Soto Ahri: Soto Paling Terkenal di Garut

Soto Ahri, Garut depan

Jalan-jalan kayaknya belum lengkap kalau belum sekalian cicipin kuliner lokalnya. Waktu ke Cirebon kami berhasil mencicipi 7 Kuliner Lokal di Cirebon, waktu ke Bukittinggi juga sempat mencoba 10 kuliner Bukittingi yang enak. Sebelum kami jalan ke Garut, kami tanya-tanya tentang rekomendasi kuliner lokal di Garut. Dari sana muncul nama Soto Ahri yang katanya kuliner lokal yang wajib dicoba saat mampir di Garut.Soto Ahri, Garut dalamNamun rupanya untuk mencicipi Soto Ahri ini butuh perjuangan karena waktu kami sampai di Jalan Mandalagiri yang katanya merupakan lokasi Soto Ahri yang original, eh katanya sotonya sudah habis dan memang sudah tutup. Untungnya orang-orang di sekeliling Pasar Mandalagiri berbaik hati menyemangati kami untuk mengunjungi lokasi Soto Ahri lain. “Yang di sini yang jualan bapaknya, yang di Cimanuk itu anaknya.” Begitu kata mereka.

Apa keistimewaan Soto Ahri?

Akhirnya kami berhasil mendatangi cabang Soto Ahri di Jalan Cimanuk yang katanya dikelola oleh anaknya. Warungnya lumayan nyaman, ada beberapa meja dengan latar belakang tembok bertuliskan “Soto Ahri”. Menu yang tersedia di warung soto ini ya cuma soto. Paling kombinasinya apakah mau pakai nasi atau tidak, apakah satu porsi atau setengah porsi dan apakah dagingnya pakai daging sapi atau daging ayam.Soto Ahri, Garut makananKonon katanya Soto Ahri ini awalnya cuma pakai daging sapi, namun belakangan ditambah dengan pilihan daging ayam. Karena penasaran kami mencoba setengah porsi nasi soto sapi dan setengah porsi nasi soto ayam. Kami suka kuah sotonya, asin gurih menggunakan santan kuning yang cukup pekat karena banyak mengandung bumbu dan rempah-rempah. Selain daging, kuah sotonya ditaburi kacang kedelai goreng dan daun bawang. Untuk daging sapi, Adam bilang daging sapinya empuk dan bersih (maklum, kami pesan yang daging saja, tanpa jeroan). Namun untuk ayam saya kurang suka karena ayam yang diberikan banyak sekali tulangnya dan cuma sedikit daging yang bisa dimakan.Soto Ahri, GarutUntuk minuman, di sana tersedia es jeruk, es kelapa, es campur dan beberapa jenis jus.

Overall, kami merekomendasikan untuk mampir ke Soto Ahri kalau sedang main ke Garut. Tapi pilih soto sapi aja deh. Dan kalau mau mampir ke lokasi original, silakan cari ke dekat pasar di Jalan Mandalagiri, tapi jangan terlalu siang karena suka cepat habis (di atas jam 12). Oh ya, ternyata Soto Ahri ini sudah buka cabang di Bandung, yaitu di Jalan Buah Batu 235.

Soto Ahri Garut
Jalan Mandalagiri, Garut (jam buka: setiap hari jam 7.00-12.00)
Jalan Cimanuk 297, Garut (jam buka: sampai sore)
Harga: Rp. 24.000 (nasi soto sapi), Rp. 20.000 (nasi soto ayam)

Leave a Reply