10 Makanan yang wajib dicoba di Bintan

10 Makanan Wajib Dicoba Di Bintan

Bukan rahasia lagi kalau salah satu alasan kami suka traveling adalah untuk makan. Kami sangat suka menemukan kenikmatan kuliner di tempat-tempat baru yang kami kunjungi, demikian juga halnya saat kami mengunjungi Bintan. Berikut ini adalah daftar makanan yang menurut kami layak dicoba saat kamu jalan-jalan ke Bintan.

1. Gonggong

Gonggong Khas BintanGonggong adalah sejenis siput laut yang banyak ditemukan di perairan di sekitar Bintan dan biasa disajikan sebagai menu di banyak rumah makan di pulau ini. Cara memakannya sangat sederhana. Ambil tusuk gigi, korek gonggong dari dalam cangkangnya, celupkan ke dalam cocolan sambal kemudian makan. Rasa dan teksturnya agak mirip dengan cumi. Gonggong ini sangat khas dan wajib dicoba di Bintan.

2. Otak-otak Kawal

Otak Otak PinangOtak-otak merupakan cemilan tradisional yang banyak terlihat di Malaysia serta kepulauan Indonesia. Bentuknya berupa adonan yang terbuat dari daging ikan giling  dicampur tepung tapioka kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar di atas arang. Meskipun otak-otak ada di berbagai tempat di Indonesia, otak-otak di Bintan ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan adanya tambahan rempah, khususnya cabe. Harganya pun cuma Rp1.000/buah.

3. Seafood

Telok Bakau Bay View Seafood RestaurantTentu saja seafood adalah salah satu makanan yang wajib dinikmati saat kamu ke Bintan, tapi harus makan seafood di mana itu merupakan pertanyaan penting. Kami sudah mencoba beberapa tempat yang menyajikan seafood mulai dari restoran dengan setting yang lebih formal hingga ke pasar malam di Tanjung Pinang. Seafood disajikan dalam berbagai bentuk mulai dari kepiting saus lada hitam, ikan goreng/bakar dengan cara masak sesuai pilihan kamu atau udang goreng mentega.

Beberapa pilihan tempat makan seafood yang kami rekomendasikan di antaranya Kelong Seafood Restaurant yang ada di Nirwana Gardens, HOOK ON! Seafood Grill & Bar yang ada di Treasure Bay dan Teluk Bakau Sea View Seafood Restaurant di Pantai Trikora.

4. Pisang Goreng Keju

Pisang Goreng Keju Di Melayu Square BintanSesuai namanya, pisang goreng keju adalah pisang yang digoreng kemudian ditabur keju. Tentunya makanan ini penuh dengan kalori, tapi yang pasti enak banget. Penjual di Melayu Square menggoreng pisang terlebih dahulu, disiram dengan susu kental manis kemudian baru ditabur dengan setumpuk keju parut. Bisa ditambah lagi dengan saus coklat kalau memang mau lebih kaya rasa. Hasilnya adalah ledakan rasa yang jadi highlight cemilan di Bintan.

5. Es Cendol

Cendol Di Tepi Laut, BintanDi Melayu Square juga ada penjual es cendol yang menyajikan secangkir besar kenikmatan dengan rasa cita manis berkaramel. Agak sedikit berbeda dengan versi cendol di Singapura dan Malaysia, cendol di Indonesia biasanya disajikan dengan cangkir dan bukan pakai mangkuk. Rasanya sih agak mirip, tapi yang pasti es cendol di Melayu Square layak dicoba.

6. Ayam Presto

Ayam Presto Bude Nino Di BintanAyam Presto adalah menu masakan ayam yang dimasak 2 kali dan menu ini bisa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia termasuk di Bintan. Versi asli ayam presto di Bintan adanya di Ayam Presto Bude Nino (Km 42 Jalan Raya Tanjung Uban – Tanjung Pinang) dan merupakan salah satu ayam presto paling enak yang pernah kami coba. Potongan ayam yang sudah dimasak menggunakan pressure cooker kemudian digoreng memberikan tekstur kulit yang renyah namun daging di dalamnya sangat empuk dan tidak kering. Enak banget!!

7. Pizzeria Casa Italia

Pizza Di Pizzeria Casa Italia BintanDi daerah Pantai Trikora ada sebuah toko pizza yang menyajikan pizza enak dengan lokasi tepat di pinggir pantai. Tapi bukan cuma sekedar toko pizza biasa. Tempat ini terlihat seperti sebuah warung pizza dan dioperasikan oleh seorang wanita asal Italia yang membuat pizza tradisional Italia asli. Bawahnya tipis, bahannya berkualitas dan dimakan sempurna menggunakan oven. Kami mencoba beberapa jenis pizza berbeda di sini dan semuanya enak banget. Sebagai bonus, di sini kamu bisa menikmati pemandangan pantai atau bahkan berenang.

8. Mie Ayam Bintan Mall

Mie Ayam Bintan Indah MallWaktu jalan-jalan di Tanjung Pinang, kami sangat suka Mie Ayam yang ada di Bintan Mall. Kebetulan waktu itu hujan besar, jadinya enak banget dingin-dingin makan semangkuk mie panas yang baru dibuat dengan topping potongan ayam dan semangkuk kuah ayam dengan pangsit. Selain rasanya enak banget, harganya juga murah. Cuma Rp21.000 seporsinya.

9. Sop Ikan Keladi Khe Siang

Sup Ikan KeladiKami sempat makan semangkuk sop ikan yang enak di daerah Akau di Tanjung Pinang. Menariknya, di dalam sop ikan ini juga ada potongan keladi. Oleh karena itu makanan ini dinamakan Sop Ikan Keladi. Biasanya sop ikan ini disajikan dengan semangkuk nasi putih di mana kamu tuang sesendok sop dengan potongan ikan dan keladi ke atasnya. Kami juga pesan secangkir jeruk panas. Jenis jeruk yang dipakai kami kurang paham, tapi pokoknya enak!

10. Rijsttafel di Nelayan, Bintan Lagoon Resort

Romantic Dinner Di Bintan Lagoon ResortRijsttafel merupakan cara makan yang dipopulerkan oleh bangsa Belanda saat mereka ada di Indonesia, di mana mereka meminta staff dapur untuk menyiapkan banyak sekali jenis makanan berbeda untuk dimakan bersama di tengah meja seperti halnya sedang pesta. Tradisi ini masih berlanjut di Nelayan Restaurant yang ada di Bintan Lagoon Resort.

Kami menikmati rijsttafel untuk 2 orang dan di antaranya ada rendang, perkedel, ayam bakar, seafood curry, omelet dan semuanya enak banget. Mejanya sengaja diset di area restoran yang lebih sepi, menghadap ke arah laut dan dikelilingi lilin kecil. Semua makanan ini disajikan sekaligus dengan cara tradisional, yaitu 2 orang menggotong baki besar yang berisi semua makanan tersebut kemudian diletakkan satu-satu di atas meja. Sebuah pengalaman makan yang luar biasa dan layak dicoba bahkan meskipun kamu tidak menginap di resort ini.Rijsttafel Di Nelayan Resto BintanKami sangat suka makanan yang ada di Bintan dan hal itu membuktikan dengan sedikit usaha, kamu bisa menggali harta kuliner yang kadang terkubur tidak jauh di bawah permukaan. Kalau kamu suka makanan dan berencana ke Bintan, coba cek daftar makanan di atas, sewa mobil dan supir kemudian jelajahilah pulau ini untuk menemukan lebih banyak lagi makanan enak di Bintan.

Leave a Reply