Rahasia Traveling Hemat di Iceland (bisa di bawah 700 ribu rupiah per hari!)

By January 22, 2018 January 15th, 2019 Iceland
Iceland Budget Travel

Berkaitan dengan jalan-jalan ke Iceland ini sebelumnya kami sudah pernah menulis artikel:

Salah satu hal yang seringkali kami baca tentang Iceland adalah bahwa negara tersebut sangat mahal. And you know what? Iceland bisa saja mahal. Begitu juga setiap negara lainnya. Satu hal yang kami pelajari dari pengalaman kami traveling beberapa tahun terakhir ini adalah bahwa selalu aja jalan kalau mau traveling dengan lebih murah meskipun cara mengakalinya tidak mudah. Oleh karena itu kami mau ceritakan kalau traveling ke Iceland secara budget adalah sangat memungkinkan.Biaya Traveling Iceland

Transportasi

Pengeluaran besar pertama ketika kamu mengunjungi Iceland kalau kamu mau keluar Reykjavik adalah transportasi. Kami baca dari beberapa website yang merekomendasikan naik bis untuk keliling pulau, sebagai alternatif lebih murah dari ikut tur (yang pastinya jauh lebih mahal).

Masalahnya kalau naik bis kamu akan ‘terjebak’ di kota tersebut. Setelah sampai di sana ga bisa ke mana-mana lagi sampai bis berikutnya datang. Selain itu bis tidak akan bisa mengantarkan kamu melihat air terjun dan pemandangan bersalju lainnya di sepanjang jalan. Jadi, kalau kamu pilih naik bis keliling Iceland, kamu akan harus mengeluarkan uang lagi untuk ikut tur kalau mau lihat tempat-tempat wisata alam yang cantik.Sewa Mobil Di IcelandCara paling murah untuk keliling Iceland adalah dengan mencari penyewaan mobil yang murah. Kami berhasil menemukan mobil sewaan murah (dan baru!) dengan harga $22/AUD$30/Rp300.000 per hari. Tadinya kami khawatir biaya bensin mahal, tapi ternyata efisiensi bahan bakar di mobil yang kami sewa sangat bagus — sekitar 4.8L/100km. Kalau kamu traveling berdua, biaya transportnya jadi cuma $11 per hari ditambah sedikit biaya bensin.Road Trip Iceland WinterTotal kami cuma menghabiskan 16,660ISK ($131/AU$174/Rp1.750.000) untuk biaya bensin keliling Iceland sejauh 1400km selama 9 hari. Dan hitungan ini terbilang ekstrim karena waktu itu kami sengaja ngebut dan nyetir lebih jauh/cepat supaya bisa mengelilingi seluruh pulau. Jadi kira-kira tambahan biaya bensinnya Rp120.000 per orang per hari.

Biaya Transportasi per hari – Rp270.000/orang

Akomodasi

Biaya akomodasi di Iceland bisa sangat membengkak tergantung di mana kamu menginap. Pertama-tama, kalau kamu camping di banyak spot yang tersedia di seluruh penjuru pulau, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apa-apa. Namun artinya kamu harus bawa sendiri tenda dan sleeping bag serta bongkar pasang tenda sendiri. Gampang sih, tapi mungkin bukan preferensi setiap orang, terutama saat musim dingin. Yang pasti sangat mungkin dilakukan koq! 0 Rupiah.Akomodasi Di ReykjavikMari kita berasumsi kalau kita mau penginapan yang ada atapnya. Pilihan utamanya adalah hostel. Ada banyak sekali hostel di seluruh penjuru pulau, bahkan di kota-kota kecilnya. Oleh karena itu kamu perlu merencanakan terlebih dahulu itinerary kamu berdasarkan lokasi hostel-hostel tersebut. Soalnya kalau kamu berhenti di kota yang tidak ada hostel, akomodasi lain yang tersedia biasanya cukup mahal (misalnya: farmstay, hotel).Akomodasi Di IcelandBiaya hostel standar, tergantung seberapa awal kamu booking dan juga time of the year (musim), berkisar $20/AUD$26/Rp250.000 untuk sebuah dorm bed. Kadang bisa dapat kamar privat untuk 2 orang dengan harga per orang sedikit lebih mahal dari ini.

Biaya akomodasi per hari – Rp250.000 (atau gratis kalau kamu camping)

Makanan

Makanan di Iceland bisa mahal, tergantung apa yang kamu mau dan di mana kamu membelinya. Ada tempat yang menjual pre-made sandwich ukuran besar seharga $5, ada juga untuk produk yang serupa harganya $3.50. Beberapa tempat jual sebongkah roti besar seharga $2. Jadi kalau kamu mau bikin sandwich sendiri, bisa sangat menghemat biaya makan.Pre Made Sandwich IcelandCuma hati-hati saja saat memilih bahan isian untuk sandwich karena ada beberapa yang mahal dan ada yang murah. Intinya jangan sampe beli bahan satu-satu jatohnya lebih mahal daripada beli sandwich yang sudah jadi. Tapi kami suka banget koq pre-made sandwich yang dijual di supermarket-supermarket di Iceland, pakai potongan ayam katsu, mayones dan saking besarnya ukurannya bisa buat berdua. Waktu di Reykjavik, kami beli Icelandic Hotdog (enak & murah!) untuk makan siang dan masak pasta di hostel untuk makan malam. Icelandic HotdogBerdasarkan pengalaman kami, budget makan kamu bisa di bawah $4 per meal kalau kamu beli bahan makanan sendiri, bikin sandwich, masak pasta, dll. Total $10 per hari untuk biaya makan. Tapi kalau kamu tidak terlalu nyaman dengan budget makan yang terlalu ketat seperti ini, bisa ditambahkan sendiri koq.

Biaya makanan per hari – Rp130.000

Aktivitas

Hal menyenangkan yang kami suka tentang Iceland adalah banyak aktivitas wisata alamnya yang GRATIS! Semua air terjun, area geotermal dan tempat alam cantik lainnya semuanya gratis dan tidak perlu bayar satu sen pun. $0.Godafoss Air Terjun Gratis Di IcelandTentu saja kalau mau kamu bisa bayar $50 untuk Blue Lagoon. Tapi kalau mau diulik, sebetulnya ada banyak local thermal pools yang gratis. Waktu itu kami juga skip Blue Lagoon dan memilih ke Myvatn yang harganya setengah dari harga tiket masuk Blue Lagoon.Myvatn Thermal BathBuat yang suka melakukan banyak aktivitas wisata, persiapkan diri kamu karena banyak aktivitas dan tur yang mahal sekali harganya. Jadi mungkin bisa diprioritaskan yang paling pengen yang mana. Supaya pulang dari Iceland ga bangkrut 😉

Total Biaya Traveling di Iceland

Sewa mobil – Rp150.000
Biaya bensin – Rp120.000
Hostel – Rp250.000 atau Camping – gratis
Makanan – Rp130.000
Aktivitas – GRATIS

Total – Rp650.000 (atau  Rp400.000 kalau camping) per orang per hari

Geyser Di IcelandDari gambaran di atas bisa dilihat kalau traveling dengan budget ketat di Iceland itu sangat memungkinkan — kalau kamu rela mengorbankan beberapa kenyamanan seperti kamar privat atau makanan restoran. Hal paling mengagetkan yang kami pelajari waktu kami ke Iceland waktu itu adalah kalau sewa mobil sendiri ternyata murah banget — jauh lebih murah dari naik bis. Cek harga dari Holiday Autos untuk lihat apakah kamu juga bisa dapat harga sewa mobil $20 per hari seperti yang kami dapatkan.

Pilih Musim yang Tepat

Memilih musim yang tepat juga jadi faktor yang sangat mempengaruhi budget kamu. Sama halnya dengan sebagian besar negara-negara di dunia, musim panas adalah musim yang paling sibuk karena seluruh Eropa sedang liburan. Persiapkan diri saja bahwa di musim panas semua tempat yang murah sudah fully-booked dari jauh-jauh hari. Biasanya yang tersisa adalah pilihan yang mahal, oleh karena itu banyak orang yang memilih opsi camping kalau mau tripnya murah.

Di musim dingin beda lagi situasinya. Bukan cuma dapat kesempatan melihat Aurora (Northern Lights), tapi kamu juga bisa dapat harga akomodasi dan sewa mobil yang murah.Tips Hunting Aurora Borealis di Iceland

Tip terakhir: Pastikan kamu ambil mobil rental dari airport meskipun kamu akan menginap di Reykjavik untul 1-2 malam karena harga tiket bis bandaranya MUAHAL BANGET!! Harga tiket bis bisa cek di sini –> bus ticket to and from the airport. Intinya, mending sewa mobil dilebihin harinya daripada harus beli tiket PP dari bandara ke Reykjavik.

Sekian sharing kami berdasarkan pengalaman kami sendiri traveling ke Iceland di musim dingin. Mudah-mudahan memberikan gambaran kalo traveling ke Iceland itu ga perlu mahal. Enjoy Iceland!

Join the discussion 24 Comments

  • Kai says:

    Wah good information.. tata cara penulisan & tampilan nya jelas tdk bertele-tele.. keep up the good job

  • Bijo says:

    Bener banget, tiket bus dari kota ke Keflavik mahal bener, pp aja udah diatas 500 rebu rupiah. Dulu aku gak puas ih ke Icelandnya cuma sebentar, pas ke sana keseringan ujan jadi kurang puas.

    Kak bikin postingan waktu trekking di trek W Patagonia dong.. 🙂

  • Nat says:

    Kalau makan di restoran, satu orang kira” berapa ya harganya? 🙂

    • Susan Natalia Poskitt says:

      wah…ga tau ya. ga pernah makan di restoran pas di sana. Coba browsing aja resto di Iceland lewat IG atau website, kadang suka ada shot menunya.

  • Oki says:

    whoooaa informasinya detil.. hehe.. aku ada rencana ke iceland bulan november 2018 ini.. kalau berdasarkan pengalaman kak susan, waktu 6 hari cukup gak untuk keliling iceland?
    Selain itu kalau untuk asuransi mobil yang untuk kerusakan cat mbil akibat pasir itu biasanya berapa per hari?

    • Susan Natalia Poskitt says:

      6 hari cukup. Asuransi beda2 tergantung rental car-nya. Coba aja diubek-ubek di website car rentalnya.

  • Elvina says:

    Wow, nice article, banyak info-info baru yang bisa diambil ni.. Kebetulan saya juga mau ke iceland Bulan Oktober ini, kalau boleh tahu tempat sewa mobilnya dimana ya kak? Boleh minta link nya? Terima Kasih

  • Dwi says:

    Hi… saya ada rencana kesana bulan November 2018. Apakah aman kalo wanita be3 mengendarai mobil?

  • budi says:

    alo mba
    itu sewa mobil pake asuransi ga? enaknya sewa dimana ya

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Kami kadang pake asuransi kadang ngga. Liat medannya juga sih. Untuk sewa mobil di iceland bisa klik link yang tertulis di postingan. Kemarin kami sewa dari sana.

  • Anen says:

    Hai, saya mau nanya lebih menarik destination negara New Zealand atau Iceland ya? Dari segi keindahan alam.Terima Kasih

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Untuk alam sepertinya New Zealand. Tapi Iceland juga ok karena banyak air terjun keceh. Beda suasana aja sih, kalo NZ lebih ke hijau peternakan, tapi sama-sama cantik koq.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hmmm…beda suasana sih. NZ cantik alamnya lebih ke peternakan padang hijau, kalau Iceland ada banyak air terjun & glacier. Sama-sama cantik.

  • Anen says:

    Thank bangets Sist Susan utk Quick replynya. Thank you utk informationnya.. ???

  • Luluk Noviana says:

    Ka mau tanya.. driving disana susah ga? Mending sewa mobilnya pake driver atau ga perlu? Thx

  • Adha says:

    Kak apa msti punya SIM internasional sebagai persyaratan sewa mobil dsna ? …

  • Bobby says:

    Kapan kalian ada pergi lagi kesana? klo bisa mau ikutan biar lbh mengerti hehe..

    • Susan Natalia Poskitt says:

      hehe…masih banyak negara2 lain yg blm pernah dikunjungi, jadi mungkin blm ada rencana ke Iceland lagi.

Leave a Reply