Resep Red Velvet Cake

By August 28, 2012 September 29th, 2014 Food

Sejak beberapa bulan yang lalu dan rasanya masih sampai sekarang, Red Velvet menjadi trend di dunia cake. Red Velvet itu sendiri adalah cake yang warnanya merah pekat dan atasnya dikasih frosting cream cheese. Kadang ada yang terdiri atas 2 bagian atau lebih, di antara bagian tersebut dikasih lapisan cream cheese juga. Kenapa warnanya bisa merah pekat seperti itu? Karena dalam Resep Red Velvet Cake yang original mereka menggunakan buah bit yang memang warnanya sangat pekat sebagai pewarna kue tersebut.

Adonan resep red velvet cake

Adonan resep red velvet cake

Karena penasaran, suatu hari kita ikut Cooking Class yang diadakan oleh Origin House & Kitchen. Saat itu cooking class membahas tentang Red Velvet, Rainbow Cake & Macarons. Hmm…semuanya cake yang sedang ngetrend. Kita pikir dalam cooking class itu kita bakal dikasih apron dan mencoba sendiri membuat cake-cake tersebut, ternyata waktu kita datang pesertanya sudah bejibun memenuhi ruangan. Kemungkinan ada sekitar 75 orang yang mengikuti cooking class tersebut. Saking banyaknya peserta, jadi terlihat seperti acara seminar dimana sang chef memberikan presentasi cara membuat ini dan itu. Ada sih beberapa bagian dimana beberapa peserta bisa ikut berpartisipasi mengoles cream atau menghias cake yang sudah jadi.

Hasil resep red velvet cake

Hasil resep red velvet cake

Anyway, penasaran kan gimana caranya buat Red Velvet dan apa saja bahan-bahannya? Silahkan simak informasi yang kita dapat dari cooking class tersebut. Oh ya, ini adalah resep untuk membuat Red Velvet Whole Cake (loyangan).

Bahan-bahan red velvet cake

500 gr butter
500 gr gula pasir
6 butir telur
625 gr Tepung terigu (protein rendah)
5 gr baking powder
10 ml garam
4 sdm pewarna makanan (red cherry)
250 ml fresh cream
300 gr coklat putih
200 gr buah bit

Cara membuat red velvet cake

  1. Kocok butter dan gula pasir sampai tercampur rata, lalu masukkan telur sedikit-sedikit.
  2. Setelah mengembang dan lembut, turunkan kecepatan mixer lalu masukkan tepung terigu, baking powder dan garam. Aduk perlahan-lahan sambil masukkan buah bit yang telah diblender. Aduk perlahan dan campurkan fresh cream dan cokelat putih yang sudah dicairkan, beri sedikit pewarna.
  3. Lalu masukkan ke dalam cetakan cup cake 3/4 atau cake ring ukuran 20.
  4. Oven dengan suhu 185 derajat Celcius selama kurang lebih 20-35 menit. Untuk whole cake selama kurang lebih 50-60 menit. Setelah matang didinginkan.

Ada beberapa jenis frosting yang bisa dikombinasikan dengan Resep Red Velvet Cake ini.

Frosting 1

180 gr Cream Cheese
5 gr Butter
50 gr Icing sugar

Frosting 2

200 gr Fresh cream
200 gr Cokelat putih
50 gr buah bit
6 ml pewarna makanan
5 gr Gelatine powder

Tentu saja ada banyak Resep Red Velvet Cake yang beredar karena variasinya yang bermacam-macam. Kalau kamu memang suka bikin kue, silahkan coba resep red velvet cake ini dan share hasilnya! 🙂

Silahkan click +1 or Like!

Leave a Reply