Pakai Visa Apa Untuk Keliling Negara-negara Balkan?

By January 31, 2019 February 14th, 2019 Balkans
Visa Ke Balkan

Buat yang udah rajin ngikutin IG story @pergidulu di bulan November-Desember pasti udah nunggu-nunggu banget postingan. Secara waktu kami share perjalanan kami di Balkan, pertanyaan pertama dan paling banyak ditanyakan adalah “Pakai Visa apa untuk ke negara-negara Balkan tersebut?” Oleh karena itu tanpa banyak basa-basi langsung saja kita bahas topiknya.

Apa itu negara-negara Balkan?

Berdasarkan definisi dari wikipedia, meskipun awalnya istilah Balkan diambil dari nama pegunungan di Eropa Tenggara, namun istilah negara Balkan lebih mengacu kepada negara-negara pecahan Yugoslavia. Yang termasuk ke dalam kategori negara-negara Balkan adalah: Albania, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Kosovo, Macedonia, Montenegro, Romania, Serbia dan Slovenia.Lake Bled Slovenia

Daftar negara-negara Balkan yang kami kunjungi beserta visanya

Sebagai gambaran buat yang tidak mengikuti perjalanan kami dari awal, trip keliling negara Balkan ini kami lakukan dengan cara road trip, sewa mobil di Bulgaria, keliling selama 39 hari kemudian kembali lagi & berakhir di Bulgaria. Detail sewa mobil akan dibahas di postingan terpisah. Berikut ini adalah rangkaian rute keliling Balkan yang kami jalani, beserta informasi border dan visanya.

(Kecuali Kosovo, nama kota yang tercantum di sini adalah kota-kota yang kami singgahi dengan menginap minimal 1 malam. Kalau untuk kota-kota yang disinggahi saat daytrip akan dibahas di postingan individual per negara.)

Bulgaria

Entry point: Sofia (terbang dari Budapest), Ruse (from Romania)
Kota-kota yang dikunjungi: Sofia, Plovdiv, Veliko Tarnovo
Exit point: Gueshevo (to Macedonia)
Visa: Schengen

Macedonia

Entry point: Deve Bair
Kota-kota yang dikunjungi: Skopje, Ohrid
Exit point: E-65 (to Kosovo), St. Naum (to Albania)
Visa: Schengen

Kosovo

Entry point: Elez Han
Kota-kota yang dikunjungi: Prizren (daytrip)
Exit point: Elez Han
Visa: Schengen

Albania

Entry point: Tushemisht
Kota-kota yang dikunjungi: Gjirokaster, Berat, Shkoder
Exit point: Hani i Hotit
Visa: Schengen

Montenegro

Entry point: Bozhaj
Kota-kota yang dikunjungi: Kotor, Zabljak
Exit point: Scepan Polje
Visa: Schengen

Bosnia & Herzegovina

Entry point: Hum
Kota-kota yang dikunjungi: Sarajevo, Mostar
Exit point: Ivanica
Visa: Schengen

Kroasia

Entry point: Brgat Gonji (from Bosnia), Obrezje (from Slovenia)
Kota-kota yang dikunjungi: Dubrovnik, Zadar, Plitvice, Zagreb
Exit point: Jurovski Brod (to Slovenia), Osijek (to Serbia)
Visa: Schengen

Slovenia

Entry point: Metlika
Kota-kota yang dikunjungi: Lubljana
Exit point: Obrezje
Visa: Schengen

Serbia

Entry point: Sombor
Kota-kota yang dikunjungi: Subotica, Belgrade
Exit point: Kaluderovo
Visa: FREE VISA

Romania

Entry point: Naidas
Kota-kota yang dikunjungi: Hunedoara, Brasov, Bucharest
Exit point: Giurgiu
Visa: Schengen

Dari info di atas bisa dengan mudah disimpulkan kalau untuk keliling negara-negara Balkan bisa pakai VISA SCHENGEN aktif dan multiple entry. Beberapa tahun lalu kami sempat mengecek persyaratan visa negara-negara Balkan dan waktu itu memang masih agak ribet, ada yang perlu surat undangan dari penduduk lokal, dll. Tapi bisa dipastikan sekarang semua negara Balkan sudah bisa dikunjungi kalau kamu punya visa schengen aktif dan multiple entry. Apalagi Serbia juga belum lama ini malah ngasih Free Visa untuk WNI selama 30 hari.

Dapat kabar juga dari beberapa follower yang pernah mengunjungi beberapa negara Balkan dengan menggunakan Visa US aktif. Kalau ga salah Albania, Montenegro dan entah apa satu lagi yang bisa dikunjungi kalau punya Visa US aktif. Silakan cek lagi sendiri persyaratan masing-masing negara Balkan kalau punya Visa US. Kami ga bisa kasih info yang akurat karena memang belum riset sendiri tentang Visa US ini, hanya dengar dari orang lain saja.Dubrovnik Kroasia

Apakah maksudnya Visa Schengen Aktif?

Visa Schengen aktif maksudnya adalah visa schengen yang sudah diaktifkan alias sudah dipakai. Jadi kalau misalnya visa schengen kamu sudah di-approved tapi belum sempat dipakai masuk ke negara Schengen, itu tidak bisa disebut visa schengen aktif. Untuk diaktifkan syaratnya harus masuk ke negara Schengen.

Sebetulnya kami tidak menemukan aturan tertulis yang menyatakan kalau tidak masuk lewat negara Schengen maka tidak bisa dipakai masuk ke negara-negara Balkan. Tapi karena terturis visa schengen aktif, maka kami cari aman saja. Begitu dapat visa schengen, saya aktifkan dulu dengan masuk via negara Schengen, dalam kasus ini kami masuk lewat Budapest di Hungaria walaupun sebetulnya kami dulu sudah pernah ke Budapest.

Mungkin kalau ada yang punya pengalaman masuk ke negara Balkan dengan visa schengen yang baru (belum diaktifkan), boleh share pengalamannya di kolom komen ya, biar jadi pencerahan.

Kenapa harus Visa Schengen Multiple Entry?

Karena negara-negara Balkan dikelilingi oleh negara-negara Schengen. Kalau misalnya cuma single entry, masuk dari negara Schengen kemudian masuk ke negara Balkan, habis itu ga bisa masuk ke negara Schengen lagi, sedangkan visanya pakai Visa Schengen. Oleh karena itu kalau memang berniat keliling Balkan, pastikan saat mengajukan visa schengen minta yang multiple entry. Jangan lupa lampirkan juga itinerary kamu supaya jadi bukti pendukung yang kuat kalau kamu memang butuh banget visa schengen multiple entry.

Negara yang paling mudah untuk mendapatkan Visa Schengen?

Pertanyaan ini ga bisa dijawab karena ini adalah pertanyaan yang tidak tepat. Mudah di sini seharusnya berarti paling benar karena sesuai aturan sehingga tidak ada alasan untuk ditolak. Tapi kebanyakan menanyakan pertanyaan ‘paling mudah’ dengan harapan menemukan yang paling gampang meskipun ga sesuai aturan.

Aturan utama pengajuan visa schengan adalah ajukan melalui perwakilan negara yang bersangkutan. Ada 2 pilihan untuk pengajuan visa schengen:

  • ajukan via perwakilan negara yang menjadi entry point di area Schengen (misal: terbangnya ke Jerman maka ajukan via kedutaan Jerman), atau
  • ajukan via perwakilan negara yang paling lama akan dikunjungi.

Dalam kasus trip kami kemarin, saya mengajukan visa schengen melalui kedutaan Republik Ceko (di Sydney, karena saya punya Permanent Residency di Australia jadi bisa apply visa di Australia) tapi kami masuk lewat Hungaria. Tidak masalah karena memang selama 2 bulan itu paling lama kami habiskan di Republik Ceko. Jadi meskipun masuknya lewat Budapest mereka tidak akan mempermasalahkan karena sudah sesuai aturan.

Kami sering mendengar banyak orang yang membanggakan diri kalau mereka dapat visa schengen secara mudah melalui kedutaan negara tertentu. Hal itu bisa jadi benar karena mereka yang apply lewat sana memang sesuai aturan. Namun fakta tersebut berubah jadi mitos saat orang berlomba-lomba apply lewat negara tersebut cuma karena ‘katanya gampang’ tanpa peduli aturan yang sebenarnya.

Kami juga pernah dengar kasus orang yang kena blacklist gara-gara ketauan apply lewat kedutaan negara tersebut tapi kenyataannya ga berniat ke negara tersebut sama sekali dan ujung-ujungnya sama sekali ga masuk ke negara tersebut. Ketahuannya memang bukan saat sedang trip, tapi saat apply visa schengen berikutnya yang kemungkinan kena random check dan ketahuan kalau ternyata sebelumnya dia apply lewat sana tanpa berniat ke negara tersebut dan cuma gara-gara ‘kemarin apply lewat sini gampang’.

Bukan berniat menakut-nakuti, tapi bukankah lebih baik ikut aturan daripada deg-degan cuma gara-gara mau shortcut dan pengen yang gampang? Sekarang kalau sudah tau kalau buat ke negara-negara Balkan ‘cuma’ butuh visa schengen, tinggal siapkan saja rute perjalanan kamu supaya apply visanya lancar. Aminn??!

Silakan baca artikel-artikel di bawah ini kalau butuh pencerahan lainnya berkaitan dengan Visa Schengen:

Cara Apply Visa Schengen (Pengalaman Pribadi) – ┬ábahasa Inggris

Cara Beli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

 

Join the discussion 3 Comments

  • Sendy says:

    Terima kasih sdh posting ini, sy sdh baca juga ttg cara apply visa Schengen, tp saya masih kurang paham utk bagian visa Schengen multiple entry. Apakah kita boleh apply yg multiple entry bila belum pernah ke Eropa? Utk pertanyaan berikut ini, mgkn agak keluar dr pembahasan diblog, bila visa Schengen saya single entry berarti tidak bs ke beberapa negara Eropa ya? Ini yg saya masih bingung, mohon pencerahannya. Terima kasih. Sendy

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hai…multiple atau single entry bukan berarti cuma boleh ke 1 negara atau banyak negara. Schengen itu bukan negara, melainkan area di Eropa. Di area Schengen ada banyak negara. Multiple entry maksudnya boleh keluar masuk area Schengen. Kalau dikasihnya single entry artinya begitu kamu pakai buat masuk Schengen area, berarti sudah terpakai. Dan kalau kamu keluar dari schengen area, ga bakal bisa masuk lagi karena schengen visanya sudah terpakai di awal.

      Buat keliling Balkan sebaiknya pakai multiple karena kiri kanan negara Balkan itu masuk Schengen area, jadi enak lewat2nya. Sebetulnya pakai single entry juga bisa2 aja, asal jalurnya diatur dengan sangat teliti sehingga masuk schengennya cuma perlu 1 kali aja.

      Apply multiple entry atau single entry sih ga ada aturan boleh/ga boleh, paling ya keputusannya kan di tangan si pemberi visa. kalau memang punya alasan kuat buat multiple entry, biasanya dikasih.

  • Aku kemarin juga bertanya tanya tentang visa Schengen dan Balkan, akrena rencana road trip. Jadi harus mengurus visa schengen multiple entry biar aman. mau masuka tau atur itinerary jadi lebih mudha kalau punya schengen visa.

Leave a Reply