16 Coffee Shop Baru di Bandung 2019

By July 3, 2019 July 13th, 2019 Wisata Kuliner Bandung
Kinokimi Coffee Bandung Kopi

Hola….para pecinta kopi, kami datang lagi dengan daftar coffee shop baru di Bandung di tahun 2019 ini. Seperti biasa, jangan lupa cek juga daftar coffee shop Bandung yang kami buat tiap tahunnya supaya ga ada yang kelewat:

35 Coffee Shop Baru di Bandung 2018
26 Coffee Shop Baru di Bandung 2017
21 Coffee Shop Baru di Bandung 2016
10 Tempat Ngopi di Bandung yang Recommended

Sama seperti beberapa tahun belakangan ini, coffee shop masih saja terus bermunculan di Bandung, bahkan katanya hampir tiap minggu setidaknya ada 1 coffee shop/cafe baru yang buka di Bandung. Berdasarkan pengamatan kami, kebanyakan coffee shop yang buka sekarang lebih ke tempat nongkrong santai sambil merokok, ukurannya tidak terlalu besar, bahkan banyak yang semi outdoor karena lokasi ada di halaman atau depan rumah/toko. Karena ukurannya kecil, banyak juga coffee shop yang cuma menyediakan kopi dengan metode manual brew.Koma Coffee, Bandung Espresso MachineKembali lagi ke alasan utama kami membuat daftar coffee shop di Bandung ini: simple, karena Adam suka (dan perlu) ngopi dan harus ngopi tiap hari. Kebetulan Adam sukanya espresso-based coffee yang dibuat dengan menggunakan mesin espresso kemudian ditambahkan dengan susu yang ditekstur sehingga membentuk froth.

Tiap orang tentu punya preferensi masing-masing. Banyak peminum kopi yang lebih suka kopi hitam, manual brew ataupun cold brew serta suka menganalisis taste dari kopi tersebut. Sedangkan untuk Adam standarnya simple saja: kopinya enjoyable baik dari segi rasa kopi, suhu serta tekstur susu. Biasanya 3 hal itu saja sih yang diperhatikan dalam menilai secangkir kopi susu jenis cappuccino ataupun magic.Milk Based DrinkSelain urusan kopi, biasanya kami juga memasukkan faktor experience saat mengunjungi coffee shop, misalnya: apakah staffnya attentive (kadang kan males kalo liat staff/barista maen hape gara-gara bosen ga ada kerjaan), apakah tempatnya nyaman untuk nongkrong atau kerja laptopan, apakah internetnya mendukung kalau mau kerja, apakah punya cangkir yang enak saat diminum (Adam paling tidak suka minum kopi pake paper cup, apalagi es kopi yang pake gelas plastik sekali pakai) serta menu dan harganya. Intinya, kami mempertimbangkan overall experience saat menulis review masing-masing coffee shop ini.

Seperti yang telah disebutkan di atas, dengan dibukanya coffee shop baru di Bandung hampir setiap minggu, tentunya kami tidak sanggup untuk mengunjungi semua coffee shop yang ada di Bandung. Oleh karena itu kami punya pertimbangan sendiri dalam memilih coffee shop mana yang kami kunjungi dan biasanya kami riset dulu. Oleh karena itu kalau ada coffee shop yang tidak masuk ke dalam daftar yang kami buat bukan berarti tidak bagus, tapi bisa saja memang kurang cocok dengan preferensi kami akan sebuah coffee shop yang nyaman dan punya kopi enak.Kinokimi Coffee Shop Bagus Di BandungJadi, silakan dipilih-pilih sendiri aja coffee shop-nya sesuai selera masing-masing ya. Enjoy the coffee scene in Bandung!

1. Kopi Koma

Koma Coffee, Bandung Upstairs
Lokasinya lumayan bagus, di daerah yang ramai yaitu area Dago. Dari luar mungkin terlihat seperti coffee shop kecil biasa, tapi begitu masuk ternyata enak & santai atmosfernya. Kami paling suka lantai atasnya karena terang dengan jendela besar dan didekor dengan baik. Bisa kerja berjam-jam sambil mengamati traffic di bawahnya. Kopi panas dan juga es kopi susunya enak banget. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Siliwangi 8
Jam buka: 08:00 – 22:00
Harga kopi: Rp28.000

2. Musat

Musat Bandung Bagian Dalam
Musat adalah sebuah coffee shop baru yang mencoba untuk beda dengan yang lainnya. Namun pada pelaksanaannya perbedaan tidak selalu berarti lebih bagus. Penggunaan cangkir berbahan kaleng seperti cangkir untuk camping menghilangkan kesan mewah saat minum kopi. Sedangkan bagian depan bangunannya yang tidak dicat benar-benar memberikan kesan kalau bangunan tersebut masih setengah jadi. Mungkin juga memang belum selesai sih. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Cilaki 45
Jam buka: 10:00 – tengah malam
Harga kopi: Rp25.000

3. Kopi Sajati

Kopi Sajati Bandung Bagian Dalam
Awalnya agak skeptis dengan coffee shop ini karena lokasinya bukan di area yang populer seperti coffee shop lain. Namun ternyata coffee shop ini cukup digemari khususnya oleh para dokter dan perawat yang praktek di seberangnya, yaitu di RS Immanuel. Bukan cuma karena tempatnya enak untuk nongkrong atau istirahat sejanak, tapi kopinya juga enak. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Raya Kopo 200
Jam buka: 09:00 – 21:00; Minggu tutup
Harga kopi: Rp20.000

4. Contou Coffee

Area Outdoor Contou Coffee Bandung
Sebetulnya kami sangat suka tempat ini karena lokasinya yang unik, di pinggir rumah tua dan didekor secara menarik sehingga atmosfernya terasa santai dan menyenangkan. Selain ada kucing calico yang ramah, kopi di sini juga sangat enak. Sayangnya belum lama ini kami dengar lokasinya pindah dan kami belum sempat mengunjungi tempat barunya. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Sunda 61 (sekarang sudah pindah ke Taman Cempaka 6)
Jam buka: 08:00 – 22:00
Harga kopi: Rp22.000

5. Gajua Kopi

Gajua Kopi Bandung
Jujur saja kami kurang suka dengan coffee shop ini, namun kami tetap mereviewnya karena tempat ini sangat ramai. Jadi mungkin saja ini cuma masalah perbedaan selera. Buat yang suka nongkrong dalam grup besar ini bisa jadi tempat yang cocok karena tempatnya lumayan luas dan semi outdoor sehingga bisa merokok. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Sawunggaling 7
Jam buka: 09:00 – 00:30; Jumat & Sabtu sampai jam 02:00
Harga kopi: Rp27.000

6. Taeun Coffee

Ngopi Di Taeun Coffee
Cari tempat ngopi yang enak dan juga cocok untuk kerja laptopan? Taeun ini jawabannya. Sebetulnya tempatnya tidak terlalu besar, tapi pengaturan ruangnya sangat efisien sehingga muat banyak orang tanpa terlihat berdesakan. Selain banyak meja buat kerja di sini juga banyak colokan listrik dan wifinya super ngebut. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan L.L. R.E. Martadinata 50
Jam buka: 07:00 – 22:00
Harga kopi: Rp24.000

7. Noima Coffee

Noima Coffee Bandung Bagian Depan
Semakin banyaknya coffee shop yang buka akan semakin ketat kompetisinya. Pengunjung bukan cuma cari kopi yang enak tapi juga mencari nilai lebih dari tempat tersebut. Keuntungan dari Noima adalah tidak ada banyak coffee shop lain di sekitar area ini, namun sayangnya kami tidak menemukan keistimewaan Noima dibandingkan coffee shop lainnya. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Mahmud 20
Jam buka: 14:00 – 22:00
Harga kopi: Rp25.000

8. Righthands Coffee

Righthands Coffee Bandung
Lokasi coffee shop ini bukan di daerah yang biasanya ramai dikunjungi sehingga kalau kamu cari coffee shop yang tenang untuk kerja, Righthands Coffee ini bisa jadi pilihan. Areanya ada ruangan ber-AC dan juga semi outdoor untuk yang mau nongkrong sambil merokok.  Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Cisokan 8C
Jam buka: 10:00 – 23:00; Jumat & Sabtu sampai tengah malam 
Harga kopi: Rp28.000

9. Terminal Coffee

Interior Terminal Coffee
Cari tempat ngopi yang murah dan buka 24 jam? Di sini tempatnya. Waktu kami ke sana mereka sedang promo opening dan katanya lagi trial opening untuk buka 24 jam. Tapi ga tau juga sekarang apakah masih seperti itu atau tidak. Tempatnya sebetulnya lumayan enak, cuma berasa terlalu kosong, mungkin karena saat kami ke sana masih pagi dan belum ada tamu lain. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Hasanudin 3
Jam buka: buka 24 jam
Harga kopi: Rp15.000

10. Satu Pintu

Satu Pintu Coffee Shop BandungSalah satu coffee shop baru favorit kami di Bandung. Lokasinya agak nyempil di deretan jalanan kota Bandung yang adem dan banyak pohon. Kami sangat suka desain interior dari rumah tua tersebut dan speacenya juga luas. Kopinya tidak perlu diragukan lagi dan yang pasti tempatnya bikin betah nongkrong.  Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Aceh 56
Jam buka: 10:00 – 23:00, Jumat & Sabtu sampai tengah malam
Harga kopi: Rp27.000

11. Ceritera

Interior Ceritera Kopi BandungPertama kali ke sini sebetulnya agak mengecewakan karena kopinya dibuat dengan dipaksakan (gara-gara mesinnya sedang rusak). Tapi kami tidak menyerah dan waktu ke sini untuk yang kedua kalinya terbukti kalau kopinya memang enak. Yang ga terlalu suka kopi serius juga ada beberapa pilihan es kopi susu yang lebih ringan. Ada pilihan makanan yang lumayan banyak juga. Lokasinya agak susah dicari karena ada di dalam area kos-kosan di jalanan kecil di Ciumbuleuit. Tapi atmosfernya enak banget dan bisa lihat pemandangan salah satu sisi kota Bandung. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Gunung Kencana II no.2
Jam buka: 09:00 – 23:00
Harga kopi: Rp25.000

12. Kinokimi

Kinokimi Coffee Bandung DalamAwalnya agak ragu sama coffee shop ini karena lokasinya di deretan ruko dan masuknya harus lewat salon pula. Ternyata di lantai dua itu desain cafenya lumayan funky, berasa lagi ada di cafe di Bali. Kopi dan makanannya sama-sama tidak mengecewakan dan yang paling kami suka dari Kinokimi adalah cangkir kopinya yang customized — terlihat cantik dan teksturnya juga enak saat dipegang, jadi bikin pengalaman minum kopi lebih menyenangkan. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Buah Batu 28
Jam buka: 08:00 – 22:00
Harga kopi: Rp26.000

13. Greens and Beans

Cafe Greens And Beans Di BandungSebetulnya tempat ini lebih cocok disebut cafe dibandingkan coffee shop. Hal yang menonjol dari Greens and Beans ini adalah mencoba menyajikan makanan sehat dalam bentuk yang tidak membosankan. jadi di sini ada banyak menu salad yang bisa dipilih sendiri komponennya. Kopinya memang lumayan dan tempatnya juga enak buat sekalian ketemuan sama teman-teman atau arisan ibu-ibu. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Bahureksa 9
Jam buka: 08:00 – 22:00
Harga kopi: Rp26.000

14. 2 grams Coffee & Meals

Tempat Nongkrong Ngopi 2 Grams BandungTernyata dalam soal coffee shop, ukuran tidak menentukan prestasi. Coffee shop yang bernama 2 grams ini asli kecil banget, apalagi dibandingkan dengan coffee shop yang berada tepat di sebelahnya. Tapi meskipun kecil, entah kenapa rasanya cozy aja nongkrong di sana. Kopi yang disajikan di sini ga pake mesin alias manual brew. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Ambon 16
Jam buka: Hari biasa: 12:00 – tengah malam; Jumat, Sabtu, Minggu: 13:00 – 01:00
Harga kopi: Rp20.000

15. Kahve

Kahve Coffee Shop Baru Di Bandung 2019Dari namanya sudah bisa ditebak kalau tempat ini coffee shop karena ‘kahve’ dalam bahasa Turki artinya kopi. Urusan kopi di tempat ini tidak perlu dipertanyakan, sesuai standar cafe-cafe bagus di Bandung. Tempatnya juga lumayan besar dan spacious. Namun rasanya ada yang kurang saat kami mencoba mencari atmosfer yang ditawarkan oleh tempat ini. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Ambon 14
Jam buka: 12:00 – tengah malam
Harga kopi: Rp24.000

16. Havana Coffee

Havana Coffee Shop BandungSebetulnya kami suka banget desain coffee shop mungil ini, namun sayang sekali lokasinya jauh sekali dari area-area yang sering dikunjungi oleh kebanyakan orang. Dan entah memang sengaja atau masih baru tahap awal, menu di sini sangat terbatas. Jadi mungkin kalau memang kebetulan kalian sedang ada di daerah selatan bolehlah mampir ke sini. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Margacinta 11
Jam buka: 08:00 – 17:00 (Minggu tutup)
Harga kopi: Rp22.000

Disclaimer: Semua review ini dilakukan atas dasar kunjungan kami sendiri dan tidak ada unsur sponsorship. Adapun kalau tidak sesuai dengan pengalaman kalian, kemungkinan disebabkan karena perbedaan selera dan standar saja. Harap dimaklumi dan semoga tetap bisa dihargai. Tetap ikuti postingan ini karena akan terus diperbaharui sampai akhir tahun 2019 nanti. Selamat ngopi-ngopi di Bandung!

Join the discussion 4 Comments

  • Sintia Astarina says:

    Aku suka banget dengan interior kafe no 3 dan 6. Kelihatannya nyaman sekali. Duh, jadi pengin ke Bandung dan datang ke tempat-tempat ini, deh. Asik banget buat nongkrong atau nulis blog. 😀

  • Ririn Wandes says:

    Keseluruhan coffee shop nya menggoda sekali untuk dikunjungi yah,mbak. Terakhir kali ke Bandung belum ada coffee shop yang baru ini . Aku rasanya kok jadi pengen kesana lagi nikmati santai di coffee shop nya.

  • Sandra Hamidah says:

    Hmmm lumayan juga ya kak harganya karena Indonesia juga negara penghasil kopi

  • Ibadah Mimpi says:

    wahhh… Keren-keren banget coffee shop di Bandung ya mbak.
    Banyak lagi pilihannya gak kayak di Padang. huhu

Leave a Reply