Highlight Negara-Negara Balkan versi PergiDulu

By February 22, 2019 April 23rd, 2019 Balkans
Highlight Negara Negara Balkan

Road trip keliling negara-negara Balkan selama 39 hari tentunya membawa kami ke banyak sekali tempat-tempat menarik. Tapi kami banyak sekali mendapat pertanyaan, “kalau cuma punya xxx hari, sebaiknya pilih spot yang mana?”. Meskipun tentunya setiap spot punya daya tarik masing-masing, kami akan coba membuat daftar highlight tempat-tempat menarik yang kami kunjungi di negara-negara Balkan kemarin. Dari daftar tersebut mudah-mudahan memberikan gambaran untuk membuat pilihan ke negara mana saja yang ingin dikunjungi kalau waktunya terbatas.

Daftar ini dibuat berdasarkan kronologis waktu kunjungan dan bukan berdasarkan ranking dari yang paling favorit. Mari kita mulai!

1. Buzludzha Monument

Highlight Balkan Buzludzha BulgariaTempat yang aneh di lokasi yang sulit dijangkau di sebuah pegunungan tinggi di Bulgaria. Buzludzha ini bukan spot turis yang mainstream, untuk ke sini bisa sewa driver dari Sofia atau kalau punya kendaraan sendiri lebih enak karena tidak ada transportasi publik ke tempat ini. Meskipun waktu kami ke sana sedang berkabut dan pemandangan tidak terlalu jelas, keberadaan gedung bekas parlemen partai komunis terbengkalai yang bentuknya menyerupai UFO ini adalah sebuah pemandangan yang tidak biasa.

2. Ohrid

Highlight Balkan Ohrid MacedoniaBerlokasi di pinggir Danau Ohrid, kota Ohrid merupakan kota kecil yang menyenangkan. Konon katanya Ohrid ini jadi spot favorit summer holiday warga Macedonia, namun karena waktu itu kami ke sana saat musim dingin, suasananya sangat damai. Kami paling suka pemandangan dari atas Church of St. John yang ada di paling ujung danau karena pemandangannya lebih terbuka luas.

3. Prizren

Mungkin ini bukan pilihan yang objektif karena Prizren adalah kota satu-satunya yang kami kunjungi di Kosovo saat day trip dari Skopje. Tapi dari pengalaman kami, Prizren adalah kota kecil yang menyenangkan dengan atmosfer yang santai, terutama di daerah pinggiran sungai yang mengarah ke Stone Bridge dan Sinan Pasha Mosque.

4. Benje/Permet Natural Hot Spring

Kami suka banget spot ini karena masih sangat natural dan jarang banget dikunjungi turis. Daya tarik spot ini adalah sebuah jembatan batu tua yang menjulang tinggi di atas sebuah sungai yang aliran airnya berasal dari sumber air panas alami. Tak jauh dari jembatan itu ada sebuah kolam kecil yang membendung air panas supaya bisa dipakai berendam. Saking alaminya, tidak ada tangga naik/turun ataupun tempat duduk di sekitar kolam. Sungguh tempat ini merupakan hidden gem di Albania!

5. The Blue Eye

Highlight Balkan The Blue Eye AlbaniaTempat natural lainnya yang juga tidak terlalu banyak dikunjungi turis di Albania adalah The Blue Eye. Sebetulnya ada transportasi publik yang melewati belokan jalan ke spot ini, tapi masih harus disambung jalan kaki sekitar 2 km sekali jalan. The Blue Eye ini adalah mata air alami yang menyembur kencang dari sebuah lubang yang sangat dalam di bawah tanah. Dari atas terlihat sangat cantik, dengan warna hijau dari lumut yang tumbuh di dasar sungai dan warna biru kontras tanda air yang sangat dalam.

6. Gjirokaster

Highlight Balkan Gjirokaster AlbaniaKota di Albania ini dikenal dengan nama The Stone City dan terdaftar sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site. Sudah bisa ditebak alasannya adalah karena banyak unsur batu yang terlihat di kota ini, mulai dari jalanan serta gang-gang sempit yang tatanan batunya super rapih, hingga tembok dan atap rumah. Pemandangan The Stone City ini bisa dinikmati di area kota tua Gjirokaster yang tidak terlalu besar dan mudah dijelajahi dengan berjalan kaki.

7. Berat

Highlight Balkan Berat AlbaniaSama seperti Gjirokaster, Berat juga terdaftar sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site di Albania. Kami sangat suka kota tua Berat, terutama gang-gang kecilnya yang sempit dan berkelok-kelok naik ke arah fortress di puncak bukit. Pemandangan dari atas fortress maupun dari walking street di bawah sama kerennya.

8. Ostrog Monastery

Highlight Balkan Ostrog MontenegroBergeser ke Montenegro, Ostrog Monastery adalah sebuah monastery yang dibangun di dalam tebing. Dari luar terlihat seperti bangunan yang menempel di sisi gunung. Begitu masuk ke dalam baru terlihat kalau sisi dalam dari bangunan itu adalah gunung itu sendiri. Karena ini merupakan situs religius dan masih aktif digunakan, pengunjung diharapkan berpakaian sopan dan dilarang mengambil gambar di area-area tertentu. Jadi pemandangannya tidak usah dipamerkan, tapi diingat saja sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

9. Kotor

Highlight Balkan Kotor MontenegroTadinya cuma berminat menginap 2 malam di sini, tapi karena seharian hujan, akhirnya kami menambah semalam di Kotor. Dan itu adalah keputusan yang sangat tepat karena keesokannya hari cerah sehingga kami bisa naik ke fortress yang deretan tangganya terlihat seperti tegak lurus ke atas bukit. Konon katanya ada 1350 anak tangga (kalau tidak percaya silakan dihitung sendiri saja). Pemandangan dari atas memang sangat menakjubkan dan kami sangat suka Bay of Kotor ini.

10. Zabljak (Durmitor National Park)

Highlight Balkan Zabljak MontenegroSpot yang satu ini tidak masuk rencana sama sekali saat membuat planning tentang Montenegro. Tiba-tiba tergoda untuk ke sini karena ada prakiraan cuaca yang memperkirakan kalau daerah ini bakal bersalju. Dan memang prakiraannya terbukti akurat. Sebelum sampai Zabljak kami sudah disambut oleh jalanan yang tertutup salju tebal. Zabljak sendiri adalah sebuah kota yang sangat kecil namun atmosfernya sangat menyenangkan. Mungkin gara-gara tertutup salju tebal, Black Lake yang jadi spot populer di Zabljak terlihat sangat uhh-maaa-ziiinggg!!

11. Mostar

Highlight Balkan Mostar BosniaNama kota kecil ini sepertinya sudah cukup dikenal di ranah instagram gara-gara jembatannya. Stari Most (Old Bridge) yang ada di Mostar memang jadi spot yang dituju oleh semua pengunjung yang datang ke Mostar. Kebanyakan ke Mostar dengan cara day trip dari Sarajevo. Tapi menurut kami worth it untuk menginap setidaknya semalam di Mostar supaya bisa merasakan tenangnya suasana kota kecil tersebut saat rombongan tur sudah pergi.

12. Dubrovnik

Highlight Balkan Dubrovnik KroasiaKota di area terpisah dari kota-kota Kroasia lainnya ini katanya memang sudah populer sejak dulu. Namun Dubrovnik melejit popularitasnya sejak dijadikan tempat shooting beberapa scene di serial Game of Thrones dan Star Wars The Last Jedi. Saking populernya, ada tur khusus buat para fans film-film tersebut. Dubrovnik memang cantik kota tuanya, namun banyak yang bilang kalau summer parah banget ramainya. Kami rekomendasikan ke sana saat low season (musim dingin) supaya setidaknya bisa merasakan kecantikan Dubrovnik tanpa disikut atau didorong-dorong oleh rombongan tur.

13. Plitvice National Park

Highlight Balkan Plitvice KroasiaTidak bisa dipungkiri kalau Plitvice National Park ini jadi highlight di Kroasia maupun di antara negara-negara Balkan. Di Plitvice National Park ini ada 16 danau yang dihiasi dengan air terjun. Bentuk air terjunnya bermacam-macam mulai dari yang satu aliran namun tinggi sekali, hingga yang berundak-undak serta lebar. Yang seru dari taman nasional ini adalah jalur kunjungannya sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak perlu khawatir terlewat. Bahkan di tiket masuknya sudah termasuk tiket untuk shuttle boat dan shuttle bus dari satu titik ke titik lainnya. Siapkan waktu seharian kalau mau puas keliling-keliling di sini.

14. Lake Bled

Highlight Balkan Lake Bled SloveniaKami tidak menginap di Bled, cuma day trip saja dari Lubljana. Kami sengaja ke sini pagi-pagi untuk mengejar sunrise di Lake Bled. Tidak dapat sunrise karena sedang mendung. Tapi pemandangan di Lake Bled itu sendiri sudah menakjubkan dengan adanya Bled Island di tengah danau dan Bled Castle serta pegunungan bersalju di latar belakangnya. Lake Bled ini memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu pemandangan ikonik di Slovenia.

15. Belgrade

Highlight Balkan Belgrade SerbiaSebetulnya tidak ada landmark yang wow banget di Belgrade, cuma waktu kami di Belgrade selama beberapa hari sedang turun salju non-stop selama berhari-hari. Gara-gara itu pemandangan di kota Belgrade jadi super putih dan terlihat cantik. Belgrade kota yang menyenangkan, banyak taman dan mudah dijelajahi dengan jalan kaki.

16. Sighisoara

Highlight Balkan Sighisoara RomaniaSama seperti Serbia, kami juga banyak kena salju di Romania. Kami sempat mengunjungi beberapa kota kecil dan mampir ke beberapa castle. Sighisoara adalah salah satu kota kecil yang menurut kami sangat cantik dan menyenangkan. Rumah-rumah di sana sangat berwarna-warni dan ada banyak bangunan tua yang sangat khas arsitekturnya.

Sekarang udah ga bingung lagi kan nentuin prioritas mau ke mana aja di negara-negara Balkan? Atau malah tambah bingung? Kalo pengen ke semuanya ya jalan satu-satunya adalah….perpanjang liburannya! Hehe….selamat merencanakan liburan keliling Balkan! Baca juga Visa untuk Keliling Balkan dan Cara Sewa Mobil untuk Keliling Balkan.

Join the discussion One Comment

Leave a Reply