Biaya Liburan di Turki

By March 30, 2015Turki
Mevlana Museum di Konya

Kami sudah mendengar banyak sekali orang yang sangat suka Turki. Tapi kami sama sekali tidak punya ekspektasi apa-apa sebelum kami tiba di sana. Namun kami langsung jatuh cinta dengan negara tersebut, khususnya kota Istambul yang kosmopolitan, Goreme yang spektakuler dan Ani di ujung timur yang memesona.

Turki adalah negara yang secara relatif lebih murah dibandingkan negara-negara Eropa Barat dan pastinya lebih murah dari Singapura, tapi memang tidak semurah Indonesia, Thailand ataupun Vietnam. Mungkin hanya sedikit lebih mahal dibandingkan Malaysia.

Di depan Blue Mosque - Istambul

Di depan Blue Mosque – Istambul

Rute kami selama menjelajahi Turki ini adalah sebagai berikut: Istambul-Selcuk (untuk mengunjungi Efesus), Pamukkale, Konya, Goreme (Cappadocia), Mount Nemrut, Kars (untuk mengunjungi Ani) dan kemudian menyebrang jalan darat untuk masuk ke negara Georgia. Rute yang top banget!

Tanggal

Harga (Lira)

Rupiah

Kategori

Komentar

2-Nov-13

38.50

210,133

Food

Lunch

2-Nov-13

26.00

141,908

Transport

Bus to taksim

2-Nov-13

12.00

65,496

Food

Dinner

2-Nov-13

12.00

65,496

Transport

Tram & metro

2-Nov-13

15.50

84,599

Food

Groceries

2-Nov-13

7.00

38,206

Food

Sweets

3-Nov-13

1.00

5,458

Miscellaneous

Toilet

3-Nov-13

170.00

927,860

Accommodation

Accommodation Istanbul

3-Nov-13

11.00

60,038

Food

Lunch

3-Nov-13

1.00

5,458

Food

Donuts

3-Nov-13

1.50

8,187

Food

Donut

3-Nov-13

1.00

5,458

Food

Juice

3-Nov-13

2.00

10,916

Food

Chai

3-Nov-13

6.00

32,748

Food

Fish burger

3-Nov-13

2.50

13,645

Food

Kebab

4-Nov-13

6.25

34,113

Transport

Metro

4-Nov-13

1.50

8,187

Food

Chips

4-Nov-13

110.00

600,380

Transport

Bus to Izmir

4-Nov-13

9.25

50,487

Food

Snack

4-Nov-13

9.25

50,487

Food

2nd snack

4-Nov-13

18.00

98,244

Food

Lunch

4-Nov-13

1.00

5,458

Miscellaneous

Toilet

4-Nov-13

18.00

98,244

Transport

Bus to selcuk

4-Nov-13

20.00

109,160

Food

Dinner

5-Nov-13

50.00

272,900

Activities

Ephesus

5-Nov-13

10.00

54,580

Food

Lunch

5-Nov-13

8.00

43,664

Food

Baklava

5-Nov-13

29.00

158,282

Food

Dinner

5-Nov-13

5.00

27,290

Transport

Bus from Ephesus

6-Nov-13

29.00

158,282

Transport

Train to Denizli

6-Nov-13

140.00

764,120

Accommodation

Hotel Selcuk

6-Nov-13

27.00

147,366

Food

Lunch

6-Nov-13

29.00

158,282

Food

Dinner

6-Nov-13

40.00

218,320

Activities

Travertines

6-Nov-13

7.00

38,206

Transport

Dolmus to Pamukkale

6-Nov-13

1.50

8,187

Food

Salty yoghurt

7-Nov-13

1.00

5,458

Food

Water

7-Nov-13

50.00

272,900

Accommodation

Hotel Pamukkale

7-Nov-13

7.00

38,206

Transport

Bus from Pamukkale to Denizli

7-Nov-13

50.00


272,900

Accommodation

Hotel Konya

7-Nov-13

16.00

87,328

Food

Dinner

7-Nov-13

85.00

463,930

Transport

Bus from Denizli to Konya

7-Nov-13

16.00

87,328

Food

Lunch

8-Nov-13

25.00

136,450

Miscellaneous

Pulsa

8-Nov-13

32.50

177,385

Food

Lunch

8-Nov-13

6.00

32,748

Activities

Museum melvana

8-Nov-13

3.80

20,740

Transport

Dolmas to bus station

8-Nov-13

10.50

57,309

Food

Bekal

8-Nov-13

4.50

24,561

Food

Tea

8-Nov-13

70.00

382,060

Transport

Bus to Goreme

8-Nov-13

10.00

54,580

Food

Snack

8-Nov-13

30.00

163,740

Food

Dinner

9-Nov-13

418.00

2,281,444

Activities

Balloon

9-Nov-13

20.00

109,160

Food

Lunch

9-Nov-13

25.00

136,450

Food

Dinner

10-Nov-13

47.00

256,526

Activities

Motorbike hire

10-Nov-13

10.00

54,580

Food

Lunch

10-Nov-13

30.00

163,740

Activities

Underground city

10-Nov-13

150.00

818,700

Transport

Tickets to Nemrut

10-Nov-13

2.85

15,555

Food

Bekal

10-Nov-13

37.00

201,946

Food

Dinner

10-Nov-13

161.00

878,738

Accommodation

Hotel Cappadocia

11-Nov-13

80.00

436,640

Activities

Nemrut tour

11-Nov-13

18.00

98,244

Activities

Nemrut entry

11-Nov-13

25.00

136,450

Food

Lunch

11-Nov-13

2.00

10,916

Miscellaneous

Toilet

11-Nov-13

7.00

38,206

Food

Snack

11-Nov-13

6.00

32,748

Food

Dinner

11-Nov-13

140.00

764,120

Transport

Bus to Kars

12-Nov-13

70.00

382,060

Transport

Trip to Ani

12-Nov-13

10.00

54,580

Activities

Ani entrance fee

12-Nov-13

30.00

163,740

Transport

Dolmas to Ardahan

12-Nov-13

20.00

109,160

Food

Lunch

12-Nov-13

30.00

163,740

Accommodation

Hotel Ardahan

12-Nov-13

21.00

114,618

Food

Dinner

13-Nov-13

5.50

30,019

Food

Bekal

Jumlah

2,658

14,509,547

(nilai tukar hari ini)

Kami menginap di berbagai tempat berbeda di Turki mulai dari AirBnB yang fantastis sampai ke hotel kecil yang yang tidak terdaftar di internet. Kami juga sempat menghabiskan 2 malam berturut-turut di dalam bis dalam perjalanan menuju dan dari Mount Nemrut. Akomodasi favorit kami adalah sebuah apartemen kecil di Istambul yang tidak jauh lokasinya dari Taksim Square. Walaupun kecil namun punya style, dilengkapi internet cepat dan harganya sangat murah. Jika kalian belum pernah pakai AirBnB, bisa dapat diskon $20 untuk penggunaan pertama  melalui Pergi Dulu.

Istambul – share apartment di bagian selatan kota – Rp. 464.000/malam (share biaya dengan teman lain)
Selcuk – hotel di pusat kota (maaf..lupa namanya) kemudian jalan kaki ke Ephesus – Rp. 382.000/malam
Pammukale – kamar standar dengan makanan yang enak, sangat dekat dengan tavertines – Rp. 272.000/malam
Konya – hotel murah di pusat kota (lupa namanya karena cari mendadak) – Rp. 272.000/malam
Goreme – hotel bagus, sarapan enak, gayanya seperti cave hotel! – Rp. 439.000/malam
Ardahan – hotel kecil murah tapi tidak ada di internet – Rp. 163.000/malam
Istambul – apartemen kecil yang bagus, murah, stylish dan ada koneksi internet cepat – Rp. 294.000/malam

Makanan enak di Turki

Makanan enak di Turki

Makanan di Turkey sangat enak dan kami sempat mencoba beberapa jenis makanan yang berbeda. Tempat yang paling recommended untuk makan makanan lokal adalah di rumah makan kecil seperti R.M Padang, tapi tentu saja rasa makanannya berbeda. Makanan di tempat seperti itu biasanya sangat murah. Jika ingin fast food ala Turki, ada banyak kebab seharga Rp 10.000 – an.

Ternyata ada banyak aktivitas wisata di Turki yang lumayan menyita budget liburan ke sana. Di Istambul harus bayar untuk masuk Hagia Sophia. Di Selcuk harus bayar untuk masuk Ephesus (tapi keren!). Di Pammukale harus bayar jika mau ke Tavertines (formasi gunung batu kapur berundak-undak). Di Goreme pasti banyak yang mau naik balon udara. Biayanya berkisar antara Rp. 1.000.000 – 2.600.000. Kenapa bedanya lumayan jauh? Biasanya tergantung dari berapa banyak orang yang bisa diangkut dalam satu balon. Semakin murah biayanya maka kamu akan sharing pemandangan dengan banyak orang dari atas balon, mungkin harus bergantian supaya bisa dapat posisi bagus untuk foto, dll. Selain itu kami juga bayar tiket untuk mengunjungi Mount Nemrut dan Ani, dua tempat yang jarang dikunjungi turis, tapi buat kami adalah pengalaman favorit di Turki.

Efesus - kota penuh sejarah di Turki

Efesus – kota penuh sejarah di Turki

Transportasi di dalam kota-kota di Turki biasanya kami jalan kaki karena kota-kotanya kecil. Kecuali di Istambul di mana ongkos naik tram atau metro adalah sekitar Rp 15.000. Kami juga naik bis antar kota yang servisnya sangat memuaskan karena beberapa ada wifi dan semuanya ada free refreshment setiap beberapa jam berupa minuman dan snack. Ongkos bis berkisar antara Rp. 250.000 – 350.000 tergantung jarak yang ditempuh.

Sekian penjelasan tentang biaya liburan di salah satu negara favorit kami. Tidak terlalu mahal dan pastinya bisa lebih hemat lagi!

Ada pertanyaan mengenai biaya liburan tersebut? Jangan lupa follow kami di twitter untuk dapat banyak info tentang travel, dan follow juga Instagram kami!

Instagram

Join the discussion 76 Comments

  • Fahmi says:

    Catet dulu mbak buat referensi 😀 putri pengen banget ke negara yang satu ini~ Lagi nabung dulu biar kesampean 😀

  • Haya says:

    Turki! Ahhh… destinasi jalan-jalan idaman ini mbak.. Makasih infonya 🙂

  • Navia says:

    Istanbul is really a beautiful city! Too bad I didn’t go to Any when I was in Turkey 🙁

  • Waduuhhh wajib dipertimbangkan nih. penasaran sama hagia sophia. makasih infonya mbak, bakal ngebantu banget walaupun belum sekarang hehe

  • rizal says:

    lg ngumpulin dana buat tiket PP..soal tinggal dan makan tidak usah terlalu dipikirin..ada kakak kandung tinggal di ankara…gak sabar pas musim salju kesana

  • Yaaaap..pas banget lagi bergerilya sendiri mengurus trip Turkey buat tahun depan. Tiket sudah di tangan dan baru kali ini maunsolo trip. Berguna banget link penginapan dan itinerary budgetnya. Walo sudah pasang iklan di beberapa website jalan2 tapi belum dapat teman trip yang pasti ikut. Klo mau ikut buat 22 Maret-2April 2016 maen ke blog aku yahh…thanks 🙂

  • olivia says:

    Mba, mau tanya itu biaya yang dirinciin…untuk per org atau ber 2 ya?

  • andini says:

    Mba, mau tanya skrg turki pake visa atau VOA yaa.. denger2 dulu VOA tapi skrg jadi eVisa katanya?! Thanks for sharing

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Iya…dulu bisa VoA ataupun eVisa. Tapi waktu kemarin kami ke sana pilih eVisa karena lebih praktis sih. Diapproved langsung dalam beberapa menit. tinggal download pdf eVisa-nya dan ga usah antri lagi di konter VoA.

  • Nana says:

    Maaf Mba saya mau nanya kalau eVisa itu apa ya?apa sama dengan cara urus visa Jepang kalau pakai Epassport,maklum Org ndeso saya Mba ? terimakasih

  • Ika says:

    Kerreenn. Emang lagi ngumpulin banget budget nya yang mudah2an 2017 atau 2018 pengen kesana. Kalau dipikir2 biaya nya standard yaa hidup disana.. saya bisa nanya, mudah2an mbak tahu, berapa jam waktu yang bisa ditempuh untuk menuju Bursa via Istanbul? Trims buat infonya ya. 🙂

    • Susan Natalia Poskitt says:

      waduh….malah belum pernah denger nama Bursa. Di sebelah mana itu? Maap ga bisa bantu ;(

      • Ika says:

        Ohh kata temen sekitar 4 jam via darat kalau dari Istanbul ke Bursa. Sebelah selatan nya Istanbul juga. Ada tempat wisata kaya Ulu Cami, bagus juga kok masjidnya.. hehe, saya pikir mbak nya tahu.

    • nanik matrolin says:

      Perjalanan darat dg bis krg lbh 3 jam…nsik ferry cuma 30-45 menit kok…krn bllln januari 2016 kemaren ke turkey…pas winter…tpi tfk srmua kota di turky turun salju…tpi ttp dingin….

  • Reza Adara says:

    Hi mbak suka banget sama cerita k turkinya. Boleh nanya lbh detil ga via email? Hehe salam saya reza.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hai Reza….coba tanya dulu di sini aja, supaya bisa sekalian share info siapa tau ada yang punya pertanyaan serupa 🙂

  • indah says:

    Txs mba infonya,,mudah2an ku bisa kesn,,impianku banget liburan ke turki

  • Aiinii says:

    Mbak mau tanya, itu biaya 15 jutaan udah trmasuk tiket PP atau gak? Indonesia – Turki?
    Pngen bnget kasa 🙁 *terimakasih info nya mbak 🙂

  • Ika says:

    Adakah teman2 yang mau jadi teman untuk pergi sama sama ke Turki?
    Kemungkinan 2016 akhir atau 2017 gitu kok.
    Aku ke Bursa, tapi tetap tempat awal pastinya Istanbul dengan tujuan liburan aja kok. Kasih tau aja yaa buat pengunjung website disini ^^

    • fajria says:

      halo mba,sya punya rencana ke turki taon depan,tapi kira2 keseluruhan biayanya berapa ya kalo kt brngkat dari jakarta?

      • Adam says:

        untuk biaya per hari bisa dilihat dari postingan. tinggal tambah biaya tiket penerbangannya saja. Jadi bisa dihitung sendiri 🙂

  • Adist Mahendra says:

    2016 saya pengen banget mba ke turkey mumpung ada temennya nih yuk..yuk..yuk..hehehe

  • adist mahendra says:

    mmmm…ngajak atuh mba’e biarr seru hehehe

  • helmy says:

    sekrang katanya kalo ke turki gak butuh visa cuma butuh paspor,benar gak sih mba,,thankyou

    • Adam says:

      Skrg sistemnya online visa. Jadi apply dulu secara online sebelum berangkat. Cepet banget koq, ga sampe 5 menit udah dikirim email approvalnya. Bayarnya pake kartu kredit.

  • Ayu says:

    mungkin ini bakal jadi kunjungan pertama ke turki yang mudah mudahan bakalan pergi akhir 2016 ini, yang mau ditanyain bisa gak pembayaran visa online itu dibayar dengan temen yang bayarin nya melalui luar negri dan pakai kartu kredit dia atas nama dan tiket aku? Please jawab ya, karena aku sendiri belum punya credit card. Thanks.

    • Adam says:

      maaf kurang tahu, lebih baik google mengenai kasus seperti itu atau coba baca-baca lagi dengan teliti mengenai proses pembayaran seperti itu. Seharusnya sih ga masalah, tapi coba cek dulu via google siapa tahu ada yang pernah mengalami seperti itu.

  • UruliaYashinta says:

    Ada yang mau ke turki bulan agustus september 2016 ngga yah?

  • dudidudidamdam says:

    halo mba, trima kasih bnyk postingannya dan lengkap bgt buat referensi.

    btw, kalo ada temen-temen yg udah punya tiket jkt-ist tgl 5 may 16 mungkin bisa share cost sama saya, muter-muter sekitaran istanbul, plannya 5-9 mei, newbie solo backpacker long-haul trip.

  • dian says:

    Hai teman ini bakalan jadi kunjungan pertamaku juga…sekalian ada plan keturkey nih kunjungi teman disana…inshaAllah rencana juli or agustus..terimakasih banyak infonya ya mba.

  • Nia Emira says:

    Mbak..klo perjalanan dari Jkt -London trus mau ke Turki bisa langsung masuk ke Turkikah dng e-visa dan kembali ke London,krn jarak penerbangan dari London Turki cuma sekitar 3 jam dng pesawat dan tiketnya murah sekitar 1,8 pp…jd diurus visa Turkinya dari Jkt yaa?

  • Nia Emira says:

    Atau harus beli tiket Jkt-London-Turki-Jakarta? Terima kasih mbak

    • Adam says:

      ini ga masalah, kalau mau balik lagi ke London dari Turki juga ga masalah. Cari aja yang paling murah rutenya spt apa 😉

  • Hafid says:

    kalo untuk keluarga,mau ke turky sebaiknya bagimana,saya rencanabulan Desember 16 mau kesana?

  • rachmad yasser says:

    Ini kalkulasi biaya perorang mas ?

  • sari says:

    hallo mba,,, senang dech dapat informasi ttg trip ke turki,, makasih infonya yaa,,, saya masih nabung2 nich buat jalan2 ke turki,, mudah2an kalau udah oke tabungannya ada teman yang bisa di ajak jalan2 bareng,, maklum udah single parent, takut pergi sendirian,,, hehehe,,,
    email saya: sariamir2016@gmail.com kalau ada grup ttg travelling, saya di info ya teman2,,, terima kasih.

  • Babang Travengler says:

    makasi banyak kak dah sharing. insya allah bulan depan Babang mau ke sini ?

  • Ika Mardhika says:

    Halo admin saya mau bertanya lagi. Setahu saya katanya, visa menuju Turki tidak bisa dibayar melalui credit card dari Bank Turki itu sendiri. Masalahnya adalah saya tidak memiliki credit card,karena berencana yang akan membayarkan visa adalah teman saya yang memang orang Turkey. Apakah saya harus membayar melalui credit card orang yang bukan dari Turki itu sendiri?
    Mohon infonya kak.
    Btw, saya in shaa Allah akan berencana ke Turki sekitar bulan Juli atau Agustus tahun 2017.
    Jika ada yang pergi sekitar bulan itu bisa email saya ke ikalangitpelangi@gmail.com atau sam_febes@ymail.com
    Dua duanya aktif.
    Thanks. 🙂

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hmm…kurang tau aturannya ya. Kalau memang tidak bisa ya berarti aturannya begitu. Karena kan biasanya yang apply visa bukan orang Turki. Mungkin bisa minta tolong teman di Indonesia yang punya kartu kredit untuk bayarkan dulu dan kamu bayar cash ke dia?

  • yuniar ayu kiswanti says:

    Maaf, teman teman ada yang mau berangkat keturki pertengahan februari 2017 ga? Trims ya..

Leave a Reply