Itinerary Liburan ke Belitung 5H4M

By August 9, 2019 Belitung
Created By Dji Camera

Bulan April 2019 yang lalu waktu balik ke Indonesia untuk 1.5 bulan kami sempat bingung cari destinasi liburan domestik. Kenapa? Alasannya adalah karena tiket pesawat domestik lagi melambung tinggi!! Cek destinasi sana-sini harganya jutaan bahkan lebih mahal daripada ke luar negeri. Setelah berpikir keras akhirnya kami memutuskan untuk liburan singkat ke Belitung!

Susan sudah pernah ke Belitung sekitar 8 tahun yang lalu, tapi Adam belum pernah. Jadi kayaknya asyik juga nih kalo bisa eksplor bareng. Hal pertama yang kami lakukan setelah memutuskan untuk ke Belitung adalah mencari rental motor karena kami pengen eksplor secara independen. Setelah ubek-ubek sosmed akhirnya ketemu https://www.belitungrentalmotor.com yang keliatannya trusted (dan memang setelah kami pakai jasa mereka recommended banget!!)Sewa Motor Di BelitungUntuk akomodasi, kami menginap selama 4 malam di 4 tempat yang berbeda karena memang rencananya kami mau eksplor tempat-tempat yang berbeda. Tapi kalau ga mau ribet pindah-pindah hotel, memang lebih baik sih stay di satu tempat saja karena pulau Belitung tidak terlalu besar dan bisa dieksplor dengan cara melakukan beberapa day trip.

Kami sarankan biar liburan kamu lebih santai dan ga ribet, sekalian aja pesan paket wisata berupa tiket pesawat dan sekaligus hotelnya pake fitur Flight + Hotel di Traveloka. Buat yang belum tau apa itu fitur Flight+Hotel di Traveloka, berikut ini adalah gambaran singkatnya:

  • Pengguna bisa pesan paket tiket pesawat dan hotel untuk satu kali perjalanan atau pulang-pergi.
  • Pengguna bisa pesan hotel di luar destinasi penerbangan, selama masih dalam satu negara.
  • Pengguna bisa pesan hotel dengan jadwal check-in dan check-out yang berbeda dengan jadwal penerbangan.
  • Pengguna bisa pesan jumlah kamar hotel sesuai keinginan tanpa harus sama dengan jumlah penumpang pesawat.
  • Di bagian atas tempat pemesanan terdapat banner yang bisa diklik untuk paket-paket plihan sesuai budget yang diinginkan pengguna.
  • Jika pengguna perlu mengubah pesanan Pesawat + Hotel yang sudah dikonfirmasi, pengguna bisa mengubah penerbangan dan hotel secara terpisah. Catatan: Beberapa penerbangan atau reservasi hotel tidak mengizinkan refund atau mengenakan biaya pembatalan. Pastikan kalian sudah baca dan pahami kebijakan maskapai dan kebijakan hotel -nya ya.

Traveloka Flight And HotelKeuntungan fitur Flight+Hotel di Traveloka yang pasti adalah praktis (tanpa repot, pesan sekaligus dalam satu waktu), lebih hemat, pilihan variatif (ada banyak destinasi) dan metode pembayarannya pun beragam mulai dari transfer, ATM, kartu kredit dan PayLater.

Penasaran dengan itinerary liburan singkat kami di Belitung selama 5H4M? Intip deh itin di bawah ini.

Hari ke-1

  • Tiba di Bandar udara H.A.S. Hanandjoeddin, langsung ketemuan sama Atta yang punya @belitungrentalmotor. Karena udah janjian via WA, motor sewaannya udah dibawain sama dia ke bandara, jadi dari bandara kami langsung naik motor tanpa perlu ke Tanjung Pandan dulu.
  • Dari bandara kami langsung ke spot yang paling dekat dengan bandara, yaitu Danau Kaolin. Danau ini sebetulnya bekas tambang yang kalo lagi cerah lumayan cantik dengan warna ijo toska dan pasir putihnya. Tidak ada tiket masuk alias GRATIS.
  • Lanjut ke Tanjung Pandan buat makan mie khas Belitung di Mie Atep.

Mie Atep Belitung

  • Mampir ke pantai lokal Tanjung Pendam yang lokasinya dekat sekali dengan kota Tanjung Pandan.
  • Dari sana kami ambil jalan susur pantai ke arah utara. Di tengah jalan kami berhenti untuk ngopi dulu di Kong Djie Coffee. Warung kopi ini ada banyak cabangnya di Belitung, setidaknya mampirlah ke salah satunya karena kopinya khas banget – kental dan wangi coklat. Selain kopi susu, kami juga pesan sepiring pisang goreng coklat.

Warung Kopi Kong Djie Belitung

  • Sekitar 30 menit kemudian, kami tiba di Pantai Tanjung Kelayang. Check-in di Quins Style Resort.
  • Sore harinya kami sunsetan di Pantai Tanjung Tinggi alias Pantai Laskar Pelangi, lokasinya sekitar 10 menit dari Pantai Tanjung Kelayang.
  • Makan malam di Kong Djie Quins Style Resort (tinggal ngesot turun dari kamar ke lantai dasar hotel).

Created By Dji Camera

Hari ke-2

Hari ini kami berencana island hopping dengan cara sewa boat untuk mampir ke beberapa pulau. Sebelumnya kami tidak punya kontak boat driver, jadi kami langsung jalan kaki saja dari hotel (kebetulan lokasinya dekat sekali dari hotel) ke dermaga. Di sana pasti ada beberapa boat driver atau guide yang nongkrong. Langsung tawar-tawaran saja.

Kami akhirnya deal dengan Aak (@aak_kelayang_belitung) untuk island hopping dengan harga Rp 500.000. Ini private boat ya, jadi penumpangnya cuma kami berdua saja & tidak dicampur dengan orang lain. Kalau mau lebih hemat mungkin bisa joinan dengan beberapa orang lainnya.Island Hopping BelitungIsland hoppingnya berlangsung selama kurang lebih 6 jam dan kami sempat mengunjungi:

  • Batu Garuda
  • Pulau Batu Belayar
  • Pulau Pasir
  • Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas Belitung

  • Snorkeling di dekat Pulau Lengkuas
  • Pulau Kepayang
  • Pulau Kelayang (di sini ada Gua Kelayang)

Gua Kelayang BelitungLumayan dapet banyak kan? Itu pun sudah gosong kulitnya saking panasnya Belitung ­čśë

Masih di Tanjung Kelayang, malam ke-2 kami pindah ke Eco Beach Resort buat merasakan glamping di pinggir pantai. Review Eco Beach Resort selengkapnya bisa dibaca di sini.

Hari ke-3

Pagi hari setelah sarapan kami main-main SUP (Stand Up Paddle boarding) di pantai depan resort karena memang arusnya sangat tenang dan perairannya dangkal. Setelah itu kami diajak oleh pihak hotel untuk mengunjungi Pulau Tukong, sebuah pulau pribadi yang dikelola oleh Eco Beach Resort. Di sana kami menikmati pemandangan dari bukit batu serta menikmati makan siang di dalam saung.Private Island Di BelitungSetelah check-out, kami lanjut lagi road trip menggunakan motor ke arah timur menuju Manggar. Perjalanan sekitar 3 jam dan kami tiba di Manggar sudah sore sehingga tidak sempat ke pantainya. Kami menginap di Hotel Oasis yang harganya cuma Rp 120.000/malam. Malamnya kami ke pusat kota untuk melihat jalanan yang dipenuhi oleh deretan warung kopi. Tak heran kota tersebut mendapat julukan Kota 1001 Warung Kopi.

Hari ke-4

Setelah sarapan bakmi ayam di pusat kota Manggar, kami check-out dari hotel dan melanjutkan perjalanan ke daerah Gantung. Meskipun merupakan kota kecil, di sana ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, di antaranya:

  • Kampung Fifi (dulunya Kampung Ahok)

Kampung Fifi Di Gantung Belitung

  • Rumah Keong
  • Warung Kupi Kuli
  • Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata Belitung

  • Replika SD Laskar Pelangi

Dari Gantung kami lanjut naik motor lagi, kali ini arahnya ke Belitung Selatan, tepatnya di daerah Membalong. Malam ini kami menginap di Arumdalu Private Resort, review selengkapnya bisa dibaca di sini.

Hari ke-5

Pagi ini kami sengaja bangun pagi untuk menikmati sunrise karena di Arumdalu Resort ada sebuah bukit batu dengan pemandangan laut terhampar luas di depannya. Di atas bukit batu itu juga ada Chapel Segitiga dan Rumah Kincir.Arumdalu Private Resort BelitungSetelah sarapan, kami keluar dari resort untuk mengeksplor area di sekitar sana. Kami mampir ke Batu Baginda yang pemandangan di puncaknya sangat cantik meskipun naiknya agak repot karena mesti manjat-manjat tangga buatan. Dari sana kami juga mampir ke Pantai Panyabong yang juga cantik dengan batuan granit lebarnya. Sayangnya pantai di sana sangat kotor.Pemandangan Dari Puncak Batu Baginda BelitungSetelah check-out, kami langsung ngebut untuk kembali ke bandara. Di sana kami sudah ditunggu oleh Atta untuk mengembalikan motor sewaan kami. Oh ya, tadi sudah disebutkan ya kalo servisnya Belitung Rental Motor ini mantap banget? Pokoknya kalau mau sewa motor bisa langsung WA ke nomor yang ada di websitenya deh.

Anyway, berakhir sudah liburan singkat kami selama 5H4M di Belitung. Meskipun terlihat singkat, tapi kami merasa sangat puas dan segalanya berjalan dengan menyenangkan. Pasti bakal balik lagi deh ke Belitung dan mungkin lain kali bakal sekalian ke Bangka. Dan pesan tiket pesawat + hotelnya pakai┬áTraveloka fitur Flight + Hotel tentunya!Fitur Flight And Hotel Di TravelokaSiap jalan-jalan ke Belitung buat liburan berikutnya? ­čśë

 

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply