Panduan ke Bintan: Semua yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke pulau cantik ini

Panduan Lengkap Liburan Ke Bintan

Sebelum berkunjung ke Bintan kami tidak tahu banyak tentang pulau tropis berukuran besar yang berlokasi tidak jauh dari perairan Singapura ini. Oleh karena itu waktu kami berkunjung ke Bintan kami berusaha sebaik mungkin untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pulau ini untuk menunjukkan kalau liburan ke Bintan itu seru.

Orientasi

Bintan adalah sebuah pulau tropis yang jaraknya terjangkau dengan cuma naik kapal sebentar dari Singapura. Namun sebetulnya Bintan adalah salah satu pulau dari ribuan pulau yang ada di Indonesia. Berukuran kurang lebih 3 kali lahan di Singapura, pulau ini tergolong cukup besar dan akan makan waktu seharian kalau mau keliling pulau dan menjelajahi secara lebih dalam.

Di bagian utara pulau Bintan dan juga paling dekat dengan Singapura ada area Bintan Resorts. Bintan Resorts ini adalah sebuah lahan yang luas di sepanjang perairan utara di mana pantai-pantai terbaik berada. Di dalam area properti Bintan Resorts ada banyak hotel dan resort yang dikelola secara privat, di antaranya Banyan Tree, Bintan Lagoon dan Nirwana Gardens. Resort-resort ini bernaung di bawah bendera Bintan Resorts karena mereka memiliki akses ke area Lagoi Bay yang juga dikelola secara privat, jalan raya privat serta infrastruktur lainnya yang dikembangkan oleh Bintan Resorts seperti terminal ferry, listrik dan air.Area Bintan Resorts Di BintanBegitu keluar dari area Bintan Resorts, kamu akan menemukan kota-kota kecil dan desa-desa yang dihuni oleh penduduk setempat serta melakukan aktivitas sehari-hari pada umumnya seperti menangkap ikan, membuat kapal serta mengoperasikan warung atau toko-toko.

Pesisir timurnya dikenal dengan nama Pantai Trikora dan perkembangannya tidak sepesat Bintan Resorts namun punya banyak pantai cantik dan ada beberapa pilihan akomodasi yang bagus untuk menginap di sana.Pantai Trikora BintanBagian selatan dari pulau ini adalah area yang paling banyak penduduknya di Bintan, kebanyakan dari mereka tinggal di Tanjung Pinang. Di Tanjung Pinang ada bandara, sebuah pelabuhan besar untuk menuju bagian lain dari Indonesia, pasar-pasar besar, pusat perbelanjaan dan pilihan kuliner yang beragam. Ini adalah destinasi yang seru kalau kamu mau day trip saat menginap di Bintan Resorts.

Apakah Bintan Resorts itu?

Bintan Resorts adalah sebuah perusahaan yang bertanggungjawab mengelola infrastruktur, marketing dan perkembangan area di sepanjang pesisir utara Bintan. Bintan Resorts terus menerus berkembang dan berevolusi dalam rangka menjaga agar pesisir utara Bintan ini masih menjadi destinasi yang diidam-idamkan oleh pengunjung. Dan jujur kami agak kaget waktu melihat betapa asrinya pantai-pantai di daerah ini karena penanganan lingkungan alamnya yang sangat baik.

Di dalam area Bintan Resorts ada banyak hotel dan resort yang dikelola secara independen, begitu juga dengan aktivitas seperti watersport, danau buatan, eco farm dan padang golf.Golf Course Di Bintan Lagoon Resort

Visa

Kebanyakan orang masuk Bintan lewat Singapura, meskipun mereka tinggalnya di Indonesia. Ini alasannya semata-mata karena ada koneksi kapal cepat yang bagus antara Singapura dan Bintan. Ini artinya kebanyakan orang perlu bawa paspor karena harus melewati 2 passport control: satu saat masuk Singapura, satu lagi saat kembali masuk ke Indonesia.

Sebagian besar orang tidak memerlukan visa untuk ke Singapura. Begitu juga halnya dengan Indonesia karena peraturan imigrasi sekarang yang lumayan baik sehingga kebanyakan pengunjung tidak perlu visa. Cuma perlu bawa paspor saja ke imigrasi dan dicap. Tapi kami merekomendasikan untuk selalu memeriksa lagi website kebijakan imigrasi terbaru untuk memastikan paspor kamu aman untuk masuk ke Bintan.Check In Ferry Bintan

Cara menuju ke Bintan

Ada 2 cara utama untuk masuk Bintan. Yang pertama adalah dengan masuk menggunakan ferry dari Singapura. Ada 5 kali jadwal ferry setiap harinya di hari biasa dan 6-7 jadwal ferry di akhir pekan yang berangkat dari Terminal Ferry Tanah Merah di Singapura. Perjalanan ferry ini memakan waktu sekitar 1 jam dan terminal ferry Tanah Merah ini dekat sekali dengan Changi Airport. Saking dekatnya, tarif shuttle bus dari bandara ke terminal ferry cuma $2 saja.

Opsi yang kedua untuk ke Bintan adalah dengan terbang ke bandara di Tanjung Pinang dan menyewa mobil serta supirnya untuk mengantar dari bandara ke area Bintan Resorts. Opsi ini kemungkinan lebih murah kalau ada grup besar karena biaya transportasi dan supir bisa dibagi-bagi sedangkan biaya ferry dihitung per orang. Untuk orang Indonesia yang tidak memiliki paspor, tentunya lebih baik masuk Bintan lewat bandara di Tanjung Pinang supaya tidak perlu lewat imigrasi di Singapura.Cara Ke Bintan

Cara keliling Bintan

Begitu sampai di area Bintan Resorts, kamu bisa keliling-keliling seputar area tersebut menggunakan shuttle bus gratis. Shuttle bus tersebut menghubungkan resort-resort ke Lagoi Bay dan Pujasera yang artinya kalau kamu mau makan resort yang berbeda atau bahkan mau makan di luar resort, transportasinya sangat mudah. Kalau kamu malas menunggu shuttle, kamu bisa sewa mobil pribadi beserta supirnya yang bisa menjemput kamu dari resort serta mengantar kamu ke manapun kamu mau.

Mata uang

Mata uang yang digunakan di Bintan adalah Rupiah. ATM ada di terminal ferry Bandar Bentan Telani.Terminal Ferry Di Bintan

Bahasa

Meskipun bahasa resmi di Indonesia adalah bahasa Indonesia, sebagian besar staff di Bintan Resorts bisa berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik. Kalau jalan-jalan ke luar area resort mungkin akan ketemu banyak orang yang tidak bisa berbicara bahasa Inggris sama sekali, tapi ini tidak akan jadi masalah karena kebanyakan orang Indonesia ramah dan siap membantu kalau memang diperlukan.

Pilihan Akomodasi

Di Bintan kamu akan sangat dimanjakan sekali dengan pilihan akomodasi yang ada. Keputusan pertama yang harus dibuat adalah apakah kamu mau menginap di area Bintan Resorts atau tidak. Alasan utama memilih menginap di Bintan Resorts adalah lokasi yang nyaman, pantainya terbaik, bersih, ramah untuk anak-anak, one stop shop untuk makanan dan aktivitas serta tentunya tidak merepotkan.

Kalau kamu menginap di luar area Bintan Resorts dan tidak bisa berbahasa Indonesia, tantangannya paling saat mau memesan makanan atau melakukan aktivitas. Kalau memang kamu orangnya suka petualangan, lakukanlah pilihan ini. Tapi kalau tidak, mungkin lebih baik berpetualang dengan cara daytrip sewa mobil dan supir dari Bintan Resorts ke Tanjung Pinang. Dengan cara ini kamu akan dibantu oleh supir untuk menunjukkan tempat makanan serta tempat-tempat wisata yang menarik.

Sebelumnya kami sudah menuliskan review banyak akomodasi di Bintan di sini. Kami merekomendasikan kamu untuk baca-baca dulu artikelnya dan membuat keputusan berdasarkan artikel tersebut.Pilihan Akomodasi Di Bintan

Aktivitas

Aktivitas di Bintan kebanyakan berfokus pada air, oleh karena itu ada banyak pilihan watersport. Entah itu naik jetski, berenang di laut, berenang di kolam renang ataupun sekedar santai-santai di kolam renang air laut buatan berukuran raksasa, Bintan adalah tempat yang sangat cocok untuk pecinta air.

Namun selain aktivitas basah-basahan, di Bintan juga ada kesempatan untuk membelai seekor gajah di Safari Lagoi, naik quad bike melewati hutan, main golf di salah satu lapangan golf kejuaraan atau road trip menggunakan mobil dan driver.

Kami sangat merekomendasikan untuk setidaknya ambil daytrip satu hari dengan sewa mobil ke Tanjung Pinang untuk mengeksplor makanan dan atraksi yang ada di sana. Di siang hari, kamu akan berkesempatan untuk mengunjungi beberapa kuil, menjelajahi sejarah islam di bagian bumi ini serta mampir ke beberapa pantai. Lihat rekomendasi 1 Day Itinerary untuk day trip ke Tanjung Pinang yang sudah kami tulis di sini.

Untuk aktivitas lainnya yang bisa dilakukan, cek artikel-artikel kami di sini.Gurun Pasir Di Bintan

Makanan

Bintan adalah surga untuk pecinta makanan. Tidak peduli apakah kamu makan di restoran di dalam resort yang ternama, makan di kantin staff di Pujasera ataupun keluar dari area resort untuk mencoba kuliner lokalnya, kamu pasti akan makan enak.

Bintan terkenal akan seafood-nya dan secara khusus ada siput laut yang dikenal dengan nama Gonggong. Gonggong ini tersedia di sebagian besar restoran seafood baik di dalam ataupun di luar area resort. Wajib dicoba kalau kamu ke Bintan!

Seharian food tour di Tanjung Pinang juga bisa dikombinasikan dengan kunjungan ke objek wisata budaya seperti kuil dan mesjid, seperti yang kami rekomendasikan dalam One Day Itinerary di Tanjung Pinang.Telok Bakau Bay View Seafood RestaurantDemikian panduan lengkap kami untuk mengunjungi Bintan. Pulau Bintan ini adalah destinasi yang sangat bagus baik untuk pasangan yang sedang bulan madu ataupun keluarga yang mau melepaskan diri dari kesibukan dan kepenatan di rumah. Kami siap menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang Bintan, silakan tulis di kolom komentar!

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply