Prosedur Kepulangan WNI & WNA ke Indonesia per Januari 2022

By January 18, 2022January 23rd, 2022Indonesia
Prosedur Kepulangan Ke Indonesia

Hai hai…secara masih dalam keadaan pandemi, postingan PergiDulu di awal tahun 2022 ini akan membahas tentang prosedur traveling ke Indonesia berdasarkan pengalaman pribadi. Akhirnya setelah hampir 2 tahun di Australia sejak Maret 2020, kami memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Dan karena memang saat ini Indonesia masih memberlakukan kebijakan karantina hotel dan juga syarat-syarat lainnya yang mungkin sedikit ribet, ada beberapa hal yang memang perlu dipersiapkan sebelum pulang ke Indonesia.

Mungkin sudah banyak yang ceritakan pengalamannya kembali ke Indonesia di forum-forum traveling maupun media sosial, namun kami cuma mau sharing berdasarkan pengalaman kami yang terbang kembali ke Indonesia per tanggal 18 Januari 2022. Mudah-mudahan membantu bagi yang masih bingung ataupun belum tau syarat-syaratnya. FYI, bisa jadi saat kamu baca ini sudah berubah lagi aturannya.

Buat kami, hal-hal yang perlu disiapkan sebelum pulang ke Indonesia sebagai WNI dan WNA adalah sbb:

  1. Booster vaksin Covid-19 — mungkin yang satu ini ga berlaku buat semua orang, tapi buat kami yang vaksin pertama dan keduanya didapatkan di Australia dan merencanakan untuk keluar dari Australia untuk waktu yang lama, kami sengaja nunggu booster vaksin dulu karena kalau kelamaan vaksinnya keburu ga efektif, jadi mending di-boost dulu. Vaksin 1 & 2: Pfizer. Booster: Moderna.
  2. Hotel karantina — pada saat memutuskan untuk pulang ke Indonesia, aturan hotel karantina di Indonesia sedang agak labil. Dari yang awalnya sempat cuma 5 hari, naik jadi 7 kemudian 10, rencana jadi 14 tapi akhirnya jadi 7-10 hari dan kemudian saat ini pukul rata 7 hari. Anyway, karena memang sengaja mau cari hotel karantina yang nyaman, kami justru booking hotel dulu sebelum beli tiket pesawat. Kami cocokkan tanggal kamar yang available dengan tiket pesawat. Memang lumayan perjuangan buat booking hotel karantina ini karena ga semua hotel rajin jawab WA atau email. Hotel yang kami pilih: Mandarin Oriental (nanti akan kami review secara detail).
  3. Tiket pesawat — tadinya mau ambil Garuda yang saat ini kalau ga salah terbang seminggu sekali di hari Rabu. Tapi karena hotelnya mulai di hari Selasa, kami ambil Singapore Airlines dengan rute Sydney – Singapore (transit 3 jam) – Jakarta.
  4. VITAS (Visa Ijin Tinggal Terbatas) untuk Adam — karena saat ini visa on arrival untuk WNA sedang dibekukan, WNA cuma bisa masuk ke Indonesia dengan beberapa visa khusus, di antaranya business visa ataupun visa penyatuan keluarga. Sebelumnya Adam memang sudah pernah pakai VITAS sehingga cukup familiar dengan prosesnya. Visa ini kodenya 317, biayanya $150 (USD) ditambah Rp 200.000 untuk biaya persetujuan visa dari Dirjen Imigrasi. Semuanya Adam urus sendiri secara online tanpa agen. Dengan visa ini Adam bisa tinggal di Indonesia selama 12 bulan (single entry). Apply online lewat website ini –> https://visa-online.imigrasi.go.id
  5. Test PCR Negatif — syarat terbang ke Indonesia harus menunjukkan bukti PCR negatif yang diambil maksimal 3 x 24 jam sebelum terbang.
  6. e-HAC — electronic Health Alert Card, isinya lewat aplikasi PeduliLindungi. Jadi mesti download dulu aplikasi PeduliLindungi kemudian di dalamnya nanti ada form e-HAC yang harus diisi. e-HAC wajib untuk semua penumpang baik WNI maupun WNA.

Tenda Tes PCR Di Bandara SydneyDi Australia, tes PCR sebetulnya gratis. Tapi untuk syarat penerbangan, perlu printout resmi dari hasil tes PCR. Oleh karena itu lebih baik ambil tes PCR yang lokasinya di Bandara Kingsford Smith Sydney. Biayanya $79 tapi hasilnya dijamin keluar dalam waktu maksimal 90 menit.

Jadi kalau memang mau PCR di hari yang sama, siapkan waktu yang cukup (kalau bisa 4-5 jam sebelum terbang) supaya aman takutnya antrian panjang. Kami sih ambil di 2 hari sebelumnya karena penerbangan pagi jam 9 pagi sedangkan tenda PCR baru buka jam 6 pagi.Isi Form Online Sebelum Tes PCR

Berikut ini step-step buat yang mau ambil tes PCR untuk penerbangan internasional:

  • bawa paspor dan bukti tiket penerbangan. Kalau tidak ada bukti penerbangan internasional, tidak akan diperbolehkan ambil tes PCR yang ekspress itu. Tes PCR di airport khusus untuk calon penumpang penerbangan internasional.
  • Isi bookingan online di link ini –>https://test2go.com.au
  • Kalau ga sempet atau bingung ngisi form sebelumnya, bisa isi pas di depan tenda sebelum tes. Ada banyak staff yang bisa ditanya.
  • Dengan isi form akan langsung diminta bayar secara online juga.
  • Sebelum masuk ke tenda, petugas akan cek paspor, bookingan tiket pesawat dan bukti bookingan online. Jadi pastiin semuanya udah lengkap dan pastiin ngisi nomor paspor dengan benar karena nantinya akan tertera di hasil tes PCR.
  • Tes di dalam tenda. Cuma beberapa menit doang. Mereka scan passport, colok tenggorokan & idung, udah disuruh keluar.
  • Hasil tes PCR ga usah ditungguin di tempat karena mereka akan kirim sms dan email dengan lampiran pdf berisi hasil tes dan barcode. Sesuai janji, hasil kami keluar dalam 85 menit, tapi denger-denger ada banyak juga yang lebih cepet keluarnya. Mungkin tergantung rame apa ga saat itu. Kami sih ngeprint sendiri keesokan harinya. Mungkin kalau yang tes di hari H bisa dikasih printout dari mereka (tapi kami kurang tau prosedurnya bagaimana).

Cara menuju lokasi Histopath (testing centre) untuk tes PCR penerbangan internasional di bandara Sydney menggunakan public transport:


  • Paling cepat: naik kereta jurusan T8 dari Central Station dan langsung turun di International Terminal Bandara Kingsford Smith Sydney kemudian jalan ke arah Departure Hall (lantai 2) dan keluar dari gate D. Tenda Histopath ada di seberang gate D.
  • Kalau mau murah: naik kereta jurusan T8 dari Central Station dan turun di Mascot Station. Dari Mascot Station jalan sedikit ke halte bus dan naik bus nomor 420.Halte Bus Di Mascot Untuk Ke Bandara
  • Dari halte bus, pemberhentian pertama adalah Domestik Terminal. Jangan ikutan turun di sana. Turun di stop kedua yaitu International Terminal.
  • Dari bus stop International Terminal, jalan ke arah arrival building.Halte Bus Di International Terminal Sydney
  • Opsi pertama: masuk arrival terminal & ikuti arah departure ke lantai 2, keluar ke gate D. Tenda Histopath ada tepat di seberang gate D.Lokasi Tes PCR Di Bandara Sydney
  • Opsi kedua: di seberang arrival terminal ada gedung parkiran dengan tanda P7. Naik elevator 2 lantai dan jalan ke arah jembatan menuju departure hall. Tenda Histopath ada di ujung jembatan (sebelum nyebrang ke departure hall gate D).Gedung Parkir Menuju Lokasi Tes PCR Bandara

Rangkuman

Di hari H penerbangan, siapkan (print) dokumen-dokumen berikut:

  • Hasil tes PCR
  • Sertifikat vaksin internasional
  • Visa (kalau diperlukan)

Note:


  • bukti bookingan hotel karantina tidak ditanya saat check-in di konter Singapore Airlines. Tapi perlu diprint untuk kepentingan ketibaan di Jakarta.
  • e-HAC (yang sudah keluar barcode-nya) diminta ditunjukin saat check-in di konter Singapore Airlines. Jadi pastikan diisi sebelum check-in.

Sudah jelas kan prosedur kepulangan ke Indonesia yang kami sharing? Berikutnya akan kami sharing info prosedur ketibaan di Indonesia buat yang bingung step-stepnya. Sengaja dipisah postingannya supaya ga terlalu overload infonya. See you in Jakarta!

Next post: Prosedur Ketibaan WNI & WNA di Jakarta per Januari 2022

Leave a Reply