maldives adalah saat musim kering (antara bulan Desember – April). Musim hujan biasanya di bulan Mei-November, tapi biasanya di Maldives kalau hujan juga tidak terlalu lama jadi tidak akan merusak liburan kamu. Saran kami adalah, pergi kapanpun kamu mau dan ada waktu (tidak perlu repot-repot memikirkan waktu terbaik).

Booking tiket dari Indonesia ke Maldives lewat mana dan maskapai apa yg recommended?

Kalau mau penerbangan yang paling murah, pasti harus naik Low Cost Carrier seperti Tiger Air. Tiger Air berangkat dari Singapore dan sering ada promo flight dengan harga 2 juta rupiah PP. Harga normal itu kurang/lebih 4 juta rupiah PP.

Apa perbedaan local island dan private island?

Resort besar yang memiliki bungalow di atas air biasanya berlokasi di private island. Sedangkan local island adalah rumah bagi para penduduk lokal di Maldives yang juga ada beberapa hotel untuk wisatawan. Local islands jauh lebih murah daripada pulau dengan resort mewah. Catatan penting, transportasi ke local island dilayani oleh public ferry (karena itu transportasi umum bagi penduduk lokal) sedangkan untuk ke private island tidak ada ferry lokal, biasanya harus sewa speedboat atau pesawat.

Local islands = murah. Private islands (big resorts) = mahal.

Mata uang yang dipakai? Bisa pakai ATM? Haruskah bawa USD?

Mata uang lokal di Maldives adalah Rufiyaa dan 1 Rufiyaa saat ini kurang lebih 850 Rupiah. Cara paling mudah untuk ambil uang di Maldives adalah dengan tarik tunai melalui ATM di bandara Male karena tidak ada ATM di luar bandara ataupun di luar pulau Male. Namun perlu dicatat, jumlah Rufiyaa yang harus disediakan sangat sulit ditentukan karena semuanya tergantung di mana kamu akan menghabiskan waktu kamu selama di Maldives. Jika kamu berencana liburan seperti penduduk lokal naik ferry, menginap di pulau lokal dan makan di restoran lokal, maka kamu akan butuh Rufiyaa cukup banyak. Kalau kamu hanya akan menginap di resort dan urusan transportasi dari dan ke bandara sudah diurus oleh pihak hotel, maka kamu tidak akan butuh Rufiyaa karena tidak akan ada interaksi sekali dengan ekonomi lokal. Tagihan hotel akan dalam USD dan mereka juga terima uang tunai ataupun kartu kredit.

Adakah money changer di Maldives?

Ada money changer di bandara Male dan di pulau Male. Kamu hanya perlu tukar uang ke Rufiyaa jika kamu berkunjung ke pulau lokal, menggunakan ferry lokal dan makan di restoran lokal. Jika kamu menginap di resort besar maka mereka akan menjemput kamu dengan menggunakan transportasi pribadi (speedboat atau pesawat) jadi tidak perlu Rufiyaa.

Makanan di Maldives seperti apa? Boleh bawa Indomie?

Makanan di Maldives cukup menarik dan enak. Penyuka ikan pastinya akan dimanjakan dengan banyaknya menu ikan. Kalau seafood lain seperti udang belum tentu ada setiap hari. Menu lokal lainnya biasanya ada chapatti, curry dan sarapan khas Maldives bernama mas huni yang berupa tuna, bawang bombay mentah, cabai dan kelapa parut yang dicincang halus dan diaduk rata. Kalau Anda mau bawa makanan sendiri seperti Indomie, boleh juga.

Bagaimana cara menuju ke hotel dari bandara?

Ada 2 cara menuju hotel dari bandara. Yang pertama adalah menggunakan transportasi pribadi yang disediakan oleh hotel (biasanya menggunakan speedboat atau pesawat kecil), dan satu lagi dengan menggunakan public ferry. Ferry lokal hanya pergi ke pulau-pulau yang ada penduduk lokalnya dan TIDAK ke pulau yang hanya ada private resort. Jadi, kalau kamu menginap di resort besar yang berlokasi di private island, kamu harus menggunakan transportasi pribadi yang diurus oleh pihak hotel. Kalau kamu menginap di pulau lokal seperti Maafushi, maka kamu bisa naik ferry lokal seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.


Bagaimana tentang transport fee yang dikenakan oleh resort besar?

Semua resort besar (yang berlokasi di private island termasuk yang punya kamar bungalow di atas air) memberlakukan transport fee. Karena Maldives adalah negara kepulauan, maka kamu hanya bisa mencapai resort island dengan menggunakan speedboat atau pesawat. Karena tidak ada ferry umum yang ke resort besar, maka mau tidak mau kamu harus sewa transportasi, jadi fee yang dikenakan oleh resort/hotel adalah untuk jasa transportasi kamu. Biayanya memang mahal tapi sulit dihindari jika kamu memang mau menginap di resort mewah tersebut. Jika kamu tidak mau membayar biaya mahal untuk transport fee, carilah resort yang dekat dengan bandara karena kalau tidak terlalu jauh biasanya mereka akan pakai speedboat dan tidak pakai seaplane (pesawat). Jika kamu benar-benar tidak mau bayar transport fee sama sekali, pilihannya hanya dua. 1) Pilihlah hotel yang ada di pulau lokal sehingga bisa dicapai dengan ferry umum seperti Maafushi. 2) Tinggal di rumah saja.

Jadwal ferry umum di Maldives?

Ferry umum tidak mengantar penumpang ke resort besar di private island.

Ferry mengantar penduduk lokal ke seluruh pelosok Maldives. Jarak antar pulau ada yang dekat ada juga yang jauh. Terminal ferry utama di Male ada di ujung barat daya pulau tersebut. Di sinilah ferry ke pulau lokal berangkat, di antaranya ferry yang menuju ke Maafushi. Ferry yang mengantar ke bandara beda lagi lokasinya. Sudah tahu kan kalau bandara di Maldives itu lokasinya di sebuah pulau terpisah? Jadi satu-satunya transport dari dan ke bandara adalah naik ferry. Terminal ferry rute bandara ada di ujung timur pulau Male. Kalau mau langsung ke pulau lokal setelah mendarat, sampai di Male dari terminal ferry bandara ke terminal ferry pulau lokal harus naik taksi.

Jadwal ferry untuk seluruh lokasi di Maldives bisa dilihat di sini – http://www.mtcc.com.mv/

Kekurangan dari website tersebut adalah di sana tidak semua jadwal ferry terdaftar. Misalnya, di sana disebutkan kalau ferry ke Maafushi berangkat jam 3 sore setiap hari kecuali hari Jumat. Memang benar, tapi kadang ada juga ferry lain yang berangkat jam 10 pagi atau jam 12 siang (tergantung harinya). Harga ferry biasanya 2 USD.

Catatan penting, setiap hari jumat tidak ada ferry lokal yang beroperasi kecuali ferry dari/ke bandara. Jadwal ferry ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan cek website resminya sebelum membuat itinerary. Jika kamu butuh transportasi laut di hari Jumat, kami harus sewa sendiri dan biasanya mahal.

Yang terakhir, kalau berencana ke Maafushi naik ferry jam 3 sore, maka masih mungkin jika kamu baru mendarat di Maldives jam 12 siang atau lebih pagi di hari yang sama. Namun kalau sudah di atas jam 12 siang agak beresiko karena ada banyak proses yang harus dilalui: imigrasi, naik ferry dari bandara ke Male, naik taksi dari terminal ferry bandara ke terminal ferry pulau lokal dan beli tiket untuk ke Maafushi. Jika kamu mendarat di Maldives di atas jam 12 siang, pilihannya adalah sewa kapal pribadi untuk ke Maafushi atau menginap semalam di Male dan baru naik ferry ke Maafushi keesokan harinya. Ini juga berlaku kalau kamu tiba di Male hari Kamis sore dan sudah ketinggalan ferry atau tiba hari Jumat dan tidak ada ferry lokal yang beroperasi. Pilihannya cuma 2, sewa transport sendiri atau menginap sampai ada jadwal ferry lokal.


Diving dan snorkelling mahal? 

Hampir setiap hotel baik yang di local island maupun di resort besar menawarkan paket snorkeling dan diving, tapi  bisa jadi harganya mahal. Memang begitulah kalau di Maldives, mereka sangat menjual paket wisatanya. Kalau kamu menginap di pulau lokal, bisa tanya-tanya ke pemuda lokal yang bersedia mengantar kamu naik perahu mereka ke terumbu karang yang dekat seharga 10 USD. Paket diving yang ditawarkan oleh hotel di pulau lokal sekitar 40 USD 1 kali diving. Tapi kalau memang mau ambil paket dari resort besar, siap-siap bayar mahal.

Bagusnya tiba di Maldives hari apa? 

Kalau mau menginap di pulau lokal, jangan tiba di Maldives ataupun berangkat dari Maldives di hari Jumat karena tidak ada ferry umum yang beroperasi. Tapi kalau kamu sudah pesan inclusive resort yang sudah termasuk transportasi antar jemput, maka tiba/berangkat di hari Jumat tidak jadi masalah.

Cara berpakaian yang sopan? Bolehkah pakai bikini?

Standar berpakaian di Maldives sedikit mirip dengan Aceh. Kalau kamu menginap di resort besar, maka tidak perlu khawatir akan cara berpakaian di sana karena di sana private island. Jadi bebas saja kalau mau pakai bikini seharian. Tapi jika kamu seorang perempuan dan kamu menginap di pulau lokal, kamu dilarang menggunakan bikini selain di area pantai yang telah ditentukan. Di area khusus yang sudah dibuat, bebas pakai bikini. Namun saat jalan-jalan di sekeliling pemukiman warga atau jalan dari hotel ke area pantai, sebaiknya ikuti aturan yang berlaku alias berpakaian sopan. Warga lokal di sana kalau berenang di pantai pakai pakaian tertutup. Begitu juga saat jalan-jalan di Male jangan terlalu terbuka karena di Maldives menganut hukum syariah yang ketat. Untuk pria, agak lebih bebas jika mau pakai celana pendek ataupun sendal jepit.

Bisakah daytrip ke resort dari local island?

Kalau mau, bisa ambil daytrip dari local island ke resort. Harganya berbeda-beda tergantung resort yang kamu pilih dan paket yang mereka tawarkan. Harga paketnya kurang lebih 150 USD yang sudah termasuk bisa menikmati fasilitas senilai 100 USD di resort tersebut melalui makanan, minuman, aktivitas, massage, dll.

Jadi, resort yang punya bungalow di atas air yang mana yang paling murah?

Jawaban atas pertanyaan tersebut agak rumit karena tergantung pada faktor-faktor berikut. 1) waktu/musim, 2) special deal yang kadang diberikan oleh hotel, 3) transport dari dan ke hotel, 4) biaya makanan di resort. Dengan pertimbangan tersebut, kami bisa tahu resort mana yang secara umum paling murah, tapi kita harus selalu cek harganya untuk memastikan dapat harga terbaik. Selain itu, Agoda menjamin harga terbaik, jadi kamu tidak perlu repot-repot mengecek harga ke masing-masing website hotel.

Berikut ini adalah daftar resort termurah di Maldives yang memiliki bungalow di atas air (klik nama masing-masing hotel untuk lihat gambar):

Adaaran Club Rannalhi

Adaaran Club RannalhiSemua meals included. Our top pick. Bisa jadi paling hemat untuk bungalow di atas air.  Cek Harga Sekarang

Adaaran Prestige Vadoo Resort

adaaran prestige vadooMewah sekali dan bisa pilih paket lengkap termasuk meals. Sangat recommended!  Cek Harga Sekarang

Meeru Island Resort & Spa

meeru island resortCukup murah untuk bungalow di atas air. Great rooms!  Cek Harga Sekarang

Chaaya Reef Ellaidhoo Resort

chaaya reef ellaidhooResor yang fantastis dan juga ada paket termasuk makanan.  Cek Harga Sekarang

Velassaru Maldives Resort

velassaru maldivesBungalow mewah sekali dan dekat bandara untuk memaksimalkan waktu kamu di resort. Stunning!  Cek Harga Sekarang

Daftar hotel di bawah ini tidak ada Bungalow di atas Air, tetapi nyaman, dekat bandara dan recommended!

Holiday Inn Resort Kandooma Maldives

holiday inn kandoomaBisa dapat special deal yang sangat murah untuk resor dengan standar ini di Maldives. Sangat populer dan sangat recommended.  Cek Harga Sekarang

Kurumba Maldives

kurumba maldivesDekat sekali dari bandara sehingga waktu untuk menikmati resort bisa lebih lama.  Cek Harga Sekarang

Aman gak?

Sangat aman. Meskipun kadang-kadang ada situasi politik yang kurang menyenangkan, namun jarang sekali mengganggu pariwisata. Kenapa? Karena pariwisata di Maldives menghasilkan devisa buat negara sebesar miliaran dolar per tahun dan mereka tidak akan mau merusak reputasinya sebagai destinasi liburan papan atas. Kesimpulannya, liburan di Maldives aman.

Apakah kami bikin paket tur ke sana? 

Kami sudah bersediakan paket liburan ke Maldives khususnya untuk bungalow di atas air. Baca detailnya di sini.

Join the discussion 29 Comments

  • Rizky ananda says:

    Salam ..
    Saya rizky ananda.
    Rencana liburan ke maldiv. Mau pake resort yg dekat dengan male. Kira” apa nama resortnya dan bagaimana dengan fee transport?
    Bahasa yg digunakan diimigrasi ?

  • Rizky ananda says:

    Booking via agoda apakah uda sama fre transport ?
    Bagaimana cara hotel tau kedatangan kita ?

    • Adam says:

      Biasanya belum termasuk fee transportasi. Kenapa? Karena fee transportasi “one-off” dan harga hotel per malam…

      Hotel akan tahu tentang kedatangan Anda karena sesudah booking hotel, mereka akan email Anda dan tanya detail penerbangan. Jadi, booking dulu… terus kasih detail kepada mereka supaya mereka tahu jam kedatangan Anda.

  • Rizky ananda says:

    Oke. Jadi booking via agoda aja yah ? Setelah itu ntar diemail pihak hotel.
    Kita tau biaya fee transpot pada saat kapan ?

    • Adam says:

      Lihat halaman hotel di Agoda… diatas komen palanggan. Ada “informasi berguna”. Dalam box itu ada Biaya Transfer Bandara.

  • Rizky ananda says:

    Bahasa yg digunakan di imigrasi maldiv apa ? Apa bhs ing ato bahasa daerah setempat ?

  • Rizky ananda says:

    Terimakasih atas semua jawabannya. Sangat membantu saya.

  • Rizky ananda says:

    Booking tiket dari indo ke maldiv lewat mana dan maskapai apa yg recomended ?

  • Barry says:

    Salam…
    Pertama saya ingin mengucapkan rasa kagum saya dengan semua perjalanan ya boleh dibagikan.. Kebetulan saya beserta istri baru saja berlibur ke maldives. Kami disana menginap di resort Olhuveli. Harga yg ditawarkan juga cukup baik serta tersedia transportasi speedboat (tidak perlu seaplane). Tips untuk mencari hotel private, jangan hanya melihat harga kamarnya. Kita juga harus melihat harga transportasi yg diperlukan untuk pergi dari airport ke resort. Karena ada banyak sekali resort yg murah, tetapi biaya transportasinya sangaat mahal (menggunakan seaplane). Jadi musti pinter pinter memilih. Pertimbangkan juga untuk makanan, karena di resort harga makanan bisa melonjak tinggi. FYI, untuk dinner kami membayar USD 65 per orang. Untuk air mineral, 1 botol besar seharga USD 4. Di resort kami, rufiyaah tidak berlaku. Mereka hanya menerima USD. Kira kira sekian yg bisa kami coba bagikan… Terima kasih sebelumnya.. Kami sangat menantikan pengalaman liburan berikutnya dari pergidulu.com.

    Salam

  • Shadza A. says:

    Pada saat di counter imigrasi nanti, apakah harus menunjukkan bukti reservasi hotel/guesthouse? Karena kami akan stay selama 3 mlm di rumah seorang host (penduduk lokal Maafushi) yg kami dapat melalui Coachsurfing. Terima kasih.

  • salomo says:

    bagaimana caranya supaya bisa ontime di hotel dan tiba dibandara lebih cepat sesuai jadwal,penerbangan saya tiba dimale 11.10 am dan keberangkatan dari male 11.55,mohon infonya

  • Tjanndra says:

    Hallo sy mau tnya , kl maafushi itu local island nya yah? Kira2 biaya hotel /hari brp ? Dan apakah banyak pantai yg bagus di daerah maafushi ? Karena sy berencana ksna dengan sahabat saya , jd mungkin tidak akan menginap di private island. Tolong advice yah , trimakasih

  • Fitri says:

    haii saya mau tanya kalau sampe di male pukul 11mlm baiknya bagaimana ya karna saya lihat tidak ada penyebrangan mlm.. mohon infonya

  • Lauren says:

    Salam
    Kalo di bandara bisa pesan hotel atau resortnya gak?
    Soalnya kalo dari agoda harus pake credit card.
    Tolong infonya
    Terima kasih

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Lebih baik pesan dulu sebelum sampai ke sana sih. kalau mau booking lewat Agoda bisa kami bantu pesankan. Sila kontak saja ke susan(at)pergidulu(dot)com untuk detail tanggal dan nama hotel/resortnya.

  • Rifqy says:

    salam mba Susan..

    saya berencana berlibur ke maldives, mendarat di male intl airport jam 20.50.
    mohon petunjuknya mba Susan, what am I suppose to be doing? apakah saya harus tidur di bandara dulu? hehe
    untuk penginapan which one better mba Susan? di male atau di maafusi? atau ada masukan lain mungkin?
    thanks before Mba Susan 🙂

    • Rifqy says:

      siapapun boleh memberi masukan, mengingat kakak2 disini sudah berpengalaman semua hehe masukan kakak2 akan sangat membantu

    • Susan Natalia Poskitt says:

      halo….kalo sampe di airport sudah malam sepertinya lebih baik menginap di Hulhumale (pulau yang nyambung dengan pulau bandara). Dari bandara ke sana ada public bus, paling cuma 1-2 dolar ongkosnya. Kami kurang tau apakah diperbolehkan menginap di bandara atau tidak mengingat bandaranya sangat kecil.
      Male dan maafushi tidak bisa dibandingkan. Yang satu ibukota, satu lagi pulau. Di male tidak ada pantai cantik, cuma keramaian kota saja. Biasanya kalau ke Maldives kan pengennya liat pantai cantik. Kalau mau menikmati pantai cantik dan murah, kami rekomendasikan ke Maafushi. Untuk rekomendasi penginapan di Maafushi bisa klik link yang ada di artikel ya 🙂

  • Rifqy says:

    oohh gitu ya mba..

    oiya saya kan rencana mau day tour visit anantara resort, saya baca2 di internet biayanya kurang lebih 200 USD bener segitu mba?. nah kalo memang bener, saya kan ber 3 bersama temen2 saya, kalo dihitung2, berarti jadi 600 USD (sekitar IDR 11.000.000). sedangkan kalo menginap di anantara saya sudah melihat disitus b**king.com itu sekitar IDR 6.000.000, tapi belum termasuk biaya transport dari male ke anantaranya, pajak, biaya layanan.
    ada saran nggak mba? kira2 kami di anantara resort better visit aja atau skalian nginep? kira2 satu kamar utk 2 orang boleh dipake tidur 3 orang nggak ya? hehe
    thanks before ya mba Susan

Leave a Reply